Merdeka Belajar dari Selatan Nusantara - Pendidikan - www.indonesiana.id
x

Merdeka Belajar dari selatan Nusantara

Yandry Fitria Taebenu

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 November 2021

Kamis, 25 November 2021 08:18 WIB

  • Pendidikan
  • Topik Utama
  • Merdeka Belajar dari Selatan Nusantara

    Belajar kimia yang tadinya dianggap peserta didik sebagai pelajaran yang sukar menjadi menyenangkan dan seru karena disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik, sehingga peserta didik merasa tidak dipaksa untuk belajar tetapi belajar karena adanya kemauan dari peserta didik tersebut. Saya berusaha untuk mendukung pengembangan daya nalar dan kreatifitas peserta didik dengan menciptakan susana belajar dan seru dengan bermain dan penuh semangat.

    Dibaca : 139 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Peserta didik bukanlah kertas kosong tetapi dapat diibaratkan sebagai selembar kertas buram yang sudah terisi. Isinya adalah kodrat alam anak. Tugas kita sebagai guru adalah menuntun dan merawat anak sesuai dengan kodratnya. Pendidikan bukanlah sekedar transfer ilmu pengetahuan, tapi harus dapat membuat anak memahami dunianya dan dapat memanfaatkan pemahaman tersebut untuk kebahagiaan hidupnya. Pembelajaran tidaklah statis, namun dinamis.

    Perubahan-perubahan disesuaikan dengan kodrat alam dan kodrat zaman. Dalam hal ini, pembelajaran harus berorientasi kepada peserta didik sesuai dengan kodrat keadaan namun tetap harus memperhatikan ketercapaian kurikulum nasional. Pembelajaran yang berorientasi kepada peserta didik adalah pembelajaran yang menjadikan peserta didik sebagai pusat pembelajaran.

    Kegiatan pembelajaran hendaknya tidak dilakukan dengan suasana yang terlalu serius dan terpaku kepada pendalaman materi pelajaran karena seyogyanya kodrat anak adalah bermain, karena itu guru seharusnya membangun suasana belajar yang menyenangkan dan memilih metode pembelajaran serta bentuk penugasan yang dapat meningkatkan kreativitas anak didik. Menurut filosofi pemikiran KHD bermain merupakan kodrat anak sehingga pendidik harus memahami bahwa kodrta anak adalah bermain sambil belajar atau sebaliknya belajar sambail bermain Akan lebih menyenangkan apabila peserta didik melakukan proses pembelajaran berdasarkan apa yang mereka kehendaki.

    Belajar kimia yang tadinya dianggap peserta didik sebagai pelajaran yang sukar menjadi menyenangkan dan seru karena disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik, sehingga peserta didik merasa tidak dipaksa untuk belajar tetapi belajar karena adanya kemauan dari peserta didik tersebut. Saya berusaha untuk mendukung pengembangan daya nalar dan kreatifitas peserta didik dengan menciptakan susana belajar dan seru dengan bermain dan penuh semangat.  

    Adapun tujuan dari kegiatan pembelajaran ini yaitu sebagai berikut:

    1. Mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan  bagi peserta didik, sehingga materi yang mereka pelajari akan menjadi lebih bermakna.
    2. Mewujudkan pembelajaran yang berpusat pada siswa (student center oriented).
    3. Meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.

    Pembelajaran Kimia pada kelas XI IPA SMA Negeri 1 Nekamese  memanfaatkan Fitur Power Point Interaktif pada aplikasi Quizizz di selingi dengan game-game seru. Kegiatan pembelajaran berlangsung secara interaktif dan seru karena peserta didik merasa tertantang untuk berlomba-lomba menang dalam game yang diselipkan dalam Power Point Interaktif, adanya perhitungan waktu mundur, meme-meme berkarater saat peserta didik menjawab soal dengan benar, serta terdapat sistem perengkingan di tiap butir soal pada game memungkinkan peserta didik untuk bersaing positif dan menumbuhkan minat belajar. Hal ini dapat dilihat dari antusias peserta didik untuk maju kedepan kelas dan mengekplorasi pengetahuan yang sudah dipelajari dengan memberikan penjelasan kepada teman-teman.

    Pada akhir kegiatan pembelajaran saya memberikan tugas pada peserta didik untuk mebuat karya tentang apa yang telah mereka pelajari pada hari itu. Karya yang dihasilkan bebas ditentukan oleh peserta didik sesuai karakteristik masing-masing. Ada yang membuat video pembelajaran, ada yang membuat infografis dan ada yang lebih memilih menulis. Kemerdekaan belajar saya berikan kepada peserta didik dengan tetap menuntun mereka dengan Bahagia juga menerapkan profil pelajar Pancasila.

    Link power point interktif yang saya pakai dapat diakses pada laman berikut: https://quizizz.com/admin/quiz/617b2da8946ddb001d7de65b

    Salah satu hasil karya peserta didik dapat diakses pada link berikut : https://www.youtube.com/watch?v=HemUnS9q1sc

    Umpan balik peserta didik :

    https://drive.google.com/drive/folders/1Pd9pQaEIQu1xuwQL3HMYjxY1CwjbfsZr?usp=sharing

     

    Salam Merdeka Belajar !



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.