x

Iklan

Ahmad Ihbal

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 18 November 2021

Senin, 22 November 2021 19:45 WIB

Penipuan dan Kesalahan yang Dapat Ditemukan dalam Penilaian Audit

Beberapa menganggap penipuan sebagai peristiwa langka, tapi sebenarnya tidak terlalu langka. Hampir setiap organisasi berumur panjang memiliki kisah celaka berdasarkan insiden masa lalu. Merekalah yang beruntung, karena banyak bisnis yang sudah tidak ada lagi karena dikuras oleh para penipu. Dalam kelompok auditor, hampir setiap auditor berpengalaman menunjukkan bahwa mereka memiliki klien yang terkena dampak penipuan, dan beberapa cerita yang luar biasa. Mendasari kasus-kasus penipuan yang diteliti, laporan keuangan yang salah saji, dan dugaan kegagalan audit, ditemukan kelemahan-kelemahan dalam pengendalian internal. 

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Beberapa daerah dan skema risiko penipuan umum

Ini tentu saja bukan daftar lengkap area risiko untuk dipertimbangkan, tetapi  ni adalah beberapa area yang mungkin kita pikirkan, terutama saat kita meninjau kontrol di area ini. Pertimbangan tersebut juga dapat dimasukkan ke dalam sesi brainstorming yang disarankan untuk entitas dan sesi brainstorming auditor yang diperlukan.

Penjualan dan penerimaan tunai

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Poin-poin berikut menjelaskan beberapa skema berbasis pendapatan dan tunai yang umum:

  • Risiko umum dapat mencakup bahkan tidak mencatat penjualan tertentu dan menyalurkan uang ke luar entitas. “skimming” semacam itu sulit dideteksi, tetapi penurunan margin keuntungan bisa menjadi pertanda. Penjualan “under-ringing” juga memungkinkan penyedotan sebagian dari uang penjualan.
  • Dalam beberapa kasus, penjualan sebenarnya dialihkan ke pemasok lain oleh staf penjualan, dan komisi yang lebih besar dari biasanya ("sedikit") kembali ke staf penjualan untuk rujukan.
  • Penurunan harga penjualan yang disengaja dapat menyebabkan pembayaran kembali bagi mereka yang mengotorisasi pesanan.
  • Lapping penerimaan dapat terjadi ketika penerimaan kas pelanggan diambil dan penjualan kepada pelanggan tersebut "ditutupi" pada pembukuan oleh penerimaan kemudian dari pelanggan lain yang dikreditkan ke rekening pelanggan tunai. Perhatikan pembayaran tunai yang tidak sesuai (lebih dan kurang pembayaran dari jumlah yang harus dibayar).
  • Nota kredit palsu dapat diterbitkan atau dikembalikan dan tunjangan dapat dialihkan untuk keuntungan pribadi. Dalam satu kasus, setoran tunai untuk perabotan sewaan dialihkan dan tidak pernah disetorkan, tetapi pengembalian "deposito" dikeluarkan dari dana perusahaan pada saat penyerahan tanda terima setoran.

 

Pembelian dan pengeluaran tunai

Segudang kemungkinan dalam pembelian dan uang tunai dapat berlangsung di sini.

  • Departemen pembelian adalah tempat berkembang biak yang terkenal untuk skema kickback, di mana pemasok memberi penghargaan kepada pembeli produk mereka yang "setia".
  • Skema kickback juga dapat ada di mana layanan lain (misalnya, lansekap, pengecatan, pengaspalan jalan masuk, dll.) Dikontrakkan dengan tarif yang lebih tinggi dari yang kompetitif dan uang dialihkan kembali ke orang dalam yang mengontrak. Terkadang pekerjaan yang ditagih bahkan tidak dilakukan (apakah kita seorang inspektur listrik?). Perlengkapan kebersihan yang mahal praktis melegenda dalam sejarah penipuan.
  • Barang yang “under spec” dapat diganti dengan barang yang dipesan, sehingga mengakibatkan barang cacat.
  • Barang dagangan terkadang dapat dipesan melalui entitas tetapi dikirim atau dialihkan untuk penggunaan pribadi karyawan.
  • Permintaan penggantian biaya yang tidak wajar dapat mengalihkan dana perusahaan.
  • Rabat pembelian yang sah untuk pembelian bisnis dapat dialihkan ke keuntungan pribadi ketika formulir rabat diisi atas nama karyawan.
  • Kas kecil (mungkin tidak kecil bagi seseorang) dulunya merupakan area kepentingan audit tetapi umumnya diabaikan dalam audit keuangan saat ini. Ini masih merupakan sumber tulisan fiksi yang bagus.

Daftar gaji

Poin-poin berikut menjelaskan beberapa skema berbasis penggajian umum:

  • Dalam bisnis yang lebih kecil, biasanya untuk mengenali ketika seorang karyawan palsu sedang dibayar.
  • Apakah ada yang salah dengan memberi diri kita sendiri, sebagai petugas penggajian, kenaikan gaji selama beberapa minggu atau bulan sepanjang tahun?Tidak, Tapi pastikan untuk memasukkan jumlah penggajian yang benar pada periode sebelum auditor muncul, karena mereka biasanya menguji penggajian terbaru.
  • Kesempatan lain adalah meminta karyawan lain membayar sebagian dari pajak kita (petugas penggajian) untuk kita, dan pastikan untuk memberikan kredit penuh pada formulir pajak penggajian kita.
  • Penggantian biaya adalah area terkenal untuk penulisan kreatif.

Peralatan, inventaris, dan apa pun yang tidak dikunci

Sementara karyawan mungkin mendambakan lukisan atau vas bunga, hilangnya peralatan kantor, khususnya komputer, adalah hal biasa dan berpotensi membawa malapetaka bagi bisnis atau entitas. Seorang “orang dalam” membiarkan pintu belakang luar terbuka (atau merekatkan kunci agar kunci tidak terkunci) atau petugas kebersihan yang terlibat dapat mengaturnya. Tidak membuat cadangan data tepat waktu tiba-tiba menjadi masalah besar, karena semua catatan kita ada di suatu tempat tetapi tidak di kantor kita. Sekarang, jangan berpikir bahwa fakta bahwa kita memiliki kata sandi di komputer membuatnya tidak berguna. Au contraaire—banyak komputer akhirnya dibongkar dan dipartisi untuk beberapa bagian. Dalam kasus lain, peretas yang terampil biasanya dapat mengambil data dari hard drive jika mereka menginginkannya dan/atau dapat membersihkan disk dan menginstal ulang perangkat lunak. Pencurian semacam itu juga membawa risiko bahwa informasi pribadi tentang karyawan mungkin terekspos, yang  mana melanggar tindakan privasi atau negara bagian dan membuat entitas dikenai denda yang signifikan.

Kerusakan inventaris

Dalam beberapa kasus, penipuan inventaris telah mengambil proporsi besar-besaran, seperti penipuan minyak salad, di mana tangki penyimpanan "minyak" diisi dengan air dan sedikit minyak melayang di atas untuk "melapisi" batang pengukur. Sementara auditor bekerja melalui labirin tangki penyimpanan yang tampaknya serupa (dan sebenarnya sama), para pekerja juga sibuk memberi nomor ulang sehingga yang "baru" dapat diuji. Barang ini terlalu bagus bahkan untuk di make up.

Dalam kasus lain, persediaan sengaja dipindahkan ke tempat penghitungan persediaan sehingga penghitungannya sesuai dengan catatan akuntansi di lokasi tersebut. Ini menyembunyikan kekurangan di lokasi tersebut. Penipuan ini telah terjadi di industri ritel dan di bisnis penyewaan trailer. Tentu, umumkan kepada entitas kapan dan di mana penghitungan akan dilakukan jauh sebelumnya.

Sebagian besar penipuan inventaris "jatuh" di beberapa titik dan ketahuan.

Sumber =

Graham, lynford. (2015). Internal control audit and compliance : documentation and testing under the new coso framework. New jersey: john wiley and sons, inc.

Ikuti tulisan menarik Ahmad Ihbal lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terkini

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB