x

Ilustrasi vaksin covid-19.

Iklan

Sri Kunthhi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Agustus 2020

Sabtu, 25 Desember 2021 05:53 WIB

Kilas Balik 3 Kegiatan Vaksinasi Covid-19 yang Dilakukan IMIP di 2021

Vaksinasi di masa pandemi Covid-19 senyatanya tidak hanya untuk melindungi diri sendiri namun juga melindungi sesama. Dan PT IMIP (Indonesia Morowali Industrial Park) selaku pelaku industri di Morowali, Sulawesi Tengah menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 atau vaksinasi gotong royong yang dilaksanakan secara menyeluruh, tidak hanya kepada karyawannya namun juga tenaga kesehatan yang bekerja.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sebagai upaya mendukung pemerintah dalam penanggulangan penyebaran virus Covid-19, PT IMIP (Indonesia Morowali Industrial Park) selaku pelaku industri di Morowali, Sulawesi Tengah menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 atau vaksinasi gotong royong yang dilaksanakan secara menyeluruh, tidak hanya kepada karyawannya namun juga tenaga kesehatan yang bekerja.

Terlebih, setelah adanya Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 tahun 2021 tentang vaksinasi gotong royong. Vaksinasi ini dikhususkan kepada para karyawan dan karyawati. Seluruh pendanaannya ditanggung oleh badan hukum atau badan usaha.

42.500 Karyawan IMIP yang Divaksin

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Karyawan IMIP diketahui berjumlah 42.500. Manager Human Resource Development (HRD) PT IMIP, Achmanto Mendatu mengatakan pembagian vaksinasi Covid-19 dalam batch (tahapan) dilakukan demi tidak memunculkan kerumunan serta menyesuaikan pada jam kerja karyawan. IMIP pun diketahui membagi dua tahap vaksinasi untuk karyawannya.

Sebelum memvaksinasi seluruh pekerjanya, PT IMIP terlebih dahulu memberikan vaksinasi kepada 104 tenaga kesehatan, dari mulai dokter, perawat, analis serta tenaga kesehatan lainnya, yang bertugas di klinik PT IMIP pada 8-9 Februari 2021 silam.

Pada tahap pertama, IMIP mendapatkan 11.540 botol vaksin. Vaksin ini diberikan kepada 5.770 karyawan sebanyak dua kali, sesuai dosis yang dianjurkan. Vaksin tahap pertama dilakukan pada tanggal 24 Mei 20201 dan tahap kedua selesai pada bulan Juli 2021.

Dan pada tahap II vaksinasi, PT IMIP menerima kurang lebih sebanyak 72.960 botol vaksin yang diperuntukkan bagi 36.480 karyawan. Vaksinasi tahap II IMIP diketahui dimulai pada 6 Juli 2021.

Pada Oktober 2021, vaksinasi tahap II IMIP dikabarkan sudah mencapai 90%. Sebanyak 39.784 karyawan IMIP telah rampung divaksinasi. Sedangkan untuk TKA (Tenaga Kerja Asing) yang berjumlah 5.000, tinggal 10% lagi yang belum divaksin.

Vaksinasi: Upaya Melindungi Sesama di Masa Pandemi Covid-19

Untuk meyakinkan puluhan ribu karyawan agar bisa divaksin tentu tidaklah mudah. Hal ini pernah membuat takjub Kapolda Sulawesi Tengah, Irjen Rudy Sufahriadi  kala dirinya berkunjung ke PT IMIP dan melihat langsung proses vaksinasi karyawan PT IMIP.

Namun, vaksinasi senyatanya tidak hanya untuk melindungi diri sendiri namun juga melindungi sesama. Pasalnya dengan adanya vaksin yang bisa membentuk herd immunity, bukan tidak mungkin segala kegiatan di kehidupan bermasyarakat bisa kembali normal. 

Seperti yang kita tahu, kegiatan perekonomian masyarakat banyak terkendala akibat dilakukannya pembatasa-pembatasan agar tak tercipta kerumunan. Hal ini tentunya berdampak pada penghasilan masyarakat setiap harinya.

Dan dengan melakukan vaksinasi Covid-19 menyeluruh, PT IMIP tak hanya semata melaksanakan imbauan pemerintah namun juga berkontribusi kepada percepatan pemulihan kehidupan bermasyarakat. 

Ikuti tulisan menarik Sri Kunthhi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu