x

Pandemi COVID-19 menyebabkan sistem kesehatan kewalahan, meski begitu ada beberapa pelajaran yang bisa diambil

Iklan

Putri Nur Mezalina

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 17 November 2021

Rabu, 17 November 2021 16:02 WIB

5 Langkah Tetap Sehat Meski Pandemi Menyerang

Sehat Selama Pandemi Covid-19 itu pilihan. Sakit itu gampang, sehat yang mahal. Sayangi dirimu sendiri ya!

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pandemi Covid-19 sudah berlangsung lebih kurang 1 tahun melanda negeri ini. Banyak masyarakat yang terpapar juga meninngal dunia akibat virus ini. Masyarakat menaruh harapan besar kepada pemerintah demi berakhirnya pandemic ini. Namun perlu kita ketahui, kita sebagai masyarakat berpengaruh besar demi berakhirnya pandemi ini. Kecil potensi untuk pandemi ini berakhir jika masyarakat hanya menaruh harapan terhadap pemerintah tanpa adanya kesadaran dan dorongan dari masyarakat itu sendiri. Pemerintah menggembar-gemborkan protokol kesehatan, tanpa adanya kesadaran dari setiap individu masyarakat, program ini tidak akan sukses untuk menghentikan pandemi ini.

Tak dapat dipungkiri, masyarakat berperan besar demi menghentikan laju pandemi ini. Banyak upaya yang bisa kita lakukan demi menghentikan laju pandemi ini, salah satunya dengan mematuhi protokol kesehatan, yaitu dengan 3M (mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak). Protokol kesehatan ini bisa mulai kita terapkan dalam lingkungan keluarga. Suatu hal kecil yang dapat berpengaruh besar. Banyak masyarakat yang abai akan protokol kesehatan ini. Pada dasar nya, masyarakat yang abai dengan protokol kesehatan ini adalah masyarakat yang kurang memahami betapa pentingnya gerakan ini demi berakhirnya pandemi ini.

Bukan hanya itu, budaya hidup sehat yang lainnya seperti pola makan dan olahraga sangat diperlukan untuk membentengi diri dengan imun yang kuat. Imun yang baik akan membantu tubuh untuk melawan agar tidak terpapar virus tersebut. Bukan hanya Covid-19 namun, segala macam virus atau penyakit tidak akan mudah menyerang tubuh yang memiliki imun yang baik. Berikut pola makan sehat yang dianjurkan oleh World Health Organization (WHO) selama pandemi COVID-19:

  1. Makan Berbagai Macam Makanan Sehat. Agar kamu bisa mendapatkan berbagai nutrisi yang penting kesehatan dan daya tahan tubuh, usahakanlah untuk mengonsumsi gabungan beberapa makanan sehat yang berbeda, seperti biji-bijian (gandum, jagung, dan nasi), kacang-kacangan, buah dan sayuran, serta beberapa makanan dari sumber hewani, seperti daging, ikan, telur dan susu.
  2. Kurangi Asupan Garam. Usahakan juga agar tidak mengonsumsi garam lebih dari 5 gram (setara dengan satu sendok teh) setiap hari.
  3. Konsumsi lemak dan Minyak dalam Jumlah yang Sedang. Makanan berlemak dan berminyak memang sering kali menggiurkan. Namun, mengonsumsinya secara berlebihan bisa membuat kamu berisiko mengalami obesitas, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi. Kamu dianjurkan untuk membatasi konsumsi makanan berlemak dan berminyak dalam jumlah yang sedang saja.
  4. Minum Cukup Air. Menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik penting untuk kesehatan yang optimal. Jadi, kamu dianjurkan untuk minum air yang cukup setiap harinya. Namun, sebaiknya pilihlah air putih daripada minuman manis untuk membatasi asupan gula dan kalori berlebih.
  5. Hindari Alkohol. Alkohol bukan bagian dari pola makan sehat. Minum alkohol tidak bisa melindungi kamu dari COVID-19, melainkan sebaliknya. Mengonsumsi alkohol secara berlebihan bisa memberi dampak buruk bagi kesehatan, yaitu menyebabkan kerusakan hati, kanker, penyakit jantung, dan penyakit mental.
Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ketika seluruh aspek kesehatan dapat terjaga dengan baik, pikiran akan menjadi lebih jernih sehingga dapat melakukan banyak hal positif. Ingatlah selalu untuk menjaga kesehatan, jangan sampai menyesal ketika berbagai penyakit mulai muncul dalam tubuh. Lebih baik mencegah daripada mengobati.

Ikuti tulisan menarik Putri Nur Mezalina lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu