x

Iklan

Yusron B. Ambary

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 November 2021

Kamis, 25 November 2021 08:16 WIB

Diplomasi Budaya di Masa Pandemi, Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia Virtual 2021

Sebuah upaya adaptif dan inovatif dari Kementerian Luar Negeri dalam melaksanakan Diplomasi Budaya di masa pandemi

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Diplomasi Budaya merupakan upaya Kementerian Luar Negeri RI (Kemlu) dalam memperkenalkan seni dan budaya Indonesia kepada masyarakat internasional untuk menumbuhkan pemahaman mereka terhadap Indonesia. Salah satu program tahunan yang menjadi unggulan Kemlu dalam diplomasi budaya adalah Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI).

 BSBI bertujuan untuk memperkuat people to people connection melalui seni dan budaya, terutama bagi generasi muda.

Sejak tahun 2003, Kemlu telah memberikan beasiswa seni budaya kepada para pemuda dari berbagai belahan dunia untuk belajar dan mendalami seni budaya Indonesia. Selama 3 bulan, para peserta tinggal di sanggar seni yang menjadi mitra Kemlu. Selain mendalami seni dan budaya, mereka juga dapat merasakan secara langsung denyut nadi kehidupan masyarakat Indonesia. Beberapa dari mereka bahkan ada yang kembali sebagai mahasiwa melalui beasiswa Dharmasiswa. Dan banyak pula yang kembali ke Indonesia bersama kerabat dan sahabat untuk berwisata dan bernostalgia ke sanggar dimana mereka menghabiskan 3 bulan yang sangat mengesankan. Hingga tahun 2020, BSBI telah menelurkan 922 alumni dari 77 negara.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Akibat pandemi Covid-19, pada tahun 2020 BSBI ditiadakan. Sebagai gantinya, Kemlu untuk pertama kalinya mengadakan program alumni talk yang menghadirkan para alumni lintas angkatan. Dari hasil ngobrol-ngobrol melepas kangen inilah muncul berbagai ide baru, antara lain:

  • Pembuatan video alumni menyanyikan theme song BSBI, Indonesia, Hatiku Rumahku Bangsaku. Sebuah lagu yang diciptakan oleh Sdr. Vincent Lagea asal PNG, Alumni BSBI tahun 2007.
  • Pembuatan buku alumni berjudul “Indonesia, Hatiku Rumahku Bangsaku: Jauh di Mata Dekat di Hati” yang berisikan kisah2 para peserta selama mengikuti BSBI, dan bagaimana BSBI membentuk jiwa dan karakter mereka.

Memasuki tahun 2021, pandemi covid-19 belum menunjukkan tanda2 penurunan. BSBI 2021 pun kembali terancam gagal dilaksanakan. Hingga akhirnya sebuah ide muncul untuk melaksanakan BSBI secara virtual. Sebuah adaptasi dan inovasi yang didasari pada:

  • Diplomasi budaya harus tetap berjalan walaupun di masa pandemi;
  • Keinginan untuk membantu sanggar seni mitra Kemlu yang sangat terdampak secara ekonomi di masa pandemi; dan
  • Pemanfaatan platform video conference yang telah menjadi sebuah new normal

Di pertengahan tahun, Kemlu mengundang Sanggar Mitra untuk sama2 membahas bagaimana BSBI virtual yang pertama bisa dilaksanakan dengan baik.

  • Setiap sanggar diminta untuk menyiapkan modul pelatihan berupa potongan video yang harus disampaikan kepada para peserta;
  • Pelatihan meliputi tarian, lagu, dan pembuatan kriya;
  • Pertemuan virtual untuk praktek menari, menyanyi, dan membuat kriya setiap hari Sabtu dan Minggu masing-masing selama 2 jam. Total ada 16 x pertemuan; dan
  • Meminta sanggar untuk menerapkan pembelajaran yang kreatif dan menarik agar peserta mau bertahan. Zoom fatigue juga menjadi kekhawatiran dalam program ini.

Selanjutnya melalui Perwakilan RI di luar negeri, mulai dilakukan pendaftaran dan penerimaan peserta. Mempertimbangkan perbedaan zona waktu, hanya peserta dari wilayah Asia, Afrika, Eropa, dan Pasifik yang dapat ikut serta. Hasilnya cukup menggembirakan, 47 orang peserta dari 21 negara berhasil diterima. Cukup mengejutkan mengingat peserta BSBI fisik biasanya berada di kisaran 70 orang.

Seluruh peserta selanjutnya dibagi secara merata ke 6 Sanggar Seni mitra Kemlu, yaitu:

  • Sanggar Lang Lang Buana, Banyuwangi
  • Sanggar Kinanti Sekar, Yogyakarta
  • Sanggar Semarandana, Bali
  • Gubang Art Community, Tenggarong
  • Kazaki Art School, Makassar
  • Sanggar Seni dan Musik Syofyani, Padang

Pembukaan dilangsungkan di Yogyakarta pada tanggal 24 September 2021. Di acara pembukaan, para peserta disajikan profil sanggar sekaligus perkenalan kepada para pengurus sanggar. Sanggar Kinanti Sekar sebagai tuan rumah acara pembukaan juga menampilkan tarian dalam acara yang berlangsung secara hybrid ini.

Selama 2 bulan penuh, Kemlu terus memantau jalannya pelatihan. Kemlu senantiasa hadir di setiap kelas virtual yang berlangsung. Kemlu juga mengunjungi setiap sanggar untuk menyaksikan secara langsung proses latihan. Semua ini dilakukan untuk memastikan program berjalan dengan baik.

Padang, 20 November 2021. Bertempat di Hotel Mercure, Dirjen Informasi dan Diplomasi Publik Kemlu RI secara resmi menutup program Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) Virtual 2021. Dari total 47 orang pendaftar

  • 38 orang peserta dari 20 negara dinyatakan lulus.
  • 4 orang mundur di awal program karena ketentuan di universitas dimana mereka belajar.
  • 5 orang gugur dalam proses pembelajaran.

Artinya 88% peserta mengikuti seluruh rangkaian pelatihan dan dinyatakan lulus. Sebuah angka yang cukup mengejutkan dan juga membahagiakan.

Dalam acara penutupan, setiap sanggar seni menampilkan video proses pelatihan dan hasil pelatihan. Setiap sanggar juga diminta memilih 1 orang peserta untuk tampil secara live virtual. Banyak momen lucu, Bahagia, dan mengharukan dalam video 8 menit yang diproduksi oleh masing-masing sanggar. Penampilan live pun sangat membanggakan, mengingat hanya 8 minggu para peserta mempelajari tarian dan lagu Indonesia. Itu pun dilakukan secara virtual, tanpa ada sentuhan langsung dari para instruktur seni.

Beberapa orang peserta juga diminta untuk memberikan kesan-kesan mereka selama mengikuti pelatihan.

David Peralta, peserta asal Portugal yang dilatih oleh sanggar Shofyani Padang menjelaskan Indonesia dalam 3 kata, beautiful (cantik), diverse (beraneka ragam), dan fun (menyenangkan).

“Di Melbourne kami tidak bisa keluar rumah karena ada lockdown yang ketat. Tanpa BSBI kami akan merasa sangat kesepian. Saya sangat berterima kasih untuk program yang berlangsung selama hampir dua bulan yang tidak hanya mengajarkan kami tentang budaya, tapi juga sahabat dan keluarga baru,” ujar Yana Gill salah satu peserta asal Australia yang mengikuti kelas virtual bersama Kazaki Art School di Makassar.

Ada tawa bahagia dan tangis haru tersaji pada acara penutupan. Semua ingin pandemi segera berakhir. Semua ingin segera mengunjungi sanggar dimana mereka belajar. “Jika pandemi berakhir, saya akan berlari ke Indonesia untuk menemui keluarga baru saya”, kata Esraa, peserta asal Mesir sambil menghapus air matanya.

Lagu tema BSBI, Indonesia, Hatiku Rumahku Bangsaku, merupakan sebuah ungkapan tulus dari para peserta setelah mengikuti program BSBI. Selamat bergabung dengan Keluarga Besar BSBI

Ada satu catatan menarik lainnya dari BSBI Virtual 2021 ini. Seorang instruktur lukis di sanggar Semarandana Bali dengan nama panggilan P-Man menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kemlu. Terinspirasi dari program BSBI virtual, dia sudah mulai mendapat murid untuk belajar melukis secara virtual. Hal ini disampaikan langsung saat Kemlu mengunjungi sanggar pada tanggal 23 Oktober 2021.

Jakarta, 22 November 2021

Ikuti tulisan menarik Yusron B. Ambary lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB