Bitcoin Taproot - Upgrade Terbaru Di Jaringan Bitcoin - Urban - www.indonesiana.id
x

Bitcoin gratis

Nabilla J. Amanda

Penulis
Bergabung Sejak: 29 Oktober 2021

Sabtu, 20 November 2021 11:34 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Bitcoin Taproot - Upgrade Terbaru Di Jaringan Bitcoin

    Belum lama ini, Bitcoin baru saja melakukan upgrade setelah berhasil melakukan update SegWit pada tahun 2017. Upgrade ini direncanakan bisa memberikan peningkatan secara menyeluruh pada Bitcoin, khususnya dalam hal privasi.

    Dibaca : 162 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Bitcoin (BTC) adalah aset kripto terdesentralisasi yang diciptakan oleh seorang anonim dengan nama samaran Satoshi Nakamoto. Bitcoin adalah aset kripto peer to peer, yang mana seluruh transaksinya dapat dilakukan secara langsung tanpa ada campur tangan atau perantara pihak ketiga.

    Belum lama ini, Bitcoin baru saja melakukan upgrade setelah berhasil melakukan update SegWit pada tahun 2017. Upgrade yang diberi nama “Taproot” ini telah dilakukan pada 16 November 2021. Namun, berdasarkan Clark Moody Bitcoin, Bitcoin Taproot upgrade sebelumnya telah mulai diaktivasi sejak 14 November 2021. 

    Berdasarkan Zipmex.com, salah satu platform investasi aset digital, Taproot adalah sebuah peningkatan di Jaringan Bitcoin yang memiliki tujuan untuk meningkatkan efisiensi dan privasi. Dilansir dari situs CNBC, Alyse Killeen, pendiri dan managing partner perusahaan ventura, menjelaskan bahwa Bitcoin upgrade Taproot ini memiliki peranan penting dalam membuka peluang yang lebih luas bagi perusahaan yang tertarik untuk meningkatkan utilitas dan penggunaan Bitcoin. 

    Taproot sendiri pertama kali diusulkan pada tahun 2018 oleh Gregory Maxwell. Maxwell adalah developer yang berfokus pada Bitcoin Core. 

    Tujuan Bitcoin Upgrade Taproot

    Dengan hadirkan upgrade Taproot, nantinya seluruh pihak dalam suatu transaksi dapat bekerjasama untuk membuat transaksi yang dulunya dianggap kompleks, menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Salah satu upayanya dalam meringankan transaksi ini, melalui cara penggabungan public key dan signature mereka untuk nantinya dapat membuat public key serta signature yang baru. 

    Pengaruh Bitcoin Taproot Upgrade

    Bitcoin Upgrade Taproot di jaringan Bitcoin, akan menawarkan keuntungan dan pengaruh yang signifikan untuk para penggunannya. 

    Upgrade ini direncanakan bisa memberikan peningkatan secara menyeluruh pada Bitcoin, khususnya dalam hal privasi. Nantinya, jika upgrade Taproot ini dikombinasikan dengan Schnorr Signature, Taproot bisa meningkatkan efektivitas pada transaksi di Blockchain. 

    Faktanya, Bitcoin Upgrade Taproot juga menawarkan keuntungan lainnya, seperti mengurangi jumlah data yang disimpan dan ditransfer di blockchain, biaya transaksi menjadi lebih rendah, dan meningkatkan jumlah TPS (transaction per second). 



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.