Perencanaan Tahun untuk Tahun 2022 yang Menakjubkan: Panduan Utama! - Humaniora - www.indonesiana.id
x

ilustr: Yale Climate Connections

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Jumat, 31 Desember 2021 17:47 WIB

  • Humaniora
  • Topik Utama
  • Perencanaan Tahun untuk Tahun 2022 yang Menakjubkan: Panduan Utama!

    Jika Anda enggan mencoba serangkaian resolusi Tahun Baru yang pasti akan gagal, tetapi mendambakan kehidupan yang jauh lebih dari apa yang Anda jalani, teruslah membaca. Di bawah ini adalah banyak tip perencanaan tahun untuk membantu Anda memiliki tahun 2022 yang menakjubkan. Lihat dan gunakan hari ini. Jangan menunggu waktu yang tepat untuk memulai ketika Anda dapat mulai menjalani kehidupan ideal Anda dan menjadi orang yang Anda kenal saat ini.

    Dibaca : 665 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Baik di akhir satu tahun atau awal tahun lainnya, pikiran setiap orang beralih ke perbaikan diri.

    Setidaknya, mereka melakukannya begitu sensasi liburan mereda dan laporan kartu kredit besar itu datang melalui pintu! (Ada sesuatu tentang makan berlebihan dan pengeluaran berlebihan yang membuat kita ingin tidak pernah melakukannya lagi.)

    Dan waktu apa yang lebih baik untuk memulai perjalanan pengembangan diri selain awal tahun, bukan?

    Namun, seperti kebanyakan orang, Anda mungkin kurang antusias dalam membuat resolusi Tahun Baru. Lagi pula, Anda pernah ke sana dan melakukannya berkali-kali sebelumnya dan tidak punya alasan untuk berpikir 2022 akan berbeda.

    Tetapi ada suara batin, dorongan yang membuat Anda terus mencari versi diri Anda yang lebih baik, keberadaan yang lebih baik, Anda yang lebih bahagia, kehidupan yang luar biasa.

    Jadi, seperti jarum jam, Anda sudah mulai mencari tip bukan hanya tentang cara menetapkan tujuan, tetapi juga cara mencapainya. Anda merasa seperti hidup berlalu begitu saja dan Anda tidak memanfaatkannya sebaik mungkin. Keinginan dalam diri Anda untuk menjalani hidup sepenuhnya tidak akan hilang begitu saja.

    Jika Anda enggan mencoba serangkaian resolusi Tahun Baru yang pasti akan gagal, tetapi mendambakan kehidupan yang jauh lebih dari apa yang Anda jalani, teruslah membaca.

    Di bawah ini adalah banyak tip perencanaan tahun untuk membantu Anda memiliki tahun 2022 yang menakjubkan. Lihat dan gunakan hari ini. Jangan menunggu waktu yang tepat untuk memulai ketika Anda dapat mulai menjalani kehidupan ideal Anda dan menjadi orang yang Anda kenal saat ini.

    1. Renungkan pada Tahun 2021

    365 hari adalah waktu yang lama. Jika Anda berhasil sampai akhir, selamat. Tidak semua orang yang memulai tahun 2021 ada untuk melihat akhir.

    Anda mungkin telah melalui beberapa hal tahun ini. Beberapa baik, beberapa buruk. Apapun yang terjadi, Anda tetap di sini. Untuk membuat perencanaan tahun 2022 Anda seefektif mungkin, ada baiknya untuk melihat bagaimana Anda menghabiskan waktu Anda selama 12 bulan terakhir.

    Tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan berikut:

    •    Pelajaran apa yang Anda pelajari?
    •    Apa yang Anda temukan tentang diri Anda?
    •    Apa yang harus Anda syukuri?

    Cobalah untuk mengidentifikasi tiga kemenangan dan tiga area yang perlu Anda kerjakan.

    Mungkin membantu jika Anda meninjau tahun lalu, bulan demi bulan. Jika Anda menulis dalam jurnal, periksa entri Anda. Lihatlah di mana Anda berada di awal tahun, dibandingkan dengan di mana Anda berada sekarang. Paling tidak, Anda telah belajar melalui pengalaman Anda dan tumbuh sebagai hasilnya. Paling-paling, hidup Anda benar-benar berbeda, dengan cara yang baik.

    Ambil pelajaran dan area yang perlu Anda kerjakan dan rencanakan tahun depan yang lebih baik lagi.

    2. Tentukan Visi untuk Tahun 2022: Seperti apa tahun ideal Anda?

    Jika tidak ada halangan di depan Anda, seperti apa tahun 2022 yang ideal bagi Anda? Apa yang akan Anda lakukan? Ke mana Anda akan pergi? Apa yang perlu terjadi pada tahun 2022 agar Anda menyebutnya sebagai tahun yang luar biasa?

    Pikirkan tentang berbagai bidang kehidupan Anda, seperti

    •    Fisik
    •    Profesional
    •    Keuangan
    •    Hubungan
    •    Rohani
    •    Emosional
    •    Mental
    •    Pendidikan

    Seperti apa tahun yang luar biasa di setiap kategori?

    Pastikan visi Anda adalah milik Anda sendiri dan bukan apa yang Anda rasa diharapkan dari Anda. Jika Anda senang dengan berat badan Anda, misalnya, jangan menunda penurunan berat badan hanya karena orang lain berpikir Anda membutuhkannya (kecuali karena alasan medis).

    Anda dapat menuliskan visi Anda untuk tahun 2022 atau membuat papan visi untuk menggambarkannya. Pastikan Anda memiliki representasi fisik tentang seperti apa tahun yang ideal sehingga Anda dapat merujuknya di akhir tahun (dan seterusnya).

    3. Tetapkan Tujuan Utama Anda

    Kunci untuk mencapai tujuan Anda adalah memastikan Anda fokus hanya pada tujuan inti yang sangat penting untuk visi Anda. Tinjau visi Anda untuk tahun 2022 dan identifikasi area yang paling penting untuk mewujudkannya.

    Mobil baru mungkin bagus untuk dimiliki, misalnya, tetapi pekerjaan baru jauh lebih penting bagi kehidupan ideal Anda. Jadi tujuan Anda akan fokus untuk mendapatkan pekerjaan itu.

    Rampingkan tujuan Anda ke area yang akan memberi Anda hasil maksimal (atau usaha). Memiliki terlalu banyak tujuan adalah cara yang pasti untuk memastikan Anda tidak mencapainya. Dengan mengingat 'Visi 2022', tuliskan tujuan Anda untuk berbagai bidang kehidupan Anda.

    Catatan: Anda tidak harus memiliki tujuan untuk setiap bidang kehidupan Anda. Pilih area inti yang signifikan bagi visi Anda dan tulis tujuan yang akan membantu Anda mewujudkannya.

    Jangan terburu-buru untuk menetapkan tujuan Anda. Ya, perencanaan tahun sering dilakukan pada pergantian tahun kalender, tetapi lebih penting untuk melakukannya dengan benar daripada tepat waktu.

    Anda mungkin harus melakukan riset terlebih dahulu. Jika kehidupan ideal Anda menampilkan diri Anda yang lebih sehat, Anda perlu menilai tingkat kesehatan Anda saat ini. Ini akan memberi Anda gambaran tentang apa yang diperlukan untuk meningkatkan kesehatan Anda. Ini juga akan memberi tahu Anda apa yang dapat dicapai dalam 365 hari.

    Anda yang lebih sehat tidak serta merta berarti kehilangan 50 kilogram. Ini mungkin berarti meningkatkan serat atau minum lebih banyak air. Dan jika Anda memang perlu menurunkan 50 pon (seperti yang disarankan oleh dokter berlisensi), teliti berapa banyak berat badan yang dapat Anda turunkan dengan aman dan nyaman dalam sebulan melalui olahraga dan diet seimbang.

    4. Mengembangkan Rencana Aksi

    Menetapkan tujuan Anda hanyalah satu langkah dari proses. Bagaimana Anda akan mencapainya adalah hal lain sepenuhnya.

    Periksa tujuan Anda untuk tahun 2022 dan pastikan itu adalah S.M.A.R.T. Tidak yakin apa artinya? Berikut ini contoh singkatnya:

    Tujuan: Saya ingin lari maraton.

    Tujuan ini harus …

    • S – Spesifik: Saya ingin menjalankan Marathon di Bali pada bulan Desember 2022.
    • M – Measureble-Terukur: Pada bulan Desember, saya akan dapat berlari sejauh 26 mil.
    • A – Achievable-Dapat dicapai: Menurut Asics, beberapa orang membutuhkan waktu 16–20 minggu untuk berlatih maraton, sementara beberapa pelari berlatih hanya selama 12 minggu dan beberapa membutuhkan waktu 24 minggu atau lebih. Jika saya mulai pada Januari, saya pasti akan siap pada Desember.
    • R – Realistis: Saya ingin lari marathon tanpa berhenti untuk istirahat adalah tujuan yang realistis. Saya ingin lari maraton sub 3 jam pada bulan Desember tetapi saya tidak bisa berlari di seberang jalan hari ini, sepertinya tidak realistis.
    • T – Time Bound-Terikat Waktu: Marathon dijadwalkan akan diadakan pada Desember 2022.

     

    Bagian selanjutnya dari penetapan tujuan adalah mencari tahu semua yang diperlukan agar Anda siap untuk balapan di bulan Desember.

    Bagilah tujuan Anda menjadi tujuan mingguan, bulanan, dan triwulanan. Jika Anda bisa, tetapkan tujuan harian yang akan mengubah Anda menjadi pelari 26 mil (atau tugas apa pun yang telah Anda tetapkan sebelumnya). Alih-alih melihat maraton sebagai perlombaan 26 mil yang Anda persiapkan, pecahkan menjadi lari 1 mil atau 15 menit yang harus Anda lakukan setiap hari.

    Cobalah untuk turun ke seluk beluk sebanyak mungkin. Cari tahu hal-hal seperti:

    • Berapa hari dalam seminggu Anda perlu berlari.
    • Berapa mil Anda akan berlari setiap hari.
    • Perlengkapan atau pakaian seperti apa yang perlu Anda dapatkan.
    • Apakah Anda memerlukan pelatih lari atau apakah Anda perlu bergabung dengan klub lari?
    • Berapa hari istirahat yang dapat Anda ambil sehingga Anda tidak berlatih berlebihan?
    • Bisakah Anda memesan balapan sekarang, jadi Anda harus lari maraton atau membuang uang pendaftaran?

     

    Rencanakan langkah-langkah yang Anda perlukan untuk mencapai tempat yang Anda inginkan pada hari perlombaan. Jadilah secermat mungkin.

    Juga, catat aktivitas atau pencapaian utama di sepanjang jalan saat Anda semakin dekat dengan tujuan, seperti pertama kali Anda berlari satu mil tanpa henti atau ketika Anda menyelesaikan semua lari terjadwal Anda selama seminggu.

    Siapkan Rencana B (dan bahkan Rencana C) jika rencana awal Anda gagal. Pikirkan cara lain untuk memastikan Anda mencapai target akhir tahun untuk lari maraton? Apakah Anda harus menjalankan seluruh perlombaan tanpa berhenti, atau dapatkah Anda membiarkan beberapa periode berjalan untuk memastikan Anda benar-benar dapat mencapai akhir?

    5. Identifikasi Alasan Anda

    Ketika motivasi Anda rendah, otot-otot Anda pegal karena lari panjang, cuaca berubah buruk di tengah jalan dan hujan terus mengguyur Anda sepanjang perjalanan pulang, alasan Anda adalah apa yang akan membuat Anda bertahan keesokan harinya.

    Hanya ingin berlari maraton tidak akan cukup untuk jangka panjang. Gali lebih dalam untuk mencari tahu apa yang benar-benar ingin Anda capai. Apa kebutuhan batin yang Anda coba penuhi?

    Mungkin dokter telah memberi tahu Anda bahwa Anda pra-diabetes atau memiliki kolesterol tinggi. Tujuan Anda berlari maraton di bulan Desember bukan hanya tentang mencapai tonggak sejarah itu. Ini mengambil makna yang sama sekali baru. Lari maraton sekarang tentang memasukkan olahraga ke dalam jadwal Anda. Ini tentang belajar bagaimana menjalani gaya hidup sehat atau mengendalikan kesehatan Anda sehingga Anda keluar dari zona bahaya diabetes dan kolesterol, atau tentang mengelola kesehatan Anda sehingga Anda dapat memperpanjang hidup Anda.

    Identifikasi alasan untuk setiap tujuan Anda dan tulislah di mana Anda dapat meninjaunya secara teratur, terutama ketika Anda ingin menyerah dan berhenti.

    Anda bahkan dapat membuat daftar pro dan kontra untuk setiap tujuan Anda. Tulis tentang bagaimana mencapai tujuan Anda akan bermanfaat bagi hidup Anda dan membawa Anda lebih dekat ke visi Anda untuk tahun 2022. Juga, kontra tidak mencapai tujuan Anda dan bagaimana hal itu akan mempengaruhi visi Anda untuk tahun 2022.

    6. Buat Daftar 'Not-To-Do' Anda

    Kita semua tahu apa itu To-Do list, tapi apa itu To-To-Do list? Ini adalah daftar kebiasaan yang Anda tahu menghambat kesuksesan Anda yang Anda berkomitmen untuk tidak melakukannya. Katakanlah Anda ingin mengurangi jumlah alkohol yang Anda minum. Pergi ke bar setelah bekerja pada Jumat malam akan masuk dalam daftar Not-To-Do Anda.

    Tinjau tujuan Anda untuk tahun ini dan perinci kebiasaan yang Anda miliki yang akan menghentikan Anda dari kesuksesan dalam mencapai tujuan tersebut. Misalnya, jika Anda ingin bangun pagi untuk berlatih maraton sebelum berangkat kerja, Anda harus tidur lebih awal di malam sebelumnya. Jadi daftar Not-To-Do Anda mungkin mencakup hal-hal seperti:

    •    Tidak ada kafein setelah jam 1 siang
    •    Tidak begadang lebih dari jam 10 malam
    •    Tidak ada teknologi setelah jam 8 malam

    Ini adalah kegiatan yang akan membantu Anda tidur tepat waktu, mendapatkan istirahat malam yang baik, dan bangun tepat waktu sehingga Anda dapat berlatih. Buat daftar Not-To-Do yang akan membantu peluang Anda untuk mencapai tujuan dan menjalani tahun yang luar biasa.

    7. Tetapkan Rutinitas

    Rencanakan bagaimana memasukkan tujuan Anda dengan lembut ke dalam rutinitas harian Anda. Setiap perubahan mendadak atau traumatis pada rutinitas yang Anda tetapkan akan memperkecil kemungkinan Anda akan menyelesaikan tujuan Anda. Jangan membuat perubahan besar-besaran, seperti membuang semua junk food atau berlari sejauh 5 mil ketika satu-satunya olahraga yang Anda lakukan belakangan ini adalah saat Anda berjalan kaki dari mobil ke tempat tujuan.

    Anda akan tahu bahwa Anda telah membagi sasaran tahunan Anda menjadi sasaran triwulanan, bulanan, mingguan, dan harian dengan cukup jika Anda dapat mengintegrasikannya ke dalam rutinitas normal Anda dengan sedikit gangguan.

    Sertakan ulasan rutin tentang tujuan Anda, mingguan, bulanan, dan triwulanan. Periksa seberapa jauh atau seberapa dekat Anda untuk mencapainya. Juga, periksa visi Anda untuk tahun 2022 dan alasan tujuan Anda. Menjaga alasan Anda melakukan semua ini di depan dan di tengah akan membantu mempertahankan motivasi Anda.

    8. Jadwalkan

    Siapkan kalender Anda, lebih disukai di mana Anda dapat mengatur pengingat. Pilih waktu terbaik bagi Anda untuk mengerjakan tujuan harian, mingguan, atau bulanan Anda. Masih menggunakan tujuan maraton sebagai contoh, Anda mungkin hanya bisa melakukan lari pagi dari jam 6 pagi sampai jam 7 pagi, atau saat makan siang, atau setelah bekerja dari jam 5 sore sampai jam 6 sore. Kapan pun waktu terbaik, letakkan di kalender Anda dan atur pengingat (atau dua) untuk itu.

    Untuk mendapatkan gambaran akurat tentang seperti apa jadwal Anda sebenarnya, jadwalkan semua tanggal penting, rapat, dan tenggat waktu kerja yang Anda ketahui untuk tahun depan, sehingga Anda tidak memesan waktu saat Anda tidak ada. Jadwalkan tujuan Anda di sekitar hidup Anda pada waktu yang paling nyaman bagi Anda.

    Jika Anda merasa tidak punya waktu sama sekali, lewati hari-hari biasa dalam pikiran Anda. Pikirkan aktivitas atau tugas apa pun yang harus dilakukan, tetapi tidak harus oleh Anda. Delegasikan kepada orang lain jika memungkinkan.

    Apakah ada aktivitas yang membuang-buang waktu yang Anda lakukan yang dapat Anda hentikan sepenuhnya atau setidaknya kurangi? Mungkin Anda pulang kerja jam 5 sore dan terjebak macet selama satu jam karena saat itulah lalu lintas sangat brutal. Pertimbangkan pergi ke gym terdekat untuk berolahraga pada jam 5, daripada membuang waktu berjam-jam di lalu lintas. Dengan meninggalkan sedikit lebih lambat dari serangan lalu lintas awal, Anda mungkin menghabiskan lebih sedikit waktu di dalamnya.

    Letakkan tujuan Anda di kalender Anda dan atur pengingat yang mengganggu agar Anda tidak lupa. Semakin menjengkelkan, semakin baik, karena Anda akan mendapatkan sedikit kepuasan dari mematikannya, mengetahui bahwa Anda sudah mengerjakannya.

    9. Merayakan Kemenangan

    Jangan lupa untuk menjadwalkan dalam perayaan berkala. Misalnya, minggu pertama Anda menyelesaikan tujuan Anda tanpa melewatkan satu hari pun, rayakan kemenangan itu. Pertama kali Anda bisa menjalani hari tanpa merokok, rayakan. Mil pertama Anda, tanpa berhenti untuk berjalan, rayakan.

    Perayaan reguler memberi Anda pencapaian jangka pendek yang dapat Anda nantikan. Namun, pastikan bahwa perayaan Anda tidak membahayakan kemajuan Anda. Misalnya, Anda sudah 24 jam penuh tanpa merokok, jangan rayakan dengan merokok tambahan pada hari berikutnya. Belikan sendiri kue mangkuk atau sesuatu yang istimewa untuk memperingati acara tersebut.

    Sekecil apapun pencapaiannya, rayakan. Ini akan membuat Anda tetap termotivasi dan menantikan pencapaian berikutnya.

    10. Jadikan Kesehatan Mental sebagai Prioritas

    Depresi, kecemasan, dan gangguan kesehatan mental lainnya jauh lebih luas daripada yang dibayangkan kebanyakan orang. Tetapi seumum mungkin, stigma seputar penyakit mental tetap tinggi. Ini tidak hanya tidak adil bagi mereka yang menderita bersama mereka, tetapi juga berbahaya, karena sering kali menghalangi orang yang sama untuk mendapatkan bantuan.

    Sebagai bagian dari perencanaan tahun Anda di 2022, jadikan kesehatan mental Anda sebagai prioritas. Lakukan sesuatu setiap hari, setiap minggu, dan setiap bulan yang mengisi ulang Anda secara mental. Tidak harus mahal atau menghabiskan banyak waktu. 2022 bisa menjadi tahun di mana Anda mulai berlatih Yoga atau perhatian penuh. Mungkin Anda bisa mulai membuat jurnal atau akhirnya mulai menemui terapis.

    Sama seperti Anda tidak akan merasa malu untuk menemui dokter medis ketika Anda sakit, menolak untuk merasa malu mengambil langkah-langkah untuk memastikan kesehatan mental Anda baik-baik saja. Apa pun pilihan yang Anda buat, lakukan sesuatu yang membantu Anda fokus pada kesehatan emosional dan mental Anda.

    11. Berikan Ruang untuk Fleksibilitas

    Butuh waktu bertahun-tahun bagi Anda untuk mengembangkan dan membangun kebiasaan yang Anda miliki saat ini, baik atau buruk. Demikian juga, perlu beberapa waktu untuk melupakan perilaku ini. Berikan ruang untuk fleksibilitas, ruang untuk terlambat kereta, ruang untuk gagal.

    Hanya bertujuan untuk tidak pernah melewatkan dua kali. Jika Anda melewatkan lari persiapan maraton Senin pagi, pastikan Anda tidak melewatkan lari berikutnya.

    Nilai kembali rencana Anda dan jangan takut untuk mengubahnya. Kita cenderung idealis ketika menetapkan tujuan, terkadang melupakan kelemahan kita. Tidak apa-apa untuk kembali dan menyesuaikan rencana Anda agar sesuai dengan kenyataan.

    Anda mungkin ingin berolahraga lima hari seminggu. Tetapi secara realistis, Anda hanya berolahraga tiga kali seminggu. Sesuaikan rencana Anda untuk memungkinkan itu. Tujuan Anda bukan untuk berolahraga lima hari seminggu. Tujuannya agar lebih sehat. Berolahraga adalah alat untuk membantu Anda menjadi lebih sehat. Jangan terpaku pada proses, tetap fokus pada tujuan.

    12. Rapikan Pikiran dan Hidup Anda

    Luka dan trauma masa lalu apa yang masih Anda simpan? Apakah Anda masih merenungkan kesalahan sebelumnya?

    Bagaimana dengan rumah Anda? Apakah Anda memiliki banyak barang di rumah Anda yang tidak memiliki tujuan nyata? Apakah lemari Anda penuh dengan pakaian yang bahkan tidak Anda gunakan?

    Apakah Anda menjalin hubungan dengan seseorang tetapi Anda tidak tahu mengapa? Pernahkah Anda berteman dengan seseorang begitu lama sehingga satu-satunya alasan Anda masih berteman adalah karena Anda sudah mengenalnya selama bertahun-tahun?

    Rapikan pikiran dan hidup Anda. Lepaskan hal-hal (kenangan, pola pikir, hubungan, hal-hal, dll.) yang tidak memiliki tujuan lain selain mencuri kegembiraan Anda atau mengambil ruang di pikiran Anda. Pilih untuk melepaskan, sehingga Anda dapat memulai dengan yang bersih.

    Decluttering adalah cara yang bagus untuk membuang sampah lama yang tidak berguna dan tidak berguna. Ini memungkinkan Anda untuk terbuka terhadap peluang baru.

    Nilai kembali pikiran Anda, hubungan Anda, dan ruang hidup Anda. Seperti yang mereka katakan, keluar dengan yang lama dan masuk dengan yang baru.

    13. Dapatkan Berhubungan dengan Siapa Anda

    Siapa Anda sebenarnya? Tanpa semua harapan, tekanan sosial, atau tanggung jawab, apakah Anda tahu siapa Anda? Jika Anda kehilangan pekerjaan besok, apakah Anda dapat mendefinisikan diri Anda di luar pekerjaan itu? Di luar keluarga Anda, apakah Anda memiliki identitas sendiri?

    Pada tahun 2022, hubungi siapa Anda sebenarnya. Kenali dirimu. Apa kebutuhan, keinginan, dan keinginan Anda yang sebenarnya? Apa yang membuat kamu senang? Bagaimana Anda ingin menjalani hidup Anda?

    Secara berkala sepanjang tahun, saat Anda membahas visi Anda untuk tahun 2022 dan tujuan Anda, tanyakan apakah itu sejalan dengan siapa Anda. Anda mungkin menemukan bahwa saat Anda berhubungan dengan siapa Anda, tujuan Anda perlu disesuaikan.

    14. Tingkatkan Pola Pikir Anda

    Pola pikir Anda akan memainkan peran penting dalam menentukan apakah Anda mencapai semua yang telah Anda rencanakan untuk dilakukan dalam 12 bulan ke depan. Untuk mewujudkan visi Anda untuk tahun 2022, Anda harus meningkatkan pola pikir Anda.

    Pola pikir Anda saat ini telah membantu Anda membangun kehidupan yang Anda jalani. Sekarang saatnya untuk naik level. Apa yang membawa Anda ke sini tidak akan membawa Anda ke tempat yang Anda tuju. Sesuaikan sikap dan fokus Anda.

    Jika Anda menetapkan tujuan Anda dengan benar, itu akan menjadi hal-hal yang akan meregangkan Anda dan menyebabkan Anda tumbuh (jika tidak, maka Anda perlu melakukannya kembali). Tujuan Anda harus membutuhkan peningkatan keyakinan pada diri sendiri dan kemampuan Anda.

    Anda harus mengubah pola pikir Anda untuk membantu Anda mencapai visi Anda untuk tahun 2022.

    15. Kembangkan Hubungan yang Bermakna

    Lihatlah kelompok teman Anda dan jujurlah dengan diri Anda sendiri. Apakah mereka kelompok pendukung yang Anda butuhkan untuk menjadi diri Anda atau menjadi diri Anda? Apakah mereka mendorong Anda untuk menjadi orang yang lebih baik?

    Seorang pembicara motivasi bernama Jim Rohn pernah berkata bahwa kita adalah rata-rata dari lima orang yang paling banyak menghabiskan waktu bersama kita. Ketika Anda melihat ke mana Anda akan pergi pada tahun 2022, dapatkah lima hubungan terdekat Anda memberdayakan atau mengangkat Anda ke tingkat yang Anda butuhkan untuk mencapai kehidupan ideal Anda?

    Kembangkan hubungan yang bermakna yang mendukung pertumbuhan Anda dan menyemangati Anda. Jangan takut untuk memutuskan hubungan yang beracun.

    16. Pilih Kebiasaan Baru untuk Ditambahkan ke Rutinitas Anda

    Ketika Anda melihat semua hal yang ingin Anda capai di tahun baru, itu bisa menjadi sedikit berlebihan. Mungkin Anda telah membagi tujuan Anda menjadi tujuan harian dan mingguan, tetapi itu masih terlihat sangat besar. Periksa kembali tugas-tugas Anda dan tanyakan pada diri Anda, apa satu hal yang dapat Anda mulai lakukan hari ini yang akan membawa Anda selangkah lebih dekat ke tujuan Anda.

    Katakanlah Anda memiliki lima tujuan untuk tahun ini, seperti:

    •    Lari maraton di bulan Desember.
    •    Ganti pekerjaan pada akhir tahun.
    •    Bepergian ke Raja Ampat pada bulan Juni selama dua minggu.
    •    Berhenti merokok di akhir tahun.
    •    Tetap berhubungan dengan orang tua Anda setiap minggu.

    Melihat kelima tujuan ini, apa satu kebiasaan yang dapat Anda tambahkan ke dalam rutinitas Anda yang akan membantu Anda mencapai lebih dari sekadar salah satunya? Jika Anda dapat mengidentifikasi kebiasaan bersama, Anda dapat fokus pada satu tindakan ini karena mengetahui bahwa itu membantu Anda bergerak menuju beberapa tujuan sekaligus.

    Lebih sedikit stres, lebih sedikit tekanan sambil tetap maju.

    17. Hadir di Setiap Momen

    Berusahalah untuk menikmati setiap momen perjalanan Anda. Ketika kita bekerja menuju suatu tujuan, kita seringkali hanya menanggung prosesnya. Tetapi ada banyak hal yang bisa dinikmati di sepanjang jalan. Banyak belajar.

    Dalam lari harian Anda, saat Anda mempersiapkan diri untuk maraton, jangan lupa untuk menikmati udara segar yang mengisi paru-paru Anda saat Anda melangkah. Jika Anda berhenti merokok, nikmati uang yang Anda hemat dari tidak membeli rokok. Seraya Anda lebih sering berbicara dengan orang tua, nikmati kesempatan yang Anda miliki untuk menghabiskan waktu bersama mereka.

    Jangan terlalu fokus pada tujuan akhir sehingga Anda kehilangan semua yang ada untuk menikmati prosesnya. Anda tidak perlu sengsara atau menunda kebahagiaan sampai Anda mencapai tujuan Anda. Hadir pada saat ini memungkinkan Anda untuk menemukan kegembiraan di sini dan sekarang.

    18. Jadwalkan Perawatan Diri

    Sebagai bagian dari perencanaan tahun 2022 Anda, pilih untuk memprioritaskan perawatan diri Anda tanpa rasa bersalah yang biasa Anda rasakan karena meluangkan waktu 'saya'. Sadarilah bahwa Anda hanya dapat membantu orang lain jika Anda terlebih dahulu membantu diri sendiri. Jika Anda tidak menjaga diri sendiri, bagaimana Anda bisa menjaga orang lain saat Anda kehabisan asap?

    Sama seperti mobil yang menggunakan asap, pada akhirnya Anda akan menyerah (atau mati) atau memiliki masalah besar yang membutuhkan banyak uang untuk memperbaikinya.

    Perawatan diri secara teratur jauh lebih terjangkau daripada tantangan kesehatan utama. Harga mengobati serangan jantung di rumah sakit (terutama bagi orang yang tinggal di negara tertentu) jauh lebih mahal daripada mendapatkan pijat mingguan atau berjalan kaki lima belas menit setiap hari.

    Saat Anda menjadwalkan tujuan, rapat, janji medis, ulang tahun, dan acara penting lainnya sepanjang tahun, jadwalkan perawatan diri tepat waktu.

    Anda bahkan dapat memesan waktu liburan Anda sekarang dan merencanakan bagaimana Anda akan menghabiskannya. Jika memungkinkan, komit uang untuk waktu liburan Anda sehingga Anda tidak akan dapat mundur dari itu pada menit terakhir.

    19. Tinjau Hal-Hal secara Teratur

    Adakan sesi peninjauan rutin untuk sasaran mingguan, bulanan, dan triwulanan Anda. Jangan hanya menuliskan tujuan Anda di jurnal atau buku catatan di suatu tempat dan segera melupakannya. Setiap hari Minggu, mungkin jam 6 sore, selama tiga puluh menit, bahaslah visi Anda untuk tahun ini, tujuan Anda, dan alasan untuk tujuan Anda. Tinjau seberapa jauh Anda dapat maju dalam seminggu terakhir dan rencanakan apa yang akan Anda capai di minggu baru.

    Meninjau tujuan Anda secara teratur akan memastikan Anda tidak melupakannya. Bahkan jika Anda tidak dapat mencapai tujuan mingguan apa pun, jangan khawatir. Selama sesi peninjauan Anda, periksa cara untuk menyesuaikan rencana Anda untuk waktu yang Anda lewatkan. Ingatkan diri Anda tentang alasan Anda menetapkan tujuan.

    Jangan mengandalkan ingatan Anda untuk menjaga tujuan Anda tetap fokus. Lagi pula, berapa kali kita menulis tujuan, melupakannya, hanya untuk mengingatnya ketika kita menemukan buku catatan tempat kita menulisnya saat melakukan pembersihan umum? Untuk memiliki tahun yang luar biasa, kita perlu mencoba metode yang tidak lazim, dan metode itu mengharuskan kita tetap fokus pada tujuan kita.

    20. Buat Rencana untuk Memerangi Godaan

    Meskipun kita ingin memiliki tahun 2022 yang luar biasa, menjadi versi diri kita yang lebih baik, dan mewujudkan visi kita untuk tahun ini, kita memiliki beberapa kekurangan yang akan menghalangi jalan kita. Tidak perlu membodohi diri sendiri tentang itu. Jika mudah untuk berubah, semua orang akan melakukannya.

    Alih-alih menyalahkan diri sendiri, buatlah rencana ketika Anda merasa malas atau kurang motivasi.

    Anda paling tahu diri Anda. Pikirkan ke depan tentang skenario dan situasi yang mungkin muncul untuk menghentikan Anda mengejar tujuan Anda. Apa yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi masalah tersebut?

    Bertanya pada diri sendiri:

    • Apa yang Anda lakukan ketika Anda tidak ingin berlari?
    • Apa yang akan Anda lakukan jika Anda terluka?
    • Bagaimana Anda akan tetap termotivasi?
    • Jika Anda ingin berhenti merokok tetapi keluarga Anda masih merokok, apa yang dapat Anda lakukan untuk menghindari godaan untuk kembali ke kebiasaan tersebut?
    • Jika Anda ingin keluar dari hubungan yang kasar tetapi dia terus-menerus ada karena mereka adalah anggota lingkaran pertemanan Anda, bagaimana Anda dapat menghindari jatuh kembali ke dalam hubungan itu?

     

    Lakukan brainstorming setiap hambatan yang mungkin untuk mencapai tujuan Anda dan temukan cara untuk mengatasi tantangan tersebut. Pikirkan tentang bagaimana Anda akan mengatasi perubahan perilaku besar, termasuk langkah-langkah yang akan Anda ambil, mengapa Anda ingin melakukannya, dan cara-cara agar Anda tetap pada jalurnya.

    Ini akan memungkinkan Anda untuk mempertimbangkan taktik apa yang akan Anda gunakan ketika Anda menghadapi tantangan dan godaan. Ketika segala sesuatunya menjadi sulit, strategi apa yang dapat Anda gunakan untuk tetap berada di jalur menuju membuat resolusi Anda menjadi kenyataan?

    Apa godaan yang paling mungkin Anda alami? Bagaimana Anda akan menanganinya ketika muncul? Pikirkan baik-baik sebelum Anda menghadapi situasi tersebut.

    Misalnya, Anda ingin berhenti merokok tetapi Anda selalu mengganggu pekerjaan saat rekan kerja Anda keluar untuk istirahat merokok. Apakah mungkin bagi Anda untuk berjalan-jalan selama waktu itu daripada bergabung dengan mereka untuk merokok? Apakah ada aktivitas lain yang bisa Anda lakukan selain merokok selama istirahat itu?

    Lihatlah tujuan Anda, pertimbangkan situasi apa yang mungkin menghalangi Anda untuk berhasil, dan buatlah rencana untuk mengatasi tantangan tersebut.

    21. Rencanakan Hadiah Anda

    Selain merayakan kemenangan kecil Anda, rencana tahunan Anda harus mencakup apa yang akan Anda lakukan ketika Anda mencapai tujuan Anda. Satu tahun penuh dedikasi terhadap satu hasil tertentu bukanlah prestasi kecil. Anda telah mengatasi tantangan, mempelajari kebiasaan baru, mengubah rutinitas Anda, dan banyak lagi. Rayakan pertumbuhan Anda, rencanakan hadiah Anda.

    Setelah Anda berlari maraton, apa hadiah Anda? Ya, kegembiraan mencapai tujuan Anda adalah satu hal, tetapi apa lagi yang dapat Anda lakukan yang dapat Anda nantikan sepanjang tahun? Mungkin akhir pekan spa atau seminggu pemulihan di kabin kayu terpencil? Mungkin Anda bisa meminta teman dan keluarga muncul di garis finish, merekam Anda saat Anda menyeberang? Mereka bahkan bisa memiliki kaset khusus untuk Anda lewati dan pecahkan, seperti yang didapat pemenangnya.

    Rencanakan imbalan Anda karena tetap mengikuti kursus. Buat itu cukup besar untuk menjaga motivasi Anda sepanjang tahun.

    22. Mulai jurnal Resolusi

    Biarkan tahun ini menjadi tahun Anda memulai jurnal. Catat perjalanan Anda menuju visi Anda untuk tahun 2022, tahun Anda yang luar biasa. Tulis tentang perjuangan Anda untuk menjadi versi yang lebih baik dari diri Anda, kemenangan kecil Anda, dan bahkan hari-hari di mana Anda kehilangan motivasi.

    Di akhir tahun, jurnal ini akan membantu Anda mengingat seberapa jauh Anda telah melangkah. Ini akan memotivasi Anda untuk terus mendorong diri Anda ke tingkat yang lebih tinggi. Penjurnalan juga akan membantu Anda melihat hambatan atau pemicu apa yang muncul.

    Jurnal Anda juga bisa menjadi tempat Anda menulis visi, tujuan, dan alasan Anda untuk tahun ini. Anda juga dapat melakukan tinjauan mingguan, bulanan, dan triwulanan di jurnal Anda. Sertakan tantangan yang Anda hadapi dan metode yang benar-benar membantu Anda menjadi sukses. Ini akan membuat jurnal Anda menjadi dokumen yang dapat Anda rujuk di masa depan ketika Anda memiliki tujuan yang sedang Anda perjuangkan.

    23. Cobalah Sesuatu yang Baru

    Cobalah sesuatu yang berada di luar zona nyaman Anda. Lakukan sesuatu yang membuat Anda sedikit gugup dan sedikit tidak nyaman. Jika semua tujuan Anda berada dalam zona nyaman Anda, sesulit kelihatannya, itu tidak akan memberi Anda tahun luar biasa yang Anda inginkan. Anda mungkin memiliki tahun yang hebat, tidak diragukan lagi; hanya tidak apa yang Anda gambarkan sebagai luar biasa.

    Pertumbuhan berada di luar zona nyaman Anda. Tantang diri Anda untuk melakukan sesuatu yang baru. Berjuang untuk tujuan yang membutuhkan seperangkat keterampilan baru. Lakukan hal-hal yang akan membuat Anda sedikit menyimpang.

    Skenario kasus yang lebih buruk, Anda tidak akan menyukai pengalaman itu, tetapi Anda akan belajar sesuatu yang baru selama proses tersebut. Paling-paling, itu akan menjadi peristiwa yang mengubah hidup yang mendorong Anda di sepanjang jalan baru.

    Memiliki tahun yang luar biasa bukanlah sesuatu yang membuat seseorang tersandung. Anda tidak hanya kebetulan bangun di suatu pagi dan mengubah hidup Anda. Jika semudah itu berubah, kita semua akan melakukannya. Anda harus disengaja tentang hal itu. Anda harus merencanakan strategi Anda, menerapkan rutinitas untuk membuatnya mudah, dan memiliki kelompok pendukung untuk menyemangati Anda.

    Ini mungkin membutuhkan banyak usaha, tetapi kegembiraan menjalani kehidupan ideal Anda pasti akan sepadan.

    ***
    Solo, Jumat, 31 Desember 2021. 10:11 am
    'salam hangat penuh cinta'
    Suko Waspodo
    suka idea
    antologi puisi suko



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.