x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Senin, 3 Januari 2022 13:48 WIB

Siapakah Taman Bacaan dan Pegiat Literasi Paling Aktif Menulis?

Kenapa penting taman bacaan dan pegiat literasi menulis? Karena membaca buku yang baik harus berujung pada menulis. Literasi itu dituliskan bukan diomongkan. Oke?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Menulis memang bukan perkara gampang. Apalagi membuat tulisan tentang taman bacaan dan pegiat literasi. Jujur, tidak banyak artikel atau tulisan yang sengaja dipublikasikan terkait aktivitas taman bacaan. Padahal, aktivitas literasi seharusnya bukan hanya membaca. Tapi juga menulis. Apalagi taman bacaan adalah perbuatan baik. Lalu kenapa tidak dituliskan?

 

Menulis tentang taman bacaan jadi kian penting. Karena di negeri ini, taman bacaan masih dianggap “jalan sunyi”. Tidak terlalu banyak orang yang peduli. Apalagi mau membantu sepenuh hati. Maka taman bacaan di mana pun harus berjuang untuk tetap bisa eksis dan memberi manfaat kepada orang banyak.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Taman bacaan yang keren. Pegiat literasi yang hebat. Atau gerakan literasi yang memadai, sudah pasti sulit dipisahkan dari aktivitas menulis. Karena taman bacaan selagi tidak menulis maka akan hilang dari sejarah. Menulis adalah kerja keabadian, yang tidak lekang oleh waktu.

 

Lalu, adakah taman bacaan yang aktif menulis?

Mungkin jawabnya tidak banyak. Entah karena apa alasannya. Tapi bila mau ditelusuri melalui “mbah google”, bisa jadi TBM Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak tergolong taman bacaan paling aktif menulis. Hampri setiap hari menulis tentang aktivitas taman bacaan dan kegiatan literasi. Baik dalam bentuk berita atau opini. Intinya, menulis untuk mensosialisasikan apapaun tentang taman bacaan dan kegiatan literasi. Aktivitas menulis TBM Lentera Pustaka bisa dicek di website: Majalah Taman Baca - Inspirasi Anda Dalam Membangun Taman Baca (tbmlenterapustaka.com) atau https://tbmlenterapustaka.blogspot.com/ atau https://bogor-kita.com/opini-jangan-membenci-buku/.

 

Lebih dari itu, bila diketik tagar #TamanBacaan, #PegiatLiterasi, dan #BacaBukanMaen di mbah google pun tagar-tagar itu dibuat oleh TBM Lentera Pustaka. Bahkan TBM Lentera Pustaka pun jadi salah satu taman bacaan yang tercantum di Wikipedia (https://id.wikipedia.org/wiki/Taman_Bacaan_Masyarakat_Lentera_Pustaka) dan pendiri TBM Lentera Pustaka, Syarifudin Yunus bisa di-track jejaknya di https://id.wikipedia.org/wiki/Syarifudin_Yunus.

 

Suka tidak suka, menulis itu penting. Menulis juga perbuatan bukan omongan. Menulis pun praktik bukan teori. Karena sejatinya, semua aktivitas taman bacaan dan kegiatan literasi dapat dituliskan. Menulis juga bukan hanya update status, tidak sebatas ekspresi. Tapi berita atau opini sehingga tidak hanya memberi informasi. Namun mampu menyajikan argumentasi atau menuangkan ide-gagasan secara utuh. Menulis tentang taman bacaan, tentu bebas-bebas saja. Tapi harus dituliskan. Karena menulis di taman bacaan, sejatinya bukan untuk dipahami melainkan untuk memahami realitas. Itulah yang disebut literasi menulis untuk taman bacaan. Maka resepnya hanya tiga, yaitu menulis, menulis, dan menulis.

 

Sebagai contoh, TBM Lentera Pustaka menggelar aktivitas sosialisasi program literasi yang akan dijalankan pada tahun 2022 (2/1/2022). Di hadapan 90 anak pembaca aktif, TBM Lentera Pustaka memaparkan program penting taman bacaan di tahun ini, seperti: 1) English Day tiap Jumat, 2) Kemah Literasi TBM Lentera Pustaka, 3) Wisata Belajar Angklung dan Wisata Litrerasi, 4) Pembangunan Rooftop sebagai perluasan area baca di lantai 2 yang disponsori oleh Bank Sinarmas, 5) Motor Baca Keliling yang akan beroperasi 3 kali seminggu ke desa lain dan disponsori oeh Asuransi Jiwa Tugu Mandiri, dan 6) Festival Literasi Gn. Salak #5 sekaligus peluncuran buku 5th TBM Lentera Pustaka.

 

Sosialisasi program literasi TBM Lentera Pustaka pun menegaskan di taman bacaan, anak-anak pembaca adalah subjek. Bukan objek yang diperintah. Sehingga setiap anak dan pengguna layanan taman bacaan harus tahu dan paham program literasi taman bacaannya. Mau ke mana taman bacaannya ke depan?

 

Patut ketahui, TBM Lentera Pustaka melalui model “TBM Edutainment” yang dikembangkan sendiri terbukti telah menorehkan kinerja yang luar biasa. Diantaranya mampu menggelar 40 event dalam setahun, donasi buku yang diterima pun mencapai 77 donasi buku/barang, mencapai 4.331 buku bacaan atau setara Rp. 41.879.000,-. Prestasi pun diraih TBM Lentera Pustaka sepanjang tahun 2021 seperti: 1) Terpilih “Jagoan 2021” dari RTV (tayang 29 Des 2021), 2) Sosok Inspiratif Spiritual Journey dari PLN (Okt 2021), 3) Terpilih “31 Wonderful People 2021” dari Guardian Indonesia (24 Sept 2021), 4) Terpilih “Ramadhan Heroes” dari Tonight Show NET TV (6 Mei 2021), dan 5) terpilih “Kampung Literasi 2021” dari Dit. PMPK Kemdikbud RI (14 Nov 2021). Saat ini tidak kurang dari 250 orang pengguna layanan TBM Lentera Pustaka setiap minggunya dari 12 program literasi yang dijalankan, dari mulai taman bacaan, berantas buta aksara, kelas prasekolah, anak difabel, yatim binaan, jompo binaan, dan koperasi Lentera. Ada 5 wali baca dan 18 relawan yang aktif berkiprah di taman bacaan hingga kini.

 

Jadi apapun di taman bacaan, memang harus ditulis. Seperti proses setelah membaca pun harus berujung pada menulis. Karena di taman bacaan, program sebaik apapun bila tidak ditulis akan jadi sia-sia. Karena praktik baik di taman bacaan tidak ada yang mengetahuinyaSalam literasi. #BacaBukanMaen #TamanBacaan #PegiatLiterasi #TBMLenteraPustaka

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu