3 Pelajaran Berharga dari Sosok Ibu dalam Mengatur Keuangan - Urban - www.indonesiana.id
x

Dhea

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Selasa, 21 Desember 2021 16:44 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • 3 Pelajaran Berharga dari Sosok Ibu dalam Mengatur Keuangan

    22 Desember adalah hari yang sangat istimewa, dimana tanggal ini telah didedikasikan untuk memperingati Hari Ibu di Indonesia

    Dibaca : 882 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    22 Desember adalah hari yang sangat istimewa, dimana tanggal ini telah didedikasikan untuk memperingati Hari Ibu di Indonesia. 22 Desember ini dipilih sebagai Hari Ibu karena bertepatan dengan diselenggarakannya Kongres Perempuan I pada 22 Desember 1928.

    Hari Ibu ini dicanangkan sebagai upaya membangun kesadaran para perempuan Indonesia supaya memperjuangkan hak-haknya. Penetapan Hari Ibu ini dilakukan pada masa Presiden Soekarno melalui Keputusan Presiden Nomor 316 tahun 1959.

    Sosok ibu dalam keluarga memiliki peran sentral. Setiap kita tentu mengalami bagaimana sosok ibu itu tak hanya cekatan dalam mengurusi rumah, tetapi juga jadi role model dalam pengelolaan keluarga.

    Dengan kemampuan mengelola keuangan yang dipunyai, sosok ibu berupaya memastikan bahwa semua kebutuhan anggota keluarga akan terpenuhi dengan baik. Tak mengherankan, dalam pengelolaan keuangan mereka ini menjadi role modelnya bagi putra-putrinya.

    Lantas apa saja pelajaran berharga yang bisa diteladani dari sosok ibu dalam hal pengelolaan keuangan di hari istimewa Hari Ibu 2021 ini? Berikut ini 3 pelajaran keuangan berharganya:

    1. Membuat Pos Anggaran

    Pelajaran berharga yang bisa diteladani dari sosok ibu dalam hal mengelola keuangan keluarga adalah kemampuan bijaknya dalam membuat pos anggaran. Rumus umum yang biasa dipakai dalam mengelola uang, yakni metode 40-30-20-10 dari pemasukan selama sebulan yang terdiri atas pemenuhan kebutuhan sehari-hari, cicilan (bayar utang), tabungan atau investasi dan gaya hidup (sosial). Yang termasuk kebutuhan sehari-hari ini ada biaya rumah tangga, transportasi hingga biaya makan, lalu cicilan (utang) ini biasanya mencakup cicilan rumah, kredit, telepon, air dll.

    Cicilan (utang) sebesar 30% ini juga mengindikasikan bahwa yang namanya utang itu tidak dilarang. Utang itu tidak dilarang, namun tentu harus realistis kemampuan mengembalikannya atau menyicilnya. Adapun jumlah utang ideal yang nggak akan merusak keuangan keluarga maksimal 30% dari pendapatan bulanan.

    Sementara itu untuk tabungan atau investasi ini biasanya ibu yang bijak langsung menyisihkannya di awal-awal saat mendapatkan uang, sementara uang sosial bisa digunakan untuk makan keluar bersama keluarga atau nonton film bareng keluarga ke bioskop dan sebagainya. Pada intinya, pelajaran berharga dari figur ibu dalam hal penganggaran ini biasanya dari dana yang terbatas biasanya tetep saja tercukupi semuanya.


    2. Melakukan Evaluasi Bulanan

    Salah satu kemampuan figur ibu yang tak banyak diketahui anggota keluarga adalah kemampuannya untuk mengevaluasi keuangan bulanan secara diam-diam. Evaluasi ini tentu saja untuk melihat keseimbangan keuangan terkait pemasukan dan pengeluaran. Evaluasi ini dilakukan untuk mengetahui metode pengaturan uangnya sudah bagus atau belum.

    Jikalau metode yang diterapkan tidak sesuai dengan harapan sehingga mengacaukan kondisi keuangan keluarga maka mau tidak mau ibu yang bijak biasanya secara otomatis melakukan review dan skala prioritas. Hal ini dilakukan agarsemua kebutuhan anggota keluarga terpenuhi dengan baik.


    3. Mencari Pemasukan Tambahan

    Pelajaran berharga lainnya adalah keuletan sosok ibu dalam mencari pemasukan tambahan. hal ini bukan tidak mungkin dilakukan di tengah-tengah kesibukannya sebagai seorang ibu. Menariknya, berbagai peluang untuk mendatangkan tambahan pemasukan biasanya dicoba di tengah-tengah kesibukannya yang harus dijalankan sebagai ibu yang mengurus keluarga.

    Salah satu cara mendapatkan pemasukan tambahan yakni dengan mengalokasikan dana tabungan (investasi) di platform investasi reksa dana yang sudah sangat mudah dilakukan, semisal dengan platform IPOTFund milik Indo Premier Sekuritas yang sudah disematkan di aplikasi IPOT. Investasi reksa dana yang mendatangkan pemasukan tambahan sangat berguna untuk kestabilan keuangan keluarga. Selamat Hari Ibu 2020!

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.