Senjata Perang Guru mencapai Growth Learning Mindset di Tengah Pandemi - Pendidikan - www.indonesiana.id
x

siswa belajar google classroom

JUGODI GOKLAS SITUMORANG

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 November 2021

Rabu, 24 November 2021 21:10 WIB

  • Pendidikan
  • Topik Utama
  • Senjata Perang Guru mencapai Growth Learning Mindset di Tengah Pandemi

    Merdeka Belajar adalah Suatu yang sangat menggugah dimana setiap pendidik di uji kemampuan nya dalam menyampaiakan Pembelajarannya kepada siswa sebagai bentuk tanggung jawabnya supaya sistem pendidikan Indonesia tidak Learning Loos. Google Calasroom adalah salah satu Senjata yang digunakan guru di tengah pandemi. karena dengan google Clasroom Pembelajaran Terintegrasi, melatih Kemandirian Siswa, sesuai dengan tuntutan jaman dan teknologi. sehingga Growth Learning Mindest terwujud dalam diri setiap Siswa dan tenaga Kependidikan.

    Dibaca : 309 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Guru adalah ujung tombak kemajuan suatu bangsa, Teknologi apapun, tidak dapat menggantikan guru, namun di tangan guru yang hebat, teknologi akan menjadi senjata yang ampuh dalam mencerdaskan peserta didik, sebut sang mas mentri dengan lantang. Pendidikan merupakan salah satu variabel dari indikator makro pembangunan manusia Indonesia yang sangat harus di perbaiki, dan sudah banyak paparan paparan seminar, webinar  oleh Praktisi, mengatakan bahwa pendidikan kita di masa pandemi covid 19 ini disebut masa hilangnya pengetahuan dan keterampilan, baik itu secara umum atau spesifik, atau terjadinya kemunduran proses akademik karena faktor tertentu ( Learning Loos ), PJJ perlu di revisi.

    Merdeka dalam bahasa sansekerta Merdeka dapat diartikan kaya, sejahtera dan kuat, dan belajar adalah suatu kegiatan untuk memperoleh pengetahuan, Jadi merdeka Belajar seharusnya Kaya dan Sejahtera akan sumber Ilmu dan Pendukung lainnya, namun efek yang paling besar di hantam oleh pandemi covid 19 ini Pada sektor pendidikan sangatlah Kompleks, penyebabnya utamanya adalah Social Distancing. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)/ Moda Pembelajaran Daring merupakan alternatif sebelum Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT). 

    Banyak Model pembelajaran, banyak Metode, banyak Alternatif pemecahan masalah yang di suguhkan oleh praktisi tentang rancangan skema paradigma pendidikan abad 21 ini, dimana lulusannya harus memiliki aspek Integrity, Growth Learning Mindset, Feacture Practice, dan Agent Learner, dimana tantangan pendidikan ke depan harus menhasilkan manusia yang mampu mencipta seperti Jack ma dengan Alibabanya, Owner Gojek dengan Aplikasinya yang merger dengan Tokopedia, dan banyak lainnya yang mampu menciptakan  teknologi masa depan, atau Aplikasi yang bekerja secara Online dan By system. 

    Growth Learning adalah pola pikir yang meyakini bahwa kemampuan atau kualitas seseorang bukanlah sesuatu yang tetap, melainkan dapat di ubah dalam upaya, kerja keras, latihan, terus menerus) mereka percaya bahwa bakat yang mereka miliki dapat dikembangkan. misalnya menggunakan strategi saat belajar, hingga mendengarkan masukan dari orang lain.

    Google Clasroom adalah aplikasi yang sangat memadai dalam melaksanakan pembelajaran secara Daring / PJJ dimasa Pandemi, salah satunya adalah Integrasi antar siswa, guru dan kepala sekolah. Proses berlangsung secara Maya, namun hasilnya nyata dan real. kita dapat bekerja dimana saja, kapan saja, sebab semua tempat adalah sekolah. Kapan saja kita bisa belajar dan terintegrasi serta terjadwal. Semua sumber dapat dijadikan referensi dan bekerja secara efisien dan dapat melatih kemandirian bagi murid, serta sesuai dengan tuntutan teknologi masa depan. Atmosfer kolaborasi yang ada di kelas konvensional juga dihadirkan melalui google Clasroom. Saya menerapkan aplikasi Google Clasroom atau kami singkat (GCR) Sebagai senjata guru di tengah pandemi, karena manfaatnya yang sangat luar biasa di bidang pembelajaran.

    Kota Natuna sejuk hawanya.

    Banyak orang pergi ke sawah.

    Walaupun sedang pandemic Corona.

    Tetaplah belajar walau di rumah.

     

    Selamat Hari Guru. 25 November 2021



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.