10 Alasan Mengapa Anda Sangat Lelah Setelah Bekerja - Urban - www.indonesiana.id
x

ilustr: Great People Inside

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 5 Januari 2022 11:20 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • 10 Alasan Mengapa Anda Sangat Lelah Setelah Bekerja

    Merasa lelah setelah seharian bekerja adalah hal yang wajar, namun ada juga cara untuk meredakan dan menghilangkan rasa lelah tersebut.

    Dibaca : 549 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Apakah Anda merasa lelah saat pulang kerja? Ada alasan – atau beberapa, mungkin.

    Merasa lelah setelah seharian bekerja adalah hal yang wajar, namun ada juga cara untuk meredakan dan menghilangkan rasa lelah tersebut.

    Mari kita bahas sepuluh alasan mengapa Anda begitu lelah setelah bekerja – dan tawarkan cara untuk memeranginya dan memperbaiki masalahnya.

    1. Anda Mendapatkan Terlalu Banyak Waktu di Layar Komputer

    Jika Anda bekerja di kantor, Anda mungkin menggunakan komputer selama beberapa jam sehari. Meskipun itu menjadi norma bagi banyak dari kita, itu tidak sehat.

    Mata kita bisa lelah karena menatap layar komputer sepanjang hari, dan warna layar kita benar-benar dapat memengaruhi suasana hati kita.

    Atasi dengan ini: Ambil jeda layar. Ya, sesederhana itu. Istirahatkan mata Anda dengan mengalihkan pandangan dari layar – atau memejamkan mata – selama sekitar satu menit, setiap 20 menit, atau sesuai kebutuhan.

    Ini akan membuat otot-otot di mata Anda istirahat dari ketegangan untuk membaca teks atau memindai gambar. Ini memberi otak Anda sedikit waktu henti juga.

    Dan atur tes mata di ahli kacamata jika Anda sering mengalami sakit kepala – Anda mungkin memerlukan kacamata untuk bekerja.

    2. Anda Terkuras oleh Semua Interaksi Pribadi

    Betapapun ramah dan terbukanya Anda, wajar jika Anda merasa sedikit terkuras oleh interaksi dengan orang lain – terutama yang belum tentu kita nikmati.

    Mengobrol dengan teman selama berjam-jam tidak terasa melelahkan karena Anda mencintai mereka.

    Bertukar basa-basi dengan kolega Anda atau duduk dalam rapat dengan manajer tidaklah sama.

    Ini dapat mengurangi tingkat energi Anda. Ini terutama benar jika Anda seorang introvert.

    Wajar jika Anda merasa lelah setelah berinteraksi dengan orang-orang sepanjang hari, tetapi ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan semangat.

    Atasi dengan ini: Cobalah untuk membatasi interaksi Anda jika memungkinkan. Bangun untuk membuat teh atau kopi saat dapur kosong daripada bergabung dengan orang banyak.

    Bawa makan siang ke kantor dan pasang earphone Anda untuk makan di meja Anda (beri tahu orang-orang bahwa Anda bekerja jika Anda ingin menghindari diundang).

    Buat rapat sesingkat mungkin sambil tetap sopan.

    Ini mungkin terasa agak canggung, tetapi tidak ada yang akan berpikir Anda bersikap kasar karena sesekali memiliki waktu tenang, dan itu akan sangat membantu tingkat energi Anda.

    3. Anda Berada dalam Pekerjaan yang Penuh Tekanan

    Jika Anda berada di lingkungan yang penuh tekanan, Anda pasti merasa sangat lelah di penghujung hari.

    Kita menghabiskan begitu banyak energi ketika kita stres – terkadang kita bahkan membakar lebih banyak kalori dan dapat memiliki gejala fisik seperti sakit dan nyeri.

    Seharusnya tidak mengherankan bahwa tubuh dan pikiran kita menjadi lebih cepat lelah ketika sedang stres.

    Atasi dengan ini: Cobalah untuk menemukan cara untuk menghilangkan stres saat Anda sedang bekerja. Itu mungkin berarti lebih banyak istirahat, makan makanan sehat, atau bahkan memasukkan daftar putar.

    Anda dapat mendengarkan musik yang menenangkan, melangkah keluar dan menelepon seseorang yang Anda cintai jika Anda membutuhkan sedikit semangat, atau pergi ke kamar mandi dan berlatih meditasi selama beberapa menit.

    Apa pun yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi tingkat stres di tempat kerja akan benar-benar membuat perbedaan pada tingkat energi Anda setelah bekerja.

    4. Anda Berada dalam Pekerjaan Fisik

    Anda mungkin memiliki pekerjaan yang memiliki banyak aspek fisik – mungkin Anda harus berdiri sepanjang hari, atau Anda harus membawa barang-barang berat atau mengenakan seragam yang ketat, seperti APD.

    Jika pekerjaan Anda berarti Anda selalu berpindah-pindah, tidak heran Anda kelelahan saat sampai di rumah.

    Tubuh kita tidak dibuat untuk bergerak terus-menerus, sehingga pergeseran panjang berjalan dan berdiri benar-benar dapat menurunkan tingkat energi kita.

    Atasi dengan ini: Cobalah untuk memastikan Anda makan sesuatu yang seimbang dan bergizi sebelum bekerja, dan luangkan waktu untuk camilan cepat penambah energi seperti buah atau kacang-kacangan.

    Regangkan dengan baik – terutama otot yang paling sering Anda gunakan – baik sebelum dan sesudah shift. Dan mandi air panas sebentar ketika Anda tiba di rumah untuk membantu diri Anda rileks.

    Memastikan tubuh Anda siap untuk hari fisik akan sangat membantu dalam mengurangi kelelahan ekstrem yang Anda alami saat tiba di rumah.

    5. Anda Tidak Cukup Menggunakan Otak Anda dan Anda Bosan

    Menjadi sangat sibuk dapat membuat kita lelah – tetapi tidak cukup sibuk. Tidak adil, bukan?

    Jika Anda mengakhiri hari dengan perasaan terkuras, itu mungkin karena Anda tidak melakukan cukup banyak untuk menyibukkan pikiran Anda.

    Terkadang otak kita hanya lelah karena tidak digunakan – entah karena terbiasa mengantuk karena kurangnya stimulasi, atau kita merasa terkuras secara mental karena otak kita mendapatkan sinyal kebosanan, frustrasi, kemarahan, bahkan.

    Jika Anda merasa kesal karena kurangnya pekerjaan yang harus Anda lakukan, atau karena perasaan Anda tidak produktif, itu mungkin penyebab penurunan akhir hari itu.

    Atasi dengan ini: Jadi, sibuk sebenarnya baik untuk tingkat energi kita? Ya! Jika Anda dapat menemukan media yang bahagia, Anda tidak akan terlalu lelah – dan jauh lebih produktif.

    Cobalah untuk menetapkan target diri Anda untuk setiap hari (atau setiap jam, jika itu membantu), dan pastikan Anda memvariasikan apa yang sering Anda lakukan.

    Habiskan pagi hari untuk memenuhi tenggat waktu untuk tugas admin, lalu sisihkan sore hari untuk mengerjakan spreadsheet, misalnya.

    Menggabungkan berbagai hal akan membantu Anda merasa lebih fokus pada apa yang Anda lakukan dan menghentikan pikiran Anda hanyut dan bosan.

    6. Anda Membutuhkan Lebih Banyak Makanan – dan Nutrisi

    Ini adalah masalah umum bagi orang-orang dalam kehidupan sehari-hari, dan itu tidak berbeda ketika kita sedang bekerja.

    Dengan terburu-buru untuk keluar dari pintu di pagi hari, banyak dari kita tidak memiliki sarapan yang sehat dan mengenyangkan.

    Kita mungkin terlalu sibuk saat makan siang untuk makan makanan yang seimbang dan akhirnya hanya membeli sandwich supermarket atau makanan ringan.

    Meskipun ini sangat umum, itu tidak baik untuk tubuh kita dan benar-benar dapat membuat kita merasa lelah.

    Berlari dalam keadaan kosong, atau rendah nutrisi, memiliki efek besar pada tingkat energi kita dan dapat menyebabkan kita tertidur setelah bekerja.

    Atasi dengan ini: Lakukan yang terbaik untuk makan sesuatu di pagi hari (atau sebelum giliran kerja Anda dimulai). Siapkan makanan Anda malam sebelumnya jika Anda bisa – oat semalaman adalah pilihan yang mudah dan bergizi, atau Anda bisa memotong beberapa buah jika Anda mau.

    Cobalah untuk membuatkan diri Anda makan siang bekal juga. Ini akan menghemat uang Anda dan berarti Anda memiliki sesuatu yang enak untuk membuat Anda tetap menjalani hari. Makanlah beberapa camilan sehat untuk melawan kemerosotan di sore hari Anda.

    7. Postur Tubuh Anda Membuat Anda Mengantuk

    Ini mungkin terdengar aneh, tetapi cara Anda duduk memengaruhi tubuh Anda lebih dari sekadar punggung yang sakit! Ini dapat memberi Anda masalah pencernaan, memengaruhi suasana hati Anda, dan menyebabkan kelelahan.

    Jika Anda sering merasa sedikit pegal dan ngantuk saat pulang kerja, hal itu mungkin karena Anda merosot di kursi atau duduk 'miring'.

    Semakin banyak tubuh kita ditempatkan pada posisi yang tidak wajar, semakin ia 'bertingkah' dan gejala-gejala tertentu muncul.

    Atasi dengan ini: Berusahalah untuk memperbaiki postur Anda. Anda dapat menyetel alarm di ponsel sebagai pengingat jika perlu – duduk tegak atau bangun dan sedikit menggoyangkan anggota badan.

    Tempat kerja Anda mungkin akan menawarkan pijakan kaki yang dapat membantu Anda bekerja pada posisi duduk Anda, serta penyangga pinggang dan bantalan punggung jika Anda membutuhkannya. Di beberapa negara, ini adalah kewajiban hukum, jadi pasti patut untuk diperiksa.

    8. Anda Tidak Cukup Istirahat

    Jika Anda merasa sangat lelah saat pulang kerja, bisa jadi karena Anda tidak beristirahat secara teratur.

    Jenis ini terkait dengan masalah seputar waktu di depan layar komputer, tetapi juga bisa menjadi kasus Anda membebani otak Anda.

    Jika Anda tidak cukup istirahat, otak Anda terus-menerus dibanjiri email, musik, percakapan, apa saja.

    Kelebihan sensorik adalah hal yang nyata, dan menguras tenaga.

    Atasi dengan ini: Setel alarm di ponsel Anda dan beri diri Anda 5 menit atau lebih untuk mengatur ulang dan beristirahat sejenak.

    Regangkan kaki Anda, buat alasan untuk menghirup udara segar, dan segarkan diri di siang hari sehingga Anda memiliki lebih banyak energi saat tiba di rumah.

    9. Anda Tidak Cukup Terhidrasi

    Air adalah produk ajaib yang kita semua inginkan tetapi tidak cukup merangkul. Ini membantu kulit kita, rambut kita… dan tingkat energi kita!

    Jika Anda mengantuk menjelang penghujung hari, itu mungkin karena Anda mengalami dehidrasi. Semakin sedikit air dalam tubuh kita, semakin lelah kita – semudah itu.

    Atasi dengan ini: Siapkan botol air dengan waktu di sampingnya, jadi Anda tahu berapa banyak air yang harus Anda minum setiap hari.

    Atur alarm di ponsel Anda untuk bangun dan minum. Jadikan diri Anda bagan bintang, atau unduh aplikasi yang membantu Anda melacak konsumsi air Anda setiap hari.

    Apa pun yang Anda lakukan, cobalah untuk konsisten dengannya. Anda dapat membeli minuman bebas gula jika ini membantu Anda minum lebih banyak, atau membekukannya semalaman jika Anda lebih suka air dingin.

    10. Anda Merasa Lemas karena Kelebihan Gula dan Kafein

    Anda mungkin merasa baik-baik saja sampai sekitar jam 2 siang. Jika hari Anda berjalan lancar hingga sore hari ketika Anda tiba-tiba kelelahan dan setengah tertidur di meja kerja, Anda tidak sendirian.

    Ini bisa disebabkan oleh berbagai hal – bisa jadi akibat fisik dari makan siang yang berat, atau kemerosotan energi karena kecelakaan gula. Jika Anda memiliki camilan manis dan kopi untuk menemani Anda setelah makan siang, itu bisa membuat Anda merasa sangat lelah saat pulang ke rumah.

    Atasi dengan ini: Cobalah untuk menjaga kadar gula dan kafein yang seimbang sepanjang hari – terutama di sore hari. Dan bertujuan untuk makan siang yang lebih ringan agar Anda tidak terlalu kenyang dan mengantuk.

    Jalan cepat setelah makan siang benar-benar dapat membantu Anda bersemangat. Jika Anda merasa membutuhkan kafein untuk melewati sore hari, ambil segelas air dingin terlebih dahulu. Terkadang, rasa lelah berasal dari dehidrasi, jadi ada baiknya mencoba air sebelum minum kopi.

    Jika Anda masih menyukai kopi, cobalah sekali minum (atau kopi tanpa kafein) dan hindari sirup manis.

    Semakin seimbang Anda menjaga tubuh di sore hari, semakin banyak energi yang Anda miliki setelah bekerja.

    ***
    Solo, Rabu, 5 Januari 2022. 7:25 am
    'salam hangat penuh cinta'
    Suko Waspodo
    suka idea
    antologi puisi suko



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.