x

Ilustrasi industri besi baja. Sumber foto: infobrand.id

Iklan

evaline damanik

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 November 2021

Sabtu, 27 November 2021 06:36 WIB

Yuk,Cari Tahu Apa itu Termodinamika dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari

Penulis adalah Evaline, mahasiswi Chemistry Education Study Program 2020 di Universitas Negeri Medan

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Haii Sobat Intelektual!! Apakah kalian tahu apa itu Termodinamika? Sebagai pelajar, kata termodinamika tentu tidak asing bukan? Untuk lebih mengetahui apa sih termodinamima itu, yuk sini kita bahas ;) 

Penerapan termodinamika ada begitu banyak contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Sebelum membahas lebih jauh, mari kita bahas apa itu Termodinamika? 

Termodinamika adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara energi dan kerja dari suatu sistem. Termodinamika hanya mempelajari besaran-besaran yang berskala besar (Makroskopis) dari sistem yang dapat diamati dan dapat diukur dalam eksperimen. Termodinamika juga dapat diartikan sebagai ilmu yang menjelaskan kaitan antara besaran fisis tertentu yang menggambarkan sifat zat dibawah pengaruh kalor. Besaran fisis ini disebut koordinat makroskopis sistem. Kaitan atau rumus yang menjelaskan hubungan antar besaran fisis diperoleh dari eksperimen dan kemudian dapat digunakan untuk meramalkan perilaku zat dibawah pengaruh kalor. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Jadi, dapat disimpulkan bahwa termodinamika merupakan ilmu yang berlandaskan pada hasil-hasil eksperimen. 

Bagaimana sobat intelektual? Mudah dimengerti bukan? Sekarang yuk kita bahas apa saja contoh penerapan termodinamika bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari. 

Sebagai manusia tentunya kita butuh sesuatu untuk memenuhi kebutuhan kita bukan? Nah, penerapan termodinamika ini salah satu contoh nya loh sebagai sesuatu yang mempermudah manusia dalam memenuhi kebutuhannya. Mari kita simak apa contoh penerapan nya yukk

Ada banyak penerapan termodinamika yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Musalnya termos untuk menyimpan air panas, lalu mesin kendaraan bermotor, mesin pendingin, dan pendingin ruangan (AC).  Semua benda diatas yang tadi disebutkan menerapkan hukum termodinamika untuk melakukan perpindahan kalor dan usaha. Pasti benda tersebut ada dong dirumah kalian? :) 

Sudah pasti bukan? 

Ikuti tulisan menarik evaline damanik lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Establishment

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Rabu, 10 April 2024 09:18 WIB

Terkini

Terpopuler

Establishment

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Rabu, 10 April 2024 09:18 WIB