Merdeka Belajar dengan Berdiskusi Stop Tawuran (Kawan Jangan Cabut Nyawaku, Aku Masih Ingin Sekolah) - Pendidikan - www.indonesiana.id
x

Diana Yusuf, S.Kom

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 November 2021

Kamis, 25 November 2021 16:42 WIB

  • Pendidikan
  • Topik Utama
  • Merdeka Belajar dengan Berdiskusi Stop Tawuran (Kawan Jangan Cabut Nyawaku, Aku Masih Ingin Sekolah)

    Berdiskusi merupakan salah satu metode pembelajaran untuk melatih kepribadian dan karakter peserta didik untuk dapat saling menghargai perbedaan pendapat tanpa harus saling menjatuhkan dan membentuk pribadi yang bersahaja, sabar, dan mampu menahan emosinal apabila terjadi konflik. Tawuran salah satu faktor kegagalan di dunia pendidikan.

    Dibaca : 2.678 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

     

    Berdiskusi merupakan salah satu forum yang memfasilitasi  sekelompok orang untuk mengungkapkan pendapat masing-masing dan menyatukan perbedaan. Dalam dunia pendidikan, kegiatan diskusi sangatlah penting karena dari metode inilah kita bisa membentuk karakter pribadi siswa agar mereka paham bahwa pendapat mereka belum tentu sama dan belum tentu bisa diterima oleh orang lain. Akan tetapi bisa memperoleh penyelesaian dalam perbedaan pendapat dengan tetap saling menghargai seandainya pendapat mereka tidak diterima anggota kelompok lain. 

    Pada masa kini banyak sekali kita melihat berita berita tentang tawuran antar siswa sekolah sampai memakan korban nyawa dan hal ini tentu saja mencoreng nama baik dunia pendidikan di Indonesia. terlebih yang akan menjadi sorotan adalah kita sebagai guru akan dianggap tidak mampu bahkan akan dianggap gagal membimbing siswa kita untuk bersikap saling menghargai dengan orang lain. 

    Tapi, tidak sepenuhnya itu kesalahan kita sebagai tenaga pendidik bisa jadi faktor faktor lingkunganlah yang membuat para siswa memiliki sifat arogansi dan emosional tinggi. Dan disiniah peran kita sebagai guru berusaha semaksimal mungkin merubah karakter siswa kita yang rusak akibat pergaulan bebas atau karena pengaruh lingkungan agar mereka bisa menjadi pribadi yang memiliki sopan santun, meredam emosi jika terjadi konflik antar siswa dan saling menghargai perbedaan. 

    Dengan sering menerapkan forum diskusi baik dalam pembelajaran agama maupun umum, maka kita sebagai guru bisa membimbing, membantu dan membentuk karakter siswa dalam memahami bahwa perbedaan itu adalah anugerah yang harus diterima dan tidak boleh menyelesaikan konflik dengan cara kekerasan apalagi sampai memakan korban.

    Mari bersama-sama kita Guru, Orang Tua, Lingkungan,  jagalah anak kita, sayangi anak kita, mari selalu mengedepankan kebersamaan dalam menyelesaikan masalah. Ini adalah tugas kita bersama. mari berdiskusi dan bermusyawarah untuk kebaikan bersama. Jangan lagi ada nyawa anak didik kita melayang hanya karena arogansi dan emosional sesaat.

    Jangan pernah lelah mendidik, membimbing, menasehati, memotivasi, memberi arahan untuk anak didik kita. pupuk mereka dengan rasa saling mencintai antar sesama meskipun terjadi perbedaan dan tidak boleh lagi ada tindakan tawuran antar siswa mari berdiskusi untuk menghargai perbedaan.

     

                         #BergerakDenganHati #DemiKemajuan.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.