Gedung Sate Khas Garut - Travel - www.indonesiana.id
x

ASEP SOPIAN

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 17 November 2021

Kamis, 18 November 2021 07:50 WIB

  • Travel
  • Topik Utama
  • Gedung Sate Khas Garut

    Aula desa yang berlokasi di Desa Giriawas, Kecamatan Cikajang, Garut, Jawa Barat menjadi perbincangan warga. Pasalnya, gedung yang bersebelahan dengan Kantor Desa Giriawas tersebut berbentuk Gedung Sate yang ada di Kota Bandung.

    Dibaca : 69 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Aula desa yang berlokasi di Desa Giriawas, Kecamatan Cikajang, Garut, Jawa Barat  menjadi perbincangan warga. Pasalnya, gedung yang bersebelahan de­­ngan Kantor Desa Giriawas tersebut berbentuk Gedung Sate yang ada di Kota Bandung. Aula desa tersebut rupanya bisa digunakan oleh semua warga, seperti pelaksanaan rapat desa, RT dan RW, pagelaran seni dan olahraga, acara pernikahan dan keperluan warga lainnya. Terletak di perkebunan teh, aula desa ini menjadi “wisata dadakan” bagi warga sekitar untuk menghabiskan waktu kala sore hari karena udaranya yang relatif akan lebih sejuk.

    Mayoritas orang yang datang kesini adalah muda-mudi dan biasa berkumpul di area aula, parkiran yang menyerupai taman hingga kebun teh. Beberapa dari mereka bahkan ada yang datang dari desa lain yang jaraknya cukup jauh dari Desa Giriawas. Salah satunya adalah Seni. Ia datang bersama teman-temannya dari Desa Cigedug yang jaraknya lebih dari 5 KM dari desa ini. Seni sengaja mengaku memilih tempat ini untuk menghabiskan waktu menuju maghrib.

    Pengunjung: Seni

    “Saya kesini karena (tempatnya) ramai, terus banyak orang yang dateng kesini dari berbagai desa. Udaranya juga sejuk jadi enak buat nongkrong disini” pangkas Seni.

    Banyaknya warga, khususnya muda-mudi yang berdatangan, pihak desapun angkat bicara. Sekretaris Desa, Deni Sunjani, tidak mempermasalahkan banyaknya remaja yang datang dengan syarat bisa menjaga etika dan menjaga lingkungan sekitar. Aula desa yang diresmikan pada tahun 2019 ini dibangun menyerupai Gedung Sate dengan tujuan utamanya untuk menumbuhkan rasa cinta warga sekitar terhadap salah satu ikon pariwisata Sunda, yaitu Gedung Sate yang ada di Kota Bandung.

    Sekretaris Desa: Deni Sunjani

    “Membuat gedung itu mirip seperti Gedung Sate supaya lebih dekat lah masyarakat desa Giriawas pada kebanggan warga Jawa Barat yaitu Gedung Sate” jelas Deni.

    Dengan pemandangan kebun teh yang menyejukkan, tempat ini cocok dikunjungi ketika pagi atau sore hari untuk olahraga seperti jogging. Tidak sedikit pula yang berswafoto dengan latar belakang Gedung Sate khas Garut tersebut.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.