Cara Mendekati Kenaikan Berat Badan Pacar Anda - Urban - www.indonesiana.id
x

ilustr: Everyday Health

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 4 Desember 2021 10:51 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Cara Mendekati Kenaikan Berat Badan Pacar Anda

    Hal terpenting yang perlu diingat adalah bagaimana topik ini dapat membuat pacar Anda merasa, dan dampak jangka panjang yang dapat ditimbulkan oleh komentar Anda terhadapnya dan hubungan Anda. Pikirkan tentang apa yang ingin Anda capai dengan berbicara dengannya tentang berat badannya. Apakah itu untuk keuntungan Anda sendiri atau untuknya? Mengapa itu sangat penting bagi Anda?

    Dibaca : 1.090 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Tidak banyak topik pembicaraan yang lebih canggung daripada penambahan berat badan, terutama dengan pacar Anda.

    Pria telah diajari bahwa tipikal "Apakah aku terlihat gemuk dengan ini?" pertanyaan harus selalu dijawab dengan "tidak" yang tegas dan instan, tidak peduli apa yang sebenarnya mereka pikirkan.

    Tetapi apa yang Anda lakukan jika pacar Anda bertambah gemuk dan menurut Anda itu mulai memengaruhi hubungan Anda?

    Bukan masalah yang akan dibicarakan banyak pria karena takut disebut seksis atau dituduh melakukan body shaming.

    Jadi haruskah Anda mencoba?

    Hal terpenting yang perlu diingat adalah bagaimana topik ini dapat membuat pacar Anda merasa, dan dampak jangka panjang yang dapat ditimbulkan oleh komentar Anda terhadapnya dan hubungan Anda.

    Pikirkan tentang apa yang ingin Anda capai dengan berbicara dengannya tentang berat badannya. Apakah itu untuk keuntungan Anda sendiri atau untuknya? Mengapa itu sangat penting bagi Anda?

    Jika Anda tidak yakin bagaimana perasaan Anda saat ini dan Anda khawatir tentang bagaimana menghadapi situasi, teruslah membaca untuk membantu mengatur pemikiran Anda dan memutuskan apakah ini benar-benar percakapan yang Anda inginkan.

    1. Jangan merasa bersalah karena memperhatikan kenaikan berat badannya.

    Fakta bahwa Anda telah memperhatikan dan berpikir tentang pacar Anda yang bertambah gemuk mungkin membuat Anda merasa bersalah.

    Anda bertanya-tanya apa artinya ini dan apakah Anda tidak mencintainya sebanyak yang Anda kira karena hal semacam ini seharusnya tidak penting, bukan?

    Berfokus pada berat badan itu sia-sia, menurut Anda, dan Anda harus mencintainya lebih dari sekadar penampilannya.

    Yah, itu benar. Tetapi pada saat yang sama, Anda bukan orang jahat karena memperhatikan perubahan penampilan fisiknya. Bagaimana Anda bereaksi terhadapnya yang diperhitungkan.

    Apakah Anda memperhatikan karena alasan egois? Apakah Anda ingin dia terlihat lebih baik untuk Anda, atau apakah Anda khawatir apa yang orang lain pikirkan ketika mereka melihat Anda bersama?

    Atau apakah Anda memperhatikan karena Anda khawatir dia tidak bahagia dan ada masalah mendasar yang menyebabkan dia bertambah gemuk.

    Pasangan harus bisa jujur satu sama lain, tetapi Anda harus selalu mengutamakan perasaannya. Anda bukan orang jahat, tetapi pikirkan sebelum Anda menyebutkannya dan putuskan apakah Anda bertindak untuk keuntungannya atau untuk keuntungan Anda.

    2. Jadikan itu masalah 'kita', bukan masalah 'kamu'.

    Jika kekhawatiran Anda tentang berat badan pacar Anda berasal dari kekhawatiran yang tulus akan kesehatan atau keadaan pikirannya, maka menangani masalah ini sebagai sebuah tim bisa menjadi cara terbaik untuk mengatasinya.

    Alih-alih berfokus padanya, coba sarankan Anda berdua mulai makan lebih baik atau berolahraga lebih banyak. Anda bisa mulai dengan merencanakan kencan yang melibatkan lebih banyak aktivitas fisik, seperti hiking atau olahraga.

    Cobalah membantu dengan bertanggung jawab atas toko makanan mingguan dan memasak lebih banyak, sehingga Anda dapat memastikan bahwa Anda memperbaiki kedua pola makan Anda.

    Dengan melakukan ini, Anda mungkin tidak perlu mengemukakan fakta bahwa menurut Anda berat badan pacar Anda bertambah.

    Jadikan gaya hidup yang lebih sehat sebagai prioritas Anda berdua dan tidak ada yang merasa menjadi sasaran. Sebaliknya, Anda bekerja untuk mendorong dan mengangkat satu sama lain untuk menjadi versi terbaik dari diri Anda sendiri.

    3. Pastikan dia tahu Anda mencintainya.

    Jika Anda akan mengomentari pengalaman fisiknya, dan terutama tentang masalah berat badan yang sensitif, Anda perlu memastikan pacar Anda merasa aman dan nyaman dalam cinta Anda padanya.

    Begitu Anda menyebutkan kenaikan berat badannya – bahkan ketika dilakukan dengan cara yang paling sensitif – kemungkinan besar akan memengaruhi kepercayaan dirinya dan kepercayaannya terhadap perasaan Anda terhadapnya.

    Apa pun yang Anda katakan kepadanya harus diawali dengan fakta bahwa Anda mencintainya apa pun yang terjadi, dan selama dia bahagia, Anda pun bahagia.

    Jangan menunggu untuk mulai memberikan pujian. Jika Anda melakukan ini, apa pun yang baik yang Anda katakan akan terlihat tidak tulus jika itu melunakkan subjek berat badannya. Lebih buruk dari ini, dia mungkin merasa sulit untuk memercayai pujian apa pun yang Anda berikan padanya di masa depan, mengaitkannya dengan percakapan negatif ini.

    Selalu penting untuk memastikan pasangan Anda tahu betapa Anda peduli padanya, jadi jangan menunggu untuk mengingatkan pacar Anda bahwa Anda mencintai dan menghargainya.

    Jika Anda akan membahas topik yang sulit, setidaknya pastikan pacar Anda merasa dicintai dan tahu bahwa Anda tidak meninggalkannya karena hal itu.

    4. Pilih saat yang tepat untuk melakukan percakapan.

    Sepertinya tidak pernah ada waktu yang tepat untuk melakukan percakapan yang canggung, dan pada kenyataannya, tidak ada. Tapi itu tidak berarti bahwa beberapa momen tidak lebih baik dari yang lain.

    Misalnya, memilih saat pacar Anda baru saja makan besar atau tidak sehat bukanlah pilihan yang baik. Juga bukan saat dia merasa sangat sensitif atau sadar diri.

    Cobalah untuk tidak membicarakan percakapan yang sulit tepat sebelum Anda pergi ke suatu tempat tanpa dia, atau pergi tidur. Jika tidak, Anda akan membuatnya kesal dengan informasi tersebut, dan tidak dapat mendiskusikannya dengan Anda.

    Jika Anda ingin mengangkat topik tersebut, cobalah untuk menyebutkannya dengan santai ketika hanya Anda berdua. Jangan langsung mengatakan, “jadi aku perhatikan berat badanmu bertambah.” Cobalah untuk menjadi halus.

    Lebih penting lagi, pikirkan bagaimana perasaan Anda saat itu jika dia mengatakan kepada Anda apa yang akan Anda katakan padanya. Jika Anda pikir Anda akan terluka, pertimbangkan untuk menunggu waktu yang lebih baik. Tetapi mungkin tidak ada waktu yang lebih baik, jadi jangan menunda percakapan selamanya jika itu yang Anda rasa perlu Anda lakukan.

    5. Periksa bagaimana perasaannya – ada lebih banyak penambahan berat badan daripada makanan.

    Seringkali, kenaikan atau penurunan berat badan sama pentingnya dengan kesehatan mental seseorang seperti halnya kesehatan fisiknya.

    Makan berlebihan atau makan yang nyaman bisa menjadi tanda stres atau perilaku merusak diri sendiri, yang pada gilirannya dapat disebabkan oleh sejumlah masalah berbeda.

    Sebelum Anda menyebutkan berat badannya, periksa untuk melihat bagaimana perasaannya. Apakah ada yang ingin dia bicarakan atau butuh dukungan?

    Jika dia berada di bawah banyak tekanan, baik dari pekerjaan atau rumah, makan yang nyaman mungkin merupakan cara baginya untuk mengatasi kecemasannya yang meningkat, kurang percaya diri, atau suasana hati yang rendah.

    Sebagai pasangannya, adalah tugas Anda untuk berada di sana untuk mendukungnya melalui saat-saat baik dan buruk.

    Bahkan mungkin ada elemen hubungan Anda yang belum Anda sadari berkontribusi pada perilakunya. Mengetahui bahwa Anda ada di sana untuk mendengarkannya dan mendukungnya dengan apa pun yang dia alami akan jauh lebih bermanfaat daripada mengangkat berat badannya sebagai masalah lain yang harus dia fokuskan.

    6. Tubuh berubah seiring waktu – biasakan!

    Kita semua menua. Ini adalah fakta kehidupan. Dan kita semua menua pada tingkat yang berbeda dan dengan cara yang berbeda satu sama lain.

    Hormon dapat merusak tubuh kita dan akan memiliki efek yang berbeda pada pria dan wanita. Sebagai masyarakat, kita terpaku pada mempertahankan masa muda kita selama mungkin, tetapi bertambahnya usia adalah sesuatu yang tidak dapat dihindari dan harus dicoba oleh siapa pun di antara kita.

    Jika pacar Anda tidak berbentuk 20-an yang Anda ingat saat pertama kali bertemu, itu karena dia bukan orang itu lagi.

    Seiring bertambahnya usia, akan lebih sulit bagi sebagian orang untuk menjaga berat badan dan mempertahankan bentuk tubuh mereka karena metabolisme mereka melambat. Cedera yang diderita saat lebih muda juga dapat mempersulit beberapa orang untuk mempertahankan tingkat olahraga yang pernah mereka nikmati.

    Pada saat yang sama, hidup mungkin telah berjalan untuk pacar Anda. Dia mungkin berada di bawah tekanan lebih dalam pekerjaannya, atau sibuk merawat anak-anak. Akan semakin sulit untuk mempertahankan pola makan dan olahraga yang teratur ketika ada gangguan dan tanggung jawab terus-menerus yang datang seiring bertambahnya usia.

    Pastikan Anda tidak memegang pacar Anda dengan standar yang tidak realistis. Kita semua menua, hidup terus berjalan, dan sebagai pasangan, prioritas utama Anda harus menikmati semua waktu yang Anda miliki bersama, bukan melihat lingkar pinggang satu sama lain.

    7. Pikirkan tentang apa yang dia berikan kepada Anda.

    Jika Anda berfokus pada berat badan pacar Anda dan dia adalah ibu dari anak-anak Anda, maka Anda perlu memikirkan kembali prioritas Anda.

    Tidak masalah seberapa besar dia sebelum memiliki anak, jika dia bertambah berat badan sejak itu dan tidak dapat menurunkannya, atau tidak peduli untuk kehilangannya, maka Anda juga tidak boleh melakukannya.

    Sulit bahkan untuk memahami perubahan luar biasa yang dialami tubuh wanita selama kehamilan dan setelah melahirkan. Hanya karena orang memiliki bayi sepanjang waktu tidak membuatnya menjadi keajaiban.

    Dia diberikan kendali atas tubuhnya untuk menumbuhkan anak Anda, dan untuk itu Anda hanya perlu bersyukur. Sudah ada begitu banyak tekanan pada ibu untuk 'bangkit kembali' dan menjadi orang tua yang sempurna sambil juga sukses dengan caranya sendiri. Dia sudah akan merasakan beban dari semua tekanan ini tanpa Anda menambahkannya.

    Jika berat badannya bertambah sejak memiliki anak, maka satu-satunya hal yang harus Anda fokuskan adalah keluarga yang Anda miliki bersama. Cintai dia atas apa yang dia berikan kepada Anda dan rayakan tubuh yang mewujudkannya.

    8. Apakah ketertarikan Anda hanya sebatas kulit?

    Tentu saja kita berharap untuk secara fisik tertarik pada pasangan kita. Tanpa ketertarikan, chemistry seksual untuk menjaga agar percikan itu tetap menyala lebih sulit didapat.

    Tetapi seberapa penting penampilan pacar Anda bagi Anda? Mengapa Anda sangat peduli jika dia bertambah gemuk? Mengapa hubungan Anda akan berbeda jika dia berukuran lain?

    Pada akhirnya, berapa pun ukurannya, pacar Anda tetaplah orang yang sama seperti dulu. Jika Anda khawatir tentang bagaimana berat badannya memengaruhi ketertarikan Anda padanya, apakah perasaan Anda padanya lebih dangkal daripada yang Anda sadari?

    Jika Anda benar-benar jatuh cinta, penampilan fisik seharusnya hanya menjadi bagian kecil dari alasan Anda bersama. Semua tubuh kita berubah seiring bertambahnya usia – termasuk tubuh Anda – tetapi kepribadian dan hati seseorang tetap sama.

    Jatuh cinta dengan siapa seseorang sebagai pribadi adalah apa yang akan membuat hubungan Anda tetap hidup, bukan seberapa baik dia merias wajah atau ukuran pakaiannya.

    Pastikan Anda tidak membiarkan kesombongan Anda menghalangi hubungan Anda, jika tidak, tidak ada hal baik yang akan bertahan lama.

    9. Jangan munafik.

    Jika Anda akan mengambil risiko dan melakukan percakapan yang sulit dengan pacar Anda tentang berat badannya, maka Anda harus benar-benar yakin bahwa Anda sendiri tidak dapat dicela di departemen itu.

    Anda tidak dapat mengharapkan pacar Anda tertarik pada diet dan olahraganya jika Anda tidak tertarik dengan diet Anda. Bahkan jika Anda cukup beruntung untuk berada dalam kondisi alami yang baik tanpa banyak usaha, tidak adil untuk menahan pacar Anda dengan standar yang sama dengan yang secara genetik Anda nikmati.

    Kecuali jika Anda tertarik secara aktif dalam menjaga diri sendiri, maka Anda tidak berhak mempertanyakan kebiasaan pacar Anda. Jangan menjadi munafik dan perhatikan baik-baik gaya hidup Anda sendiri sebelum Anda mulai mempertanyakan gaya hidupnya.

    10. Dia sudah tahu bahwa berat badannya bertambah.

    Wanita tidak bodoh. Dia mungkin bertingkah seolah-olah tidak ada yang berubah, tetapi tidak ada kemungkinan sedikit pun bahwa pacar Anda belum tahu bahwa dia bertambah gemuk, bahkan tanpa Anda atau orang lain menyebutkannya.

    Dia tahu tubuhnya lebih baik daripada orang lain dan dia akan tahu begitu dia naik ukuran, kemungkinan besar bahkan sebelum Anda menyadarinya.

    Ingatlah hal ini jika Anda ingin membicarakan topik ini dengannya. Tidak ada yang lebih buruk daripada diberi tahu sesuatu yang sudah Anda ketahui dan itu bisa dianggap menggurui dan membuatnya defensif.

    Apa yang harus Anda fokuskan, daripada memberi tahu dia bahwa dia bertambah gemuk, adalah mengapa dia tidak menyebutkan apa pun tentang hal itu. Bisa jadi dia merasa seperti dia kehilangan kendali atas situasi dan membutuhkan dukungan dari Anda, secara mental atau fisik, untuk mulai merasa lebih baik dan lebih mengendalikan hidup dan tubuhnya lagi. Bisa juga karena dia bahagia dengan apa adanya dan tidak ingin berubah.

    Dia tidak perlu 'diberitahu' bahwa dia bertambah gemuk; dia hanya perlu tahu bahwa Anda menginginkan yang terbaik untuknya, apakah itu mendukungnya untuk membuat perubahan positif dalam gaya hidupnya atau membiarkannya tetap seperti apa adanya.

    11. Jangan biarkan terlambat untuk mengatakan sesuatu jika perlu.

    Itu akan selalu menjadi topik yang rumit, dan lebih sering daripada tidak, hal terbaik yang harus dilakukan adalah tidak membicarakan kenaikan berat badan pacar Anda.

    Tetapi jika Anda mencintainya dan ingin bersamanya, dan perubahan yang Anda lihat dalam dirinya mengkhawatirkan Anda dan menciptakan jarak di antara Anda, jangan menunggu sampai terlambat untuk mengatakan sesuatu.

    Mungkin Anda hanya perlu tahu apakah dia bahagia dengan dirinya sendiri atau apakah kenaikan berat badan ini merupakan tanda bahwa dia kesal dan membutuhkan dukungan. Sampai Anda tahu, ketidakpastian akan membebani pikiran Anda dan memengaruhi cara Anda bertindak di sekitar satu sama lain.

    Bahkan jika dia tidak mengatakan apa pun kepada Anda, dia akan memperhatikan jika Anda menarik diri darinya dan mungkin khawatir bahwa ada alasan yang jauh lebih buruk untuk perilaku Anda.

    Kurangnya komunikasi dapat menjadi akhir dari suatu hubungan, jadi jika Anda memiliki sesuatu untuk dikatakan, keluarlah sebelum itu menjadi masalah yang lebih besar daripada yang seharusnya.

    12. Bisakah Anda bahagia jika dia bahagia?

    Apa pun yang Anda rasakan tentang kenaikan berat badan pacar Anda, pada akhirnya hal utama yang harus diingat adalah bahwa itu adalah tubuhnya.

    Anda mungkin menjalin hubungan dengannya, tetapi Anda tidak memilikinya, dan itu adalah pilihannya untuk terlihat dan hidup dengan gaya yang dia inginkan.

    Kecantikan sejati seseorang berasal dari kepercayaan diri dan kepositifannya. Anda bisa menjadi orang yang paling menyenangkan secara estetika di dunia, tetapi jika Anda penuh dengan hal-hal negatif, Anda tidak akan pernah cantik luar dan dalam.

    Ya, pacar Anda telah menambah berat badan. Terus? Apakah kepribadiannya masih bersinar? Apakah dia percaya diri dalam memamerkan sosok lekuk tubuhnya?

    Kepositifan tubuh adalah salah satu pesan paling penting untuk dipromosikan dalam masyarakat modern, jadi jika pacar Anda senang dengan kulitnya, maka Anda seharusnya hanya membangunnya, tidak menghancurkannya agar sesuai dengan ide Anda tentang bagaimana bentuk tubuhnya seharusnya. menjadi.

    Setiap orang cantik jika dia mencintai tubuhnya, dan jika dia mencintai tubuhnya maka Anda juga harus.

    13. Apakah Anda bersedia kehilangan dia karena ini?

    Tidak ada cara untuk menghindarinya, berat badan adalah subjek yang sensitif, terutama ketika itu ditujukan pada pacar Anda.

    Dengan keinginan terbaik di dunia, bahkan jika Anda bermaksud baik dan mengangkat subjek selembut mungkin, dia mungkin masih bereaksi buruk – dan seberapa buruk Anda tidak pernah tahu pasti.

    Jika semuanya berjalan ke selatan dan apa yang ingin Anda katakan tidak muncul dengan cara yang benar, atau masalah tersebut menjadi titik lekat di antara Anda, itu bisa mendorong hubungan Anda ke titik tidak bisa kembali.

    Sebelum Anda menyebutkan apa pun, pikirkan apakah Anda bersedia mengambil risiko kehilangan dia karena kenaikan berat badannya.

    Apakah sudah waktunya Anda terbiasa dengan kenyataan bahwa hidup telah berubah sejak Anda pertama kali bersama dan tubuh Anda telah berubah?

    Bisakah Anda berhenti mengkhawatirkannya karena ukurannya yang lebih kecil dan menghargai bahwa dia terlihat bagus dalam bentuk apa pun?

    Apakah Anda benar-benar rela kehilangan orang yang luar biasa ini dan masa depan yang bisa Anda bagi bersama karena ukuran tubuhnya?

    Pikirkan baik-baik dan cobalah untuk menempatkan perasaan Anda ke dalam perspektif. Ya, berat badannya bertambah, tetapi apakah itu pemecah masalah bagi Anda? Dan jika ya, apakah yang Anda miliki bersama benar-benar sekuat yang Anda kira?

    Ekspektasi tubuh yang tidak realistis adalah tekanan yang sangat nyata bagi wanita dari segala usia di seluruh dunia. Standar kecantikan masih mempromosikan cita-cita yang tidak dapat dicapai bagi kebanyakan wanita dan itu adalah subjek yang menjadi obsesi banyak gadis.

    Anda tidak akan pernah sepenuhnya menyadari tekanan yang diberikan wanita pada diri mereka sendiri setiap hari karena ekspektasi sosial yang tidak adil. Itulah mengapa berat badan adalah masalah yang sulit untuk diangkat, dan itulah mengapa Anda harus yakin bahwa Anda berasal dari tempat yang tepat jika Anda memilih untuk membicarakannya dengan pacar Anda.

    Apakah Anda benar-benar khawatir bahwa dia baik-baik saja atau dapatkah Anda melakukannya dengan sedikit lebih positif terhadap tubuh?

    Berapa pun ukurannya, dia tetaplah dia, dan Anda harus bisa mencintai dan menghargai dia apa adanya jika hubungan yang Anda miliki tulus.

    Jika kekhawatiran Anda adalah tentang kesehatan, maka itu bukanlah sesuatu yang perlu dicemaskan; kita semua bisa berbuat lebih banyak untuk memastikan kita menjaga tubuh dan pikiran kita dalam kondisi terbaik.

    Tetapi Anda berdua harus ingin membuat perubahan positif jika itu akan terjadi. Anda tidak bisa hanya berharap lebih dari dia saja. Tujuan Anda seharusnya bukan agar pacar Anda 'menurunkan berat badan' tetapi lebih untuk memastikan Anda berdua merawat tubuh Anda dengan cara yang benar.

    Jika Anda benar-benar mencintai pacar Anda, maka ukuran tubuhnya seharusnya tidak menjadi masalah. Ini adalah tubuhnya dan hidupnya untuk hidup sesukanya, dan yang paling penting adalah dia merasa percaya diri.

    Jika Anda tidak yakin bagaimana harus bereaksi terhadap kenaikan berat badannya, ikuti petunjuknya dan cobalah mendidik diri sendiri untuk memiliki pola pikir yang lebih positif dan inklusif terhadap tubuh. Berat badan kita tidak menentukan siapa diri kita, jadi cobalah untuk tidak terlalu terjebak dalam estetika, karena orang di dalamnyalah yang diperhitungkan.

    ***
    Solo, Sabtu, 4 Desember 2021. 6:33 am
    'salam sehat penuh cinta'
    Suko Waspodo
    suka idea
    antologi puisi suko



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.