x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Rabu, 15 Desember 2021 14:43 WIB

Sambut Tahun 2022, Serba Tiga Hal yang Harus Diperhatikan Taman Bacaan

Tahun 2022 segera tiba, apa yang berubah? Inilah arti filosofi angka 3 di TBM Lentera Pustaka

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kata pepatah bijak, ada tiga hal yang tidak bisa lama-lama disembunyikan, yaitu matahari, bulan, dan kebenaran. Maka hingga kapanpun, kebenaran akan terkuak. Sekalipun awalnya ditutup-tutupi siapapun.

 

Angka 3 itulah yang selalu menginspirasi TBM Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor. Karena taman bacaan di mana pun, sejatinya harus bertumpu pada 3 hal agar tidak “mati suri”. Yaitu 1) harus ada anak, 2) harus ada buku, dan 3) harus punya komitmen sepenuh hati bagi pengelolanya. Tanpa 3 hal tersebut, taman bacaan pasti terseok-seok. Alias “ada tapi tiada”.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Sepanjang tahun 2021 pun, TBM Lentera Pustaka disponsori 3 CSR korporasi dari 1) Asuransi Jiwa Tugu Mandiri, 2) Bank Sinarmas, dan 3) Pacific Life Insurance sebagai mitra kolaborasi demi tegaknya tradisi baca dan budaya literasi masyarakat. Dan insya Allah tahun 2022 pun, akan ada 3 CSR korporasi yang akan menjadi sponsor untuk membiayai operasional TBM Lentera Pustaka.

 

Hingga saat ini, aktivitas dan program literasi di TBM Lentera Pustaka terus berkembang. Mulai dari 1) TABA (Taman BAcaan) dengan 160 anak yang rajin membaca seminggu 3 kali (Rabu-Jumat-Minggu) dan berasal dari 3 desa (Sukaluyu, Tamansari, Sukajaya), 2) GEBERBURA (GErakan BERantas BUta aksaRA) dengan 9 warga belajar buta huruf, 3) KEPRA (Kelas PRAsekolah) dengan 26 anak usia prasekolah, 4) TBM Ramah Difabel dengan 3 anak difabel, 5) KOPERASI LENTERA dengan 31 ibu-ibu anggota koperasi simpan pinjam, 6) YAtim BInaan (YABI) dengan 14 anak yatim, dan 7) JOMBI (JOMpo BInaan) dengan 8 kaum jompo yang dibina. Tidak kurang dari 250 orang menjadi penerima layanan literasi TBM Lentera Pustaka setiap minggunya.

 

Angka 3 memang sakral di taman bacaan. taman bacaan yang terus bergerak dan menebar kebaikan. Atas nama kemanusiaan, atas nama pengabdian. Bila begityu orientasinya, maka taman bacaan pun akan mendapatkan 3 hal: kepercayaan, cinta dan rasa hormat.

 

Taman bacaan memang sosial. Tapi taman bacaan pun harus dikelola secara professional. Agar taman bacaan jadi lebih asyik dan menyenangkan. Karena itu, taman bacaan di mana pun harus berpegang pada “filosofi angka tiga”. Bahwa dalam berbagai hal kehidupan, ada 3 hal yang harus dijadikan pedoman.

 

Bahwa dalam hidup, ada 3 hal yang “tidak akan bisa kembali”, yaitu waktu, kata-kata, dan kesempatan. Bahwa dalam hidup itu, ada 3 hal yang “bisa menghancurkan”, yaitu kemarahan, kesombongan, dan dendam. Bahwa dalam hidup, ada 3 hal yang “tidak boleh dilupakan”, yaitu harapan, keikhlasan, dan kebaikan. Bahwa dalam hidup siapapun, ada 3 hal yang “harus dimiliki”, yaitu perubahan, pilihan, dan prinsip. Bahwa dalam hidup, ada 3 hal yang “tidak pasti”, yaitu kekayaan, kesuksesan, dan mimpi.

 

Maka dalam hidup siapapun, ada 3 karakter penting yang harus dijunjung tinggi, yaitu 1) ikhlas, 2) tulus, dan 3) syukur. Dan tengoklah di luar sana, bila ada orang-orang yang masih berkeluh-kesah, gibah, fitnah, bahkan menyalahkan orang lain. Dapat dipastikan mereka sudah kehilangan sifat ikhlas, tulus, dan jujur. Hingga hidupnya menjadi cepat lelah. Karena lebih suka membandingkan segala kekurangannya dengan kelebihan orang lain. Hidup dianggap sebagai beban, bukan anugerah.

 

Di taman bacaan, tidak usah muluk-muluk. Mulailah dengan angka 3. Bikin 3 aktivitas utama, kerjakan 3 program utama, dan rumuskan 3 tujuan utama. Tidak usah banyak-banyak, jangan pula terlalu sedikit.

 

Tahun 2022 segera tiba. Lalu, apa 3 hal yang sudah disiapkan agar menjadi lebih baik lagi. Inilah momen untuk menambah kapasitas kebaikan dan kepedulian kepada sesama. Sekalipun melalui taman bacaan. Salam literasi #TamanBacaan #PegiatLiterasi #TBMLenteraPustaka

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler