Refleksi School Got Talent, Program Sekolah Yang Berdampak Pada Murid - Pendidikan - www.indonesiana.id
x

Subki Al Ghazali

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 November 2021

Rabu, 24 November 2021 20:50 WIB

  • Pendidikan
  • Topik Utama
  • Refleksi School Got Talent, Program Sekolah Yang Berdampak Pada Murid

    Sebuah program mingguan yang dibuat untuk mewadahi kreatifitas murid dan upaya dalam menggali dan mengembangkan bakat-bakat terpendam yang dimiliki murid

    Dibaca : 276 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    REFLEKSI SCHOOL GOT TALENT (SGT)

    SEBUAH  PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID DI SD NEGERI 4 SETELUK

     

    Peristiwa (Fact)

    Latar Belakang dan Tujuan

    Sekolah sejatinya adalah tempat  menuntun anak dalam dalam menggali dan mengembangkan bakat dan minat  sesuai kodrat yang dimilki murid. Untuk menggali dan mengembangkan bakat dan minat murid tersebut maka sekolah harus berupaya untuk merencanakan dan membuat program-program yang berdampak langsung pada murid. 

    Dalam memfasilitasi murid untuk menggali dan mengembangkan bakat dan minat yang dimiliki murid maka saya mencoba untuk melaksanakan sebuah program mingguan yang yaitu School Got Talent  (SGT).

    School Got Talent (SGT) merupakan sebuah program yang kegiatannya dilaksanakan sekali seminggu yaitu pada setiap hari Sabtu sebagai bagian dari pengembangan diri murid yang semulanya dilaksanakan di kelas kemudian dikemas dalam bentuk kegiatan hiburan dimana pelaksanaannya dilaksanakan dilingkungan sekolah yang diikuti oleh seluruh murid. SGT ini sebagai wadaha untuk menampilkan segala bentuk kreativitas, bakat, minat dan potensi yang dimilki murid. Dalam kegiatan ini murid menujukkan kreatifitas, bakat dan potensi yang dimiliki seperti kreasi seni, olahraga, pidato, tahfiz, comedy, drama, dll dalam bentuk sebuah pertunjukan. 

    Tindakan Yang Akan Dilakukan Pada Aksi Nyata

    1. Menyusun rencana pelaksanaan program dengan menggunakan sebuah pendekatan dinamakan dengan BAGJA.

    hasil tabel BAGJA dapat dilihat pada alamat berikut.

    https://docs.google.com/document/d/1JxKlPNmVUJFlypAWHsEUc804SgEDAkKnbtpctxKgq_k/edit?usp=sharing

    2. Mensosialisasikan program melalui forum rapat sekolah yang dipimpin oleh kepala sekolah dengan harapan supaya program yang saya rencanakan ini mendapatkan  dukungan dari teman sejawat. 

    3. Melakukan ekskusi dengan tahapan tahapan

      • Melengkapi instrument intrumen yang dibutuhkan seperti : spanduk dan banner program SGT, Jadwal Kegiatan, dll  
      • Mensosiaisasikan program SGT ke murid melalui pemberitahuan langsung saat melakukan kegiatan lain 

    Hasil Dari Aksi Nyata

    Kegiatan SGT SD Negeri 4 Seteluk mendapat respon yang luar biasa dari siswa yang mengikutinya, bahkan senyum dan tawa dari murid  yang tidak tampil menemani keseruan kegiatan ini. Dengan diselenggarakannya program ini tentunya akan menambah kepercayaan diri dalam mengembangkan kreativitas anak serta mengembangkan bakat yang dimiliki untuk menjadi generasi yang kreatif sesuai dengan talentanya masing – masing. 

    Perasaan ( Feelings)

    Saat melaksanakan aksi nyata ini  jujur saya merasa sangat senang karena program ini dapat dikatakan sebagai program yang ditunggu-tunggu oleh murid. Hal tersebut terbukti dari antusias murid mengikuti kegiatan setiap minggunya, biasanya lebih dari 10 murid yang mendaftar untuk menampilkan kreasi seni, bakat dan potensi yang dimilikinya. disamping itu juga yang paling membahagiakan adalah ketika kegiatan berlangsung suasanaya sangat gempita dan meriah, tepuk tangan dan sorak sorai menjadi pemandangan wajib pada saat murid menampilkan aksinya di atas panggung dan ini yang.

    Kegiatan ini disamping sebagai wadah untuk menunjukkan kreatifias, bakat dan potensi yang dimiliki murid juga sebagai kegiatan hiburan mingguan dan ini yang menjadikan program ini sebagai program yang sangat ditunggu-tunggu kehadirannya. 

    Pembelajaran (Findings)

    Pembelajaran yang didapatkan selama melaksanakan aksi ini salah satunya adalah saya mampu menerapkan pengetahuan dan pemahaman saya mengenai filosofi pendidikan menurut KHD tentang asas pendidikan bahwa pendidikan (opvoeding) memberi tuntunan terhadap segala kekuatan kodrat yang dimiliki anak agar ia mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai seorang manusia maupun sebagai anggota masyarakat. Jadi menurut KHD (2009),  “pendidikan dan pengajaran merupakan usaha persiapan dan persediaan untuk segala kepentingan hidup manusia, baik dalam hidup bermasyarakat maupun hidup berbudaya dalam arti yang seluas-luasnya”.  

    Program terlaksana karena terinsiparasi  dari filosofi pendidikan menurut KHD tentang tujuan akhir dari pengajaran yaitu agar murid itu “SELAMAT DAN BAHAGIA” , yang awal mulanya beliau mendirikan sekolah yang dinamakan dengan Taman Siswa yaitu taman sebagai tempat bermain dan belajar yang menggembirakan.

    Sehingga dengan program ini saya berharap mampu menjadi salah satu program yang dapat menumbuh kembangkan kemampuan siswa dengan cara yang merdeka dan membahagiakan yang pada akhirnya nanti dapat mencapai tujuan pendidikan seperti yang diharapkan.


    Penerapan Ke Depan (Future)

    Saya berharap semoga program ini dapat berjalan dengan lancar, dan berkelanjutan sehingga akan muncul generasi-generasi yang memiliki kemampuan dan keterampilan yang tentunya dapat menjadi modal untuk mendapatkan keselamatan dan kebahagian hidup mereka.

    Namun demikian perlu refleksi secara berkelanjutan sehingga akan ada perbaikan dan inovasi kreatif secara terus menerus demi tercapainya tujuan dari program yang diharapkan.

    Dokumentasi Kegiatan Aksi Nyata

     Link Video

    1. https://www.youtube.com/watch?v=yvaQRx0y6Jo
    2. https://www.youtube.com/watch?v=uctyaRiH-X8
    3. https://www.youtube.com/watch?v=9WTNO0c1kZ0
    4. https://www.youtube.com/watch?v=1NG2HZ2FUMQ

     

    Ikuti tulisan menarik Subki Al Ghazali lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.