x

Iklan

Elfison Dahsananranca

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 25 November 2021

Minggu, 5 Desember 2021 08:24 WIB

Pendidikan dengan Paradigma Baru dalam Transformasi Digital

Pembelajaran berbasis digital dalam paradigma baru untuk merdeka belajar

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 

PENDIDIKAN DENGAN PARADIGMA BARU
DALAM TRANFORMASI DIGITAL

       Dalam menyongsong abad 21 dengan revolusi industri 4.0 serta perubahan kearah digital dan serba menggunakan teknologi. Perkembangan inilah yang mempunyai dampak hampir disetiap sektor, termasuk sektor pendidikan. Pendidikan yang mempunyai tantangan ke arah masa depan dan segala model yang harus dihadapi akan menjadi hal yang harus dipikirkan bagi Indonesia. Mengingat lambatnya pergeseran pendidikan di Indonesia dari paradigma lama ke paradigma baru. maka mutlak adanya digitalisasi teknologi dibidang pendidikan era revolusi industri. Tantangan ini harus disikapi dengan mengikuti serta menuntun kearah yang lebih baik. Salah satu strategi pendidikan yang digunakan untuk mengantisipasi hal tersebut melalui penguatan kompetensi transformasi digital (digital transformation) secara intensif dan masif.
     Sistem pembelajaran pada saat ini banyak menggunakan teknologi yang berbasis digital. Materi – materi pembelajaran dapat dengan mudah dan cepat diakses melalui media elektronik yang bisa dilakukan setiap saat. Munculnya teknologi digital sebagai salah satu media elektronik telah membentuk dan munculnya paradigma baru dalam proses belajar dan pengelolaan organisasi pendidikan Banyak hal yang kemudian berubah di abad 21 ini, percepatan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, sistem komunikasi seperti mudahnya akses internet menjadi salah satu ciri abad 21, dunia seakan-akan menjadi kecil dan berada dalam genggaman, apa yang terjadi di ujung dunia sana, akan dengan mudah diketahui oleh orang yang berada di ujung dunia yang lain, dalam waktu yang bersamaan, berbagai teknologi canggih yang pada intinya untuk mempermudah segala macam urusan manusia ditemukan, dikembangkan, dibuat dan dipakai oleh banyak orang dengan biaya yang sangat terjangkau.
      Pemanfaatan teknologi yang membantu dalam tercapainya tujuan pendidikan. Tranformasi digital yang berkembang membuat paradigma baru akan muncul dalam penerapan pendidikan dengan visi dan misi untuk jangka panjang, menengah dan pendek. Semua ini harus dipikirkan agar pendidikan bisa mengikuti perkembangan zaman dan sesuai tuntutan pada era digital pada saat ini. Perubahan ini menjadi cara untuk kita berusaha mencapai sesuai dengan road map pendidikan menuju Indonesia Emas dengan tetap memperhatikan budaya dan karakter bangsa. Bukan hanya skill yang diperlukan tetapi yang sikap dan perilaku juga menjadi tolak ukur yang tinggi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan


     Teknologi informasi semakin hari semakin banyak perubahan seiringan dengan perubahan zaman. Kompetensi semakin berkembang. Perkembangan inilah yang menjadikan insan pendidikan berusaha untuk bisa menatap masa depan yang lebih baik. Masa lalu jangan dilupakan, masa yang akan datang jangan diabaikan.

Ikuti tulisan menarik Elfison Dahsananranca lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler