x

ilustr: Pixabay

Iklan

Diana Yusuf, S.Kom

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 November 2021

Kamis, 25 November 2021 08:20 WIB

Merdeka Belajar di Alam Terbuka Sangat Menyenangkan

Kisah Guru Terapkan Merdeka Belajar di Alam terbuka sekaligus memperkenalkan keindahan alam di daerah.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Merdeka belajar di alam terbuka merupakan salah satu media pembelajaran yang bisa memberikan kesan dan pesan tersendiri baik bagi guru maupun untuk peserta didik. Belajar di alam terbuka dapat memberikan dampak positif bagi peserta didik karena belajar di alam terbuka bisa menjadi terapi relaksasi pikiran. ketika melihat dan merasakan keindahan alam maka pikiran kita akan menjadi lebih fresh terutama bagi peserta didik yang mungkin selama ini mereka merasakan kejenuhan karena bertahun tahun hanya belajar di dalam ruangan. 

Salah satu alternatif belajar di alam terbuka ialah di tempat wisata yang tentunya bisa menjadi salah satu metode juga memperkenalkan daerah wisata lokal. dan bisa juga memanfaatkan keindahan  alam  yang ada disekitar lingkungan sekolah misalnya sungai, hutan maupun persawahan. dimana tempat tempat ini bisa kita jadikan sebagai media merdeka belajar di alam terbuka.

Belajar di alam terbuka bisa diterapkan beberapa kali disetiap pertemuan KBM, terlebih untuk mata pelajaran yang banyak menuntut praktikum di alam terbuka seperti mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). dimana peserta didik akan lansung berinteraksi dengan alam dan mengetahui proses proses terjadinya perubahan alam sekitar baik itu pengetahuan tentang tumbuhan, hewan, terjadinya kerusakan lingkungan, pergantian waktu, kondisi cuaca dan semua hal-hal yang berkaitan dengan alam.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Mari Para tenaga pendidik kita bisa melakukan hal-hal baru bisa menerapkan metode merdeka belajar di alam terbuka jangan pernah jenuh untuk mencari ide ide kreatif untuk mendidik, membimbing siswa kita agar mereka belajar dengan penuh semangat dan merasakan belajar merdeka di alam terbuka sangat menyenangkan .

#BergerakDenganHati #DemiKemajuan

 

Ikuti tulisan menarik Diana Yusuf, S.Kom lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler