x

Aksi tanam 5.000 pohon pelindung oleh IMIP. Sumber foto: dok. PT IMIP

Iklan

Chika Lestari

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 31 Juli 2020

Senin, 22 November 2021 19:45 WIB

Melihat Bakti IMIP untuk Lingkungan Bahodopi di Hari Pohon Sedunia

Bertepatan di Hari Pohon Sedunia pada 21 November 2021, PT IMIP melakukan aksi tanam 5.000 bibit pohon pelindung. Kegiatan yang juga mengajak barisan organisasi di Bahodopi ini merupakan wujud nyata kepeduliaan perusahaan dan juga bentuk komitmen untuk hijaukan desa di sekitar kawasan industri.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

PT IMIP (Indonesia Morowali Industrial Park) pada Minggu (21/11) yang juga bertepatan dengan Hari Pohon Sedunia menghelat kegiatan penanaman pohon sebanyak 5.000 pohon pelindung yang bertempat di Desa Labota, Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah.

Jenis jenis bibit yang ditanam adalah tanaman petai (Bitter bean), ketapang kencana (Madagascar almond) dan tanaman tanjung (Spanish cherry).

IMIP memang dikenal komitmen bila menyoal pelestarian lingkungan. Termasuk dalam kegiatan yang dilakukan PT IMIP kali ini adalah bentuk nyata kepedulian perusahaan terhadap lingkungan di Morowali. Penanaman pohon pelindung dikatakan adalah bagian dari program PT IMIP untuk menghijaukan desa yang berada di sekitar kawasan industri. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Menanam pohon bukanlah aktivitas untuk mengisi waktu luang semata. Menanam pohon berguna untuk melestarikan lingkungan. Misalnya, udara lebih sehat dan segar. IMIP sejatinya akan selalu mendukung aksi-aksi positif seperti ini," ungkap Thomas Deni Bintoro selaku Koordinator Community Relation (Comrel) Departemen External PT IMIP

Target IMIP Hijaukan Desa Sekitar Industri

Koordinator Community Development/CSR (Comdev/CSR) Departemen External PT IMIP yaitu Tommy Adi Prayogo menambahkan bahwa nantinya penanaman pohon tidak hanya di Desa Labota, Bahodopi namun juga ke 12 desa lingkar industri PT IMIP.

"Kita tanamnya bertahap sampai Desember nanti. Tidak hanya ditanam. Pemeliharaan juga tetap dilakukan, juga dilakukan penyiraman. Harapan dari perusahaan, bersama dengan seluruh stakeholder yang ada, menghijaukan seluruh desa yang berada di lingkar industri PT IMIP," katanya. 

Camat Bahodopi Apresiasi dan Mendukung

Melihat aksi dari PT IMIP tersebut, Ahyar Aminuddin dari Kasi Pemerintahan Kecamatan Bahodopi yang mewakili Camat Bahodopi, Tahir, menyatakan pihak pemerintah akan mendukung aksi yang dilakukan IMIP bersama organisasi kepemudaan dan masyarakat yang ada di Bahodopi untuk kebaikan lingkungan sekitar.

"Amanah dari Camat Bahodopi, pemerintah kita tentu sangat mengapresiasi aksi-aksi positif seperti ini. Apalagi aksi seperti ini akan berdampak baik bagi masyarakat kita. Tanaman yang ditanam juga tentunya akan meminimalisir polusi debu di daerah kita. Tapi, perlu diingat juga bahwa jangan hanya ditanam saja. Dia juga butuh perawatan. Pemeliharaan juga penting," urai Ahyar Aminuddin.

Pemeliharaan dari pohon-pohon yang ditanam juga merupakan hal yang sangat diperhatikan PT IMIP. Perusahaan mengharapkan bahwa dari 33 organisasi baik itu organisasi masyarakat, kepemudaan, organisasi kerukunan dan pemerhati lingkungan yang bertempat di Bahodopi maupun di destinasi desa selanjutnya yang akan ditanami pohon bisa bantu melakukan monitoring untuk memastikan tanaman itu bisa tumbuh dengan baik.

Ikuti tulisan menarik Chika Lestari lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler