8 Cara Merevitalisasi Kehidupan Stagnan Anda - Humaniora - www.indonesiana.id
x

ilustr: LUXlife Magazine

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Kamis, 18 November 2021 13:18 WIB

  • Humaniora
  • Topik Utama
  • 8 Cara Merevitalisasi Kehidupan Stagnan Anda

    Hidup bisa membosankan ketika semuanya berjalan dengan baik. Tidak luar biasa, tidak brilian, baik-baik saja.

    Dibaca : 220 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Hidup bisa membosankan ketika semuanya berjalan dengan baik. Tidak luar biasa, tidak brilian, baik-baik saja.

    Yah, bukan tempat yang buruk. Ada begitu banyak orang di luar sana yang bahkan berusaha untuk mencapai sumur minimum itu.

    Tetapi mudah disalahartikan dengan membosankan atau stagnan, terutama bagi orang-orang yang membutuhkan petualangan atau kegembiraan untuk menghidupkan hari-hari mereka. Dan mencari petualangan atau kegembiraan itu sebenarnya bisa meledakkan kehidupan yang dirancang dengan baik jika Anda tidak berhati-hati dalam mengidentifikasi masalah yang sebenarnya.

    Jadi, jika Anda merasa hidup Anda stagnan, Anda harus bertanya pada diri sendiri pertanyaan penting ini:

    “Mengapa aku merasa stagnan?”

    Apa yang terjadi saat ini yang membuat hidup Anda terasa stagnan? Apakah rutinitas yang monoton? Apakah Anda terlalu banyak bekerja sendiri? Apakah Anda memiliki terlalu banyak tanggung jawab dan tidak cukup waktu untuk melakukan sesuatu untuk diri sendiri? Apa alasannya? Bisakah Anda mempersempitnya menjadi penyebab spesifik yang mungkin ada solusinya?

    Apakah ini masalah perspektif? Apakah hidup Anda yang stagnan sebenarnya adalah kehidupan yang tenang atau damai? Karena tenang dan damai belum tentu mengalir dengan kegembiraan atau kebahagiaan. Orang-orang cenderung berpasangan bahagia dan damai sebagai pasangan, tetapi Anda bisa bahagia dalam kekacauan dan damai tanpa sukacita. Orang yang berbeda mendefinisikan kata-kata ini dengan berbagai cara.

    Mereka mungkin juga mengacaukan kegembiraan dengan kebahagiaan karena kegembiraan itu brilian dan menyenangkan, membawa kebahagiaan untuk sementara waktu. Tetapi itu biasanya hanya hal sementara.

    Pastikan apa yang Anda rasakan dan mengapa sebelum Anda membuat perubahan besar dalam hidup karena Anda mungkin tidak mendapatkan kesempatan kedua untuk apa yang sudah Anda miliki. Sayangnya, ada terlalu banyak artikel dan pakar yang menyarankan Anda untuk membuang hubungan atau pekerjaan jika itu tidak membuat Anda bahagia, tanpa memeriksa akar masalahnya.

    Tetapi bagaimana jika hidup Anda benar-benar stagnan? Bagaimana jika Anda tidak mendapatkan apa yang Anda inginkan dalam hidup?

    Bagaimana Anda bisa menghidupkan kembali kehidupan yang stagnan?

    1. Sentuh "Mengapa" Anda

    "Mengapa?" adalah pertanyaan paling kuat yang bisa Anda tanyakan pada diri sendiri. Ini tentang menemukan motivasi Anda, inspirasi Anda, dan mendapatkan akar mengapa Anda melakukan apa yang Anda lakukan. Apa yang menggerakkan Anda? Apa yang mengguncang Anda? Apa yang menggerakkan hati Anda dan menerangi jiwa Anda?

    Sangat mudah untuk melupakan alasan Anda dengan kehidupan yang monoton. Bekerja, makan, tidur, mencuci pakaian, berbelanja makanan, dan mengulanginya. Tentu saja, itu dengan asumsi Anda tidak memiliki tanggung jawab lain untuk diurus, seperti membesarkan anak atau merawat anggota keluarga. Beban dari tanggung jawab dan pengulangan itu bisa sangat berat untuk dibawa setelah beberapa saat.

    Atau mungkin Anda tidak pernah benar-benar menyentuh "mengapa" Anda? Mungkin inilah saatnya untuk menyelami diri sendiri untuk mencari tahu apa yang sebenarnya Anda inginkan dari kehidupan sehingga Anda dapat menyalakan api Anda sendiri dan mulai membara untuk sesuatu yang lebih besar.

    2. Dapatkan diri Anda Perubahan Pemandangan

    Perubahan pemandangan dapat membantu Anda menemukan perspektif berbeda tentang hidup Anda. Stagnasi adalah tentang keheningan dan monoton. Perubahan pemandangan dapat memberi Anda sesuatu yang baru untuk dilihat, orang baru untuk ditemui, hal-hal baru untuk dialami, atau hanya sesuatu yang berbeda dalam aliran hidup Anda secara umum.

    Itu tidak harus melibatkan pindah ke tempat baru, meninggalkan pekerjaan lama, atau apa pun yang benar-benar mengubah hidup, meskipun Anda mungkin menemukan itu adalah sesuatu yang Anda inginkan. Sebaliknya, hematlah uang Anda dan lakukan liburan singkat di suatu tempat. Berkendaralah ke kota yang berbeda dan menginap di hotel selama beberapa malam sehingga Anda dapat mengalami beberapa dari apa yang ditawarkan kota itu. Hampir setiap kota akan memiliki beberapa jenis seni atau kegiatan wisata yang tersedia.

    Luangkan waktu untuk keluar dari kebiasaan dengan menjauh dari rumah selama beberapa hari.

    3. Lakukan Hobi Baru

    Hobi baru bisa menjadi cara yang bagus untuk memperkenalkan beberapa perubahan dalam hidup Anda. Hobi solo memang bagus, tetapi menemukan hobi atau aktivitas sosial untuk dilakukan dengan orang lain akan memungkinkan Anda menciptakan koneksi sosial baru. Teman baru berarti hal-hal baru untuk dipelajari dan dialami, yang mungkin memberikan dorongan yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan yang stagnan.

    Hobi itu mungkin merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan diri Anda dan keluar dari zona nyaman Anda juga. Mungkin Anda selalu ingin mencoba hiking, arung jeram, panjat tebing, atau olahraga menantang lainnya yang dapat meningkatkan kesehatan fisik Anda. Dan, seperti yang sering dikatakan sains kepada kita, kesehatan mental yang baik sering kali terkait dengan peningkatan kesehatan fisik Anda. Jadi hobi aktif mungkin hanya apa yang Anda butuhkan untuk mengubah pandangan hidup Anda.

    4. Pertimbangkan Perubahan Karier

    Kecuali Anda sangat kaya, kemungkinan besar Anda perlu bekerja untuk mencari nafkah. Itu normal untuk sebagian besar dunia. Tetapi masalahnya, terlalu banyak pekerjaan dan tidak cukup waktu untuk meremajakan diri melalui istirahat dan relaksasi dapat berdampak negatif pada kesehatan mental Anda. Ini bahkan lebih buruk bagi orang-orang dengan stres tinggi atau bahkan pekerjaan traumatis.

    Itu tidak termasuk fakta bahwa banyak orang perlu bekerja dua pekerjaan hanya untuk menjaga kepala mereka di atas air, membayar tagihan, membayar makanan, melunasi pinjaman mahasiswa, dan pengeluaran lain apa pun yang mungkin mereka miliki.

    Mungkin sudah waktunya untuk mempertimbangkan perubahan karier. Sebuah pekerjaan bisa menjadi mandek jika Anda tidak merasa membuat kemajuan apa pun menuju sesuatu yang lebih baik, apakah membayar tagihan Anda atau mencoba membayar uang muka untuk rumah baru.

    Mungkin fakta bahwa Anda telah mencapai puncak karir Anda dan tidak memiliki ruang untuk kemajuan. Mungkin itu adalah manajer yang buruk yang membuat hidup Anda sengsara karena perilaku mereka beracun. Mungkin pekerjaan Anda bukan jenis tempat yang repot-repot memberikan kenaikan gaji karena mereka tidak peduli untuk mempertahankan bakat mereka.

    Pekerjaan tidak selalu menyenangkan. Anda mungkin tidak bisa bekerja sesuai passion Anda. Atau lebih buruk lagi, Anda bekerja dalam hasrat Anda, dan Anda menyadari bahwa itu tidak semua berhasil. Tetapi jika Anda merasa bahwa pekerjaan Anda adalah penyebab stagnasi Anda, mungkin inilah saatnya untuk mencari pelatihan tambahan atau berganti majikan.

    Dan jika Anda bisa, pertahankan waktu perjalanan Anda di bawah setengah jam. Ilmu pengetahuan menunjukkan bahwa waktu perjalanan yang lebih pendek membuat pekerja lebih bahagia.

    5. Ikuti Kelas untuk Memperluas Wawasan Anda

    Belajar bisa menjadi cara yang bagus untuk menambahkan sesuatu yang baru ke dalam hidup Anda dan sedikit mengguncang. Lihat kegiatan lokal dan lihat apakah ada kelas yang tersedia untuk Anda. Anda mungkin dapat mengambil kursus perguruan tinggi, mencari kelas di pusat seni atau komunitas, atau bahkan mengambil sesuatu secara online.

    Mungkin belajar bahasa asing? Itu bisa menjadi awal yang bagus untuk berlibur ke tempat di mana bahasa Inggris mungkin bukan bahasa yang dominan. Plus, belajar bahasa adalah latihan yang bagus untuk pikiran, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan mental dan emosional Anda.

    Apakah ada sesuatu yang selalu menarik minat Anda? Mungkin ada kelas di luar sana sehingga Anda dapat belajar lebih banyak dan memasukkannya ke dalam hidup Anda.

    6. Cari Tantangan Baru dan Tetapkan Beberapa Tujuan

    Terkadang kita berhenti bergerak karena kita berhenti menantang diri kita sendiri. Stagnasi berasal dari keheningan, jadi mengalir menuju sesuatu dapat mengakhiri kurangnya gerakan.

    Apakah Anda menetapkan tujuan? Apakah Anda memiliki sesuatu untuk diperjuangkan? Jika tidak, mungkin inilah saatnya untuk belajar bagaimana melakukannya sehingga Anda dapat membuat diri Anda bergerak maju lagi.

    Sistem SMART adalah metode yang umum dan efektif untuk menetapkan dan mengejar tujuan. Sasaran harus “Spesifik, Terukur, Dapat Ditindaklanjuti, Relevan, terikat waktu.”

    Tujuan khusus harus jelas. Alih-alih "Aku ingin menurunkan berat badan," tujuan spesifik akan lebih seperti "Aku ingin kehilangan 20 pon dalam tiga bulan dengan membatasi diri pada 1500 kalori per hari."

    Tujuan yang terukur adalah tujuan yang bisa berhasil atau gagal. Alih-alih "Aku hanya akan menonton apa yang aku makan," tujuan Terukur akan lebih seperti, "Aku tidak akan makan lebih dari 1500 kalori per hari."

    Tujuan yang dapat ditindaklanjuti adalah tujuan yang masuk akal yang mampu Anda capai. Misalnya, "Aku ingin kehilangan 20 pon dalam seminggu" bukanlah tujuan yang dapat ditindaklanjuti atau masuk akal.

    Sebuah tujuan yang relevan relevan dengan tujuan utama. Misalnya, "Aku ingin berolahraga selama 30 menit setiap hari" adalah tujuan yang baik dan akan membantu seseorang menurunkan berat badan. Namun, itu tidak relevan dengan "Aku ingin kehilangan 20 pon dalam tiga bulan dengan membatasi diriku hingga 1500 kalori per hari." Ini tidak relevan dengan kontrol porsi.

    Tujuan terikat waktu adalah tenggat waktu untuk menahan diri. Menurunkan berat badan bisa menjadi urusan yang rumit tergantung pada orangnya, tetapi seharusnya bisa menurunkan 20 pon dalam waktu 3 bulan.

    Sistem sasaran SMART dapat membuat Anda bergerak maju menuju apa yang paling Anda inginkan dalam hidup.

    7. Ubah Beberapa Rutinitas Anda

    Terkadang kita terjebak dalam kebiasaan karena kita terlalu terbiasa dengan rutinitas rutin kita. Bisakah Anda melakukan sesuatu untuk mengubahnya? Misalnya, bisakah Anda mengambil cuti untuk melakukan sesuatu yang menyenangkan untuk diri sendiri dan kesehatan mental Anda? Bagaimana dengan latihan atau tanggung jawab? Apakah ada cara yang lebih baik untuk mengerjakan rutinitas Anda sehingga Anda dapat memiliki waktu yang cukup untuk melakukan sesuatu yang berbeda?

    Satu hal yang mungkin bisa membantu adalah menetapkan satu hari sebagai hari libur Anda. Pada hari itu, Anda menghindari melakukan tanggung jawab besar apa pun.

    Anda mungkin juga ingin menjadwalkan belanja, binatu, dan tanggung jawab utama lainnya untuk satu hari sehingga Anda dapat menyelesaikan semuanya sekaligus, daripada memikirkannya sepanjang minggu. Sangat mudah untuk kehilangan waktu berharga untuk diri sendiri dengan terus-menerus kehabisan ke toko atau tersandung tugas yang perlu dilakukan.

    Masalahnya, akan selalu ada sesuatu yang perlu dilakukan. Itu hanya hidup. Jadi, ada baiknya mengukir waktu dan ruang untuk diri sendiri sehingga Anda tidak dibanjiri dengan detail kehidupan sehari-hari yang membosankan.

    8. Bicaralah dengan Konselor Kesehatan Mental Bersertifikat

    Mungkin ada baiknya berbicara dengan konselor kesehatan mental bersertifikat jika Anda merasa bosan dengan hidup atau tidak menemukan kesenangan dalam berbagai hal. Itu mungkin menunjukkan masalah lain, seperti depresi, yang mungkin membutuhkan lebih dari beberapa penyesuaian gaya hidup untuk diselesaikan.

    Konselor bukan hanya untuk orang dengan penyakit mental. Mereka juga ada untuk membantu orang mengatasi emosinya, seperti merasa bosan atau kewalahan dengan hidup Anda. Jadi, jika hidup Anda terasa stagnan, konselor kesehatan mental dapat menjadi sumber yang bagus untuk mengetahui akar penyebab perasaan tersebut dan mengatasinya.

    ***
    Solo, Kamis, 18 November 2021. 12:21 pm
    'salam hangat penuh cinta'
    Suko Waspodo
    suka idea
    antologi puisi suko



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.