E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Inovatif - Pendidikan - www.indonesiana.id
x

Ilustrasi siswa belajar di rumah. Foto: Tulus Wijanarko

Sandy Kurniadi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 1 Januari 2022

Minggu, 2 Januari 2022 05:31 WIB

  • Pendidikan
  • Topik Utama
  • E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Inovatif

    Tentang edukasi masyarakat indonesia mengenai inovasi baru pembelajaran

    Dibaca : 630 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Oleh : Sandy kurniadi_2111604072
     
    Kualitas sumber daya manusia sangat mempengaruhi ketercapaian dan kesuksesan pembangunan bangsa. Pendidikan memegang peranan kunci dalam pengembangan sumber daya manusia, yaitu sebagai pendekatan dasar dan bagian sangat penting dalam sistem pembangunan bangsa. Usaha pembangunan pendidikan dengan cara–cara konvensional seperti membangun gedung Universitas Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta dan mengangkat dosen baru, tidak lagi dapat dipandang sebagai strategi yang tepat dan mampu menjalankan transformasi pendidikan.
     
    Pembaruan pendidikan tidak mungkin lagi dilakukan dengan cara-cara yang lama. Masalah-masalah dalam pendidikan sekarang, tidak mungkin dipecahkan dengan menggunakan pendekatan masa lalu. Kondisi Negara Indonesia yang unik, serta perubahan besar yang terjadi dalam lingkungan global mengharuskan kita untuk mengembangkan sistem pendidikan yang lebih terbuka, lebih luwes, dan dapat diakses oleh siapa saja yang memerlukan, tanpa memandang usia, gender, lokasi, kondisi sosial ekonomi, maupun pengalaman pendidikan sebelumnya. Sistem tersebut selain dapat memperluas kesempatan pendidikan juga harus berfungsi dalam meningkatkan mutu pendidikan secara merata, meningkatkan relevansi pendidikan dengan kebutuhan pembangunan, dan meningkatkan efisiensi dalam penyelenggaraan pendidikan. Sistem pendidikan tersebut adalah sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh, yang merupakan sub sistem dari sistem pendidikan nasional. Model pembelajaran seperti ini dikenal dengan nama pembelajaran elektronik yang selanjutnya disingkat dengan e-learning.
     
    Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini sangat pesat. Hal ini memberikan keuntungan tersendiri bagi dunia pendidikan terutama dalam proses pembelajaran. Dosen dan Mahasiswa yang selama ini menggunakan hari-hari efektif pembelajaran di kelas atau bahkan di lingkungan kampus untuk melangsungkan proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) kini tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dapat dimanfaatkan secara optimal untuk mendukung kelangsungan proses belajar mengajar bukan hanya pada saat jam pelajaran di kampus melainkan juga pada saat di luar jam Mata kuliah, misalnya di rumah ataupun di tempat-tempat lain.
     
    Kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan di Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta dapat kita kembangkan dengan kegiatan pembelajaran di luar sekolah melalui e-learning yaitu electronic learning, merupakan suatu pembelajaran melalui perangkat elektronik, dalam hal ini komputer dengan memanfaatkan akses internet. Materi pelajaran dan tugas-tugas dapat kita sampaikan melalui jaringan internet yang dapat diakses oleh Mahasiswa kapanpun dan dimanapun.
     
    Dosen akan mendapatkan kemudahan dalam mengkomunikasikan materi pembelajaran, soal-soal evaluasi, ataupun dalam menjawab kesulitan-kesulitan belajar siswa tanpa harus menunggu waktu tatap muka, sehingga kebutuhan siswa untuk mendapatkan jawaban atas permasalahan yang dihadapinya akan segera terpecahkan. Melalui e-learning kita juga dapat berdiskusi baik antara Dosen dan Mahasiswa maupun antar sesama Mahasiswa yang dapat dilakukan kapan saja. Mahasiswa Universitas ‘Aisyiyah Yogyakartaakan merasakan kemudahan dalam mendapatkan informasi dan materi pelajaran dalam waktu yang sangat cepat.
     
    Dalam penerapan e-learning di Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta maka ada prosedurnya, tentunya seorang Dosen memahami internet dan tahu kodenya untuk memulai browsing ke e-learning. Di sana Dosen dapat menyimpan file-file tentang bahan ajar, diskusi, konsultasi, penugasan, soal latihan, dan kegiatan pembelajaran lainnya. Dan, Mahasiswa pun dapat mengakses bahan- bahan tersebut dengan syarat juga harus tahu . Terakhir, dengan adanya e-learning Mahasiswa terdidik untuk disiplin diri untuk menjaga dirinya dalam mengikuti proses pembelajaran dengan baik dan konsisten.
     


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.