Merdeka Belajar Bersama Rumah Belajar - Pendidikan - www.indonesiana.id
x

wiwin fida yanti

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 25 November 2021

Selasa, 30 November 2021 08:57 WIB

  • Pendidikan
  • Topik Utama
  • Merdeka Belajar Bersama Rumah Belajar

    Artikel ini berisi tentang pemanfaatan Portal Rumah Belajar untuk mendukung terlakasananya Program Merdeka Belajar.

    Dibaca : 60.345 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Merdeka Belajar bersama Rumah Belajar

    Merdeka Belajar merupakan salah satu bentuk revolusi pendidikan yang dibentuk oleh pemerintah melalui Kemendikbud bagi semua jenjang pendidikan mulai dari tingkat pendidikan dasar, menengah sampai tinggi sejak tahun 2019. Merdeka Belajar berbeda dengan kurikulum yang dipakai di Indonesia selama ini, konsep ini lebih mengutamakan kemampuan dan keunikan kognitif siswa yang artinya siswa dituntut untuk berpikir kritis dengan analisis yang benar. Kemampuan inilah yang dapat membantu siswa untuk membuat keputusan yang bijak dalam menyelesaikan masalah.

    Tujuan pemerintah membuat program Merdeka Belajar ini adalah  untuk mempersiapkan pendidikan di Indonesia menghadapi sistem pendidikan 4.0 supaya dapat berjalan dengan baik. Dalam sistem pendidikan 4.0 ini berbasis data technology yang artinya mengutamakan penggunaan teknologi dalam pelaksanaan pembelajaran. Salah satu teknologi di bidang pendidikan yang dikembangkan oleh Kemendikbud saat ini adalah Portal Rumah Belajar.

    Portal Rumah Belajar ini merupakan portal pembelajaran yang dibuat untuk memfasilitasi proses pembelajaran dalam bentuk bahan belajar yang dapat mendukung interaksi antar komunitas. Rumah Belajar ini adalah salah satu bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatk oleh guru dan siswa dari semua jenjang pendidikan mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA/SMK. Semua konten di dalam Rumah Belajar ini dapat diakses dan dimanfaatkan dengan gratis.

    Fitur – fitur di portal Rumah Belajar sangat bervariatif dan aplikatif dalam proses pembelajaran. Fitur – fitur Rumah Belajar dibagi menjadi 2 macam yaitu fitur utama dan fitur pendukung.

    Fitur Utama Rumah Belajar antara lain :

    1. Sumber Belajar
    2. Kelas Maya
    3. Bank Soal
    4. Laboratorium Maya

    Fitur Pendukung Rumah Belajar antara lain :

    1. Peta Budaya
    2. BUku Sekolah Elektronik
    3. Wahana Jelajah Angkasa
    4. Karya Bahasa dan Sastra
    5. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
    6. Blog Pena
    7. Edugame
    8. Augmented Reality

    Selain fitur utama dan fitur pendukung ada juga Sumber Belajar lainnya yang memiliki fitur yang sangat menarik yaitu Radio Edukasi, M-Edukasi, TV Edukasi dan Suara Edukasi.

    Pemanfaatan Portal Rumah Belajar sangat membantu dalam mendukung terlaksananya program Merdeka Belajar. Dalam pembelajaran di kelas, saya sering menggunakan fitur – fitur Rumah Belajar untuk membantu memudahkan siswa mencari informasi tentang materi yang sedang dipelajari.

    Salah satu pembelajaran yang saya lakukan dengan menggunakan Rumah Belajar adalah memanfaatkan fitur TV Edukasi untuk membantu siswa mengerjakan materi tentang mencari informasi penting melalui media elektronik. Dengan menggunakan TV Edukasi ini siswa dapat menganalisis video yang dilihat dan menuliskan informasi apa yang ada di dalam video tersebut. Setelah siswa menuliskan beberapa informasi penting di dalam TV Edukasi, mereka menyampaikan hasil analisinya kepada semua teman di depan kelas. Siswa yang lain boleh menyampaikan pendapat ataupun bertanya tentang informasi yang telah disampaikan oleh temannya. Disini siswa dituntu untuk berpikir secara kritis.

    Selain itu, memanfaatkan Portal Rumah Belajar dalam pembelajaran juga melatih siswa untuk menggunakan TIK dalam proses belajarnya. Mereka akan terbiasa menggunakan IT dalam belajar sehingga siap untuk menghadapi pembelajaran masa depan di era industri 4.0.

    siswa1

    siswa2

    siswa-siswa

    “Merdeka Belajar bersama Rumah Belajar, belajar di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja”.

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.