x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Selasa, 30 November 2021 14:40 WIB

Liputan Media ke Taman Bacaan, Apresiasi Aktivitas Literasi di Era Digital

Liputan media ke taman bacaan penting untuk mengangkat minat dan kegemaran membaca anak di era digital. Ke mana liputan media di taman bacaan?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sebagai kepedulian akan pentingnya tradisi baca di era digital, fotografer Kompas dan NurPhoto.com melakukan liputan foto ke Taman Bacaan Masyaralat (TBM) Lentera Pustaka di Desa Sukaluyu Kaki Gunung Salak Bogor (29/11/2021). Untuk menengok aktivitas membaca anak-anak dari kalangan keluarga prasejahtera dalam sudut-sudut foto yang menarik.

 

Diterima langsung oleh Syarifudin Yunus, Pendiri TBM Lentera Pustaka, kedua fotografer pun langsung menjepret aktivitas sejumlah anak yang sedang membaca buku dalam berbagai fose, seperti di ruang baca di saung baca, di kebun baca, di jalanan, dan saat interaksi dengan buku-buku. Liputan foto ini pun sebagai apresiasi terhadap taman bacaan mandiri (bukan pemerintah) dalam menggerakkan minat baca dan aktivitas literasi bagi anak-anak kampung.  Termasuk memotret koleksi buku-buku yang dipajang di rak buku. Agar anak-anak dapat memilih buku yang bervariasi dan tidak membosankan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Dengan gerakan literasi TBM Lentera Pustaka ini, diharapkan bisa semakin membuka wawasan pengetahuan sehingga menekan angka putus sekolah dan memberi kesadaran pentingnya pendidikan bagi masa depan di mata anak-anak setempat. Selain ruang baca utama, TBM Lentera Pustaka pun memiliki fasilitas kebun baca, saung baca, dan spot-spot foto untuk membaca di jalanan.

 

“Saya apresiasi kehadiran fotografer Kompas dan NurPhoto di TBM Lentera Pustaka sebagai bagian kepedulian media mengangkat taman bacaan dan gerakan literasi. Karenadi sini, buku-buku mampu menjadi mediasi untuk keberlanjutan pendidikan anak. Sebab tersedianya akses bacaan ke anak-anak” ujar Syarifudin Yunus, Pendiri TBM Lentara Pustaka di sela liputan.

 

Saat ini, TBM Lentera Pustaka memiliki koleksi lebih dari 6.000 buku. Saat berdiri 4 tahun lalu, hanya ada 14 anak yang membaca. Tapi kini ada 160 anak anak yang rajin membaca seminggu 3 kali (Rabu-Jumat-Minggu) dan berasal dari 3 desa (Sukaluyu, Tamansari, Sukajaya). Alhasil, rata-rata setiap anak mampu membaca 3-10 buku per minggu. Bahkan TBM Lentera Pustaka kini sudah jadi “rumah kedua” bagi anak-anak pembaca aktif. Selalu menunggu hari membaca tiba. Tidak hanya itu, TBM Lentera Pustaka pun melengkapi kegiatan literasi dengan program: 1) GEBERBURA (GErakan BERantas BUta aksaRA) dengan 9 warga belajar buta huruf, 2) KEPRA (Kelas PRAsekolah) dengan 26 anak usia prasekolah, 3) TBM Ramah Difabel dengan 3 anak difabel, dan 4) KOPERASI LENTERA dengan 31 ibu-ibu anggota koperasi simpan pinjam. Semua program itu ter-inspirasi dari buku-buku.

 

Selain itu, TBM Lentera Pustaka pun menjalankan program: DonBuk (Donasi Buku), RABU (RAjin menaBUng), LITDIG (LITerasi DIGital) untuk mengenalkan cara internet sehat, LITFIN (LITerasi FINansial), dan 12) LIDAB (LIterasi ADAb) untuk mengajarkan adab ke anak-anak seperti memberi salam, mencium tangan, berkata-kata santun, dan budaya antre. Tahun 2021 ini, TBM Lentera Pustaka pun terpilih 1 dari 30 TBM di Indonesia yang menggelar program “Kampung Literasi Sukaluyu” yang diinisiasi Direktorat PMPK Kemdikbudristek RI dan Forum TBM. Hal ini menyusul prestasi Pendiri TBM Lentera Pustaka yang meraih penghargaan "31 Wonderful People tahun 2021" kategori pegiat literasi dan pendiri taman bacaan dari Guardian Indonesia (September 2021) dan “Ramadhan Heroes” dari Tonight Show NET TV (Mei 2021), di samping menjadi sosok inspiratif dalam “Spiritual Journey” salah satu BUMN di Indonesia pada Oktober 2021 lalu.

 

TBM Lentera Pustaka pun memiliki komitmen untuk terus memajukan gerakan literasi dan aktivitas taman bacaan yang berkualitas di tengah tantangan era digital. Salam literasi #TamanBacaan #TBMLenteraPustaka #KampungLiterasiSukaluyu

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler