Sociopreneur Jakarta Donasi Tas ke Taman Bacaan di Bogor - Humaniora - www.indonesiana.id
x

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Minggu, 2 Januari 2022 21:56 WIB

  • Humaniora
  • Topik Utama
  • Sociopreneur Jakarta Donasi Tas ke Taman Bacaan di Bogor

    Brand Sociopreneur Jakarta berbagi ratusan tas ke Taman Bacaan Lentera Pustaka. Kenapa di tahun baru perlu lebih peduli?

    Dibaca : 612 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Sebagai wujud kepedulian,  Zoleka, sebuah brand sociopreneur asal Jakarta yang berfokus pada meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program kemanusiaan mendonasikan 159 tas ke anak-anak TBM Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor. Dan hari ini (2/1/2022), Syarifudin Yunus selaku Pendiri TBM Lentera Pustaka mendistribusikan ke semua anak pembaca aktif. Sebagai "hadiah tahun baru" kepada anak-anak pembaca aktif agar lebih rajin membaca di taman bacaan.

     

    Donasi tas dari Zoleka ini, tidak lain sebagai bukti kepedulian. Karena sejatinya, dalam hidup siapapun, selalu ada nilai-nilai penting yang bisa diberikan kepada orang lain. Diantaranya nilai “kepedulian” sebagai cerminan rasa tanggung jawab sosial.

     

    Peduli adalah obat bagi siapapun. Manusia terkadang dihadapkan pada masalah, pada perasaan galau. Atau tidak siap saat menghadapi peristiwa tak terduga dalam hidupnya. Maka untuk mengatasinya, perbanyaklah rasa kepedulian. Dalam hal apapun dan di manapun. Karena di balik kepedulian, tidak akan pernah ada rasa kecewa atau sedih. Bila peduli maka tidak akan memilukan.


    Seperti Zoleka yang mendonasikan tas ke TBM Lentera Pustaka. Karena peduli, Zoleka bertindak. Untuk berbagi ke anak-anak kampung di kaki Gunung Salak Bogor. Peduli bukan lagi sekadar simpati. Tapi aksi nyata berbagi. Seperti kata bijak, bahwa orang yang paling bahagia bukan orang yang paling mendapatkan lebih banyak. Melainkan mereka yang memberi lebih banyak kepada orang lain.


    Kenapa harus peduli ke taman bacaan?

    Karena kepedulian kepada taman bacaan, tidak akan mengurangi kebahagiaan siapapun. Justru bahagia akan bertambah saat ada kepedulian. Saat berbagi pun, tidak akan pernah kekurangan kecuali mendapat berkah-Nya. Karena bahagia itu bukan untuk diri sendiri. Tapi saat siapapun memanfaatkan hidupnya untuk berbagi dan menolong sesama.

     

    Peduli di taman bacaan tidak aka nada tanpa kolaborasi. Seperti Zoleka berbagi ke TBM Lentera Pustaka. Karena peduli, semua orang pasti memiliki sisi baiknya. Dan mampu meluruhkan keburukan yang sudah terjadi.

     

    Ada pesan moral dari peduli. Bahwa siapapun jangan sampai jauh dari rasa peduli. Jangan cuek dengan keadaan sekitar, apalagi hanya memikirkan diri sendiri. Tumbuhkan rasa kepedulian sekarang mumpung tahun baru. Segera ubah niat baik jadi aksi nyata. Sekalipun di taman bacaan. Salam literasi #TamanBacaan #PegiatLiterasi #TBMLenteraPustaka

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.