Bandrek, Minuman Tradisi Leluhur Indonesia - Hiburan - www.indonesiana.id
x

Minuman Bandrek. Wikipedia.org

Alifah Nurfaizah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 Januari 2022

Jumat, 7 Januari 2022 11:42 WIB

  • Hiburan
  • Topik Utama
  • Bandrek, Minuman Tradisi Leluhur Indonesia

    Minuman bandrek merupakan minuman inovasi tradisi leluhur yang diracik dari bahan rempah pilihan, dan memiliki banyak khasiat untuk tubuh

    Dibaca : 1.884 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Nama bandrek pasti sudah tidak asing terdengar lagi di telinga kita. Bandrek adalah minuman tradisional Indonesia khas Sunda. Minuman bandrek menjadi minuman favorit semua orang karena banyak sekali khasiat dan manfaatnya terutama untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. 

    Minuman tradisional khas Sunda ini biasa diminum saat musim dingin, karena bandrek dikenal bisa menghangatkan tubuh. Bandrek dibuat dari berbagai bahan rempah-rempah alami, seperti jahe merah, gula merah, sirih, kayu manis, cengkeh, serai yang dihaluskan, dan daun pandan. Dengan bahan tradisional tersebut, minuman bandrek terasa nikmat.

    Minuman bandrek mengandung persentase antioksidan yang tinggi dan mampu mengatasi berbagai penyakit. Berikut adalah beberapa manfaaat dan khasiat yang terdapat pada minuman bandrek untuk kesehatan tubuh, yaitu:

    Khasiat Minuman Bandrek Untuk Kesehatan Tubuh

    • Mencegah Peradangan

    Salah satu manfaat minuman bandrek adalah mencegah peradangan. Selain kaya akan antioksidan dari minyak cengkeh  dalam segelas bandrek, kandungan flavonoidnya juga mampu mengurangi peradangan atau inflamasi. Penderita radang sendi juga sangat direkomendasikan untuk minum tradisional khas Sunda yang terasa segar dan manis ini.

    • Mengurangi Risiko Kanker

    Mengonsumsi bandrek secara teratur juga dianggap dapat mengurangi risiko penyakit kanker terutama pada kulit saluran pencernaan dan paru-paru. Minyak cengkeh dalam minuman bandrek mengandung senyawa antioksidan yang kuat. Oleh karena itu bandrek mengandung bahan zat yang melindungi terhadap penyakit kanker.

    • Mengobati Sakit Gigi

    Kandungan minyak cengkeh pada segelas minuman bandrek dapat meredakan nyeri pada penderita sakit gigi. Bahkan komponen minyak cengkeh dalam minuman bandrek dianggap bermanfaat sebagai pereda nyeri sakit gigi.

    • Menurunkan Tekanan Darah

    Kandungan jahe dalam bandrek dapat membantu menurunkan tekanan darah karena jahe mengandung senyawa yang melunakkan pembuluh darah. Jahe juga dapat digunakan sebagai stimulan untuk pelepasan hormon adrenalin. Alhasil darah dalam tubuh Anda dapat bersirkulasi lebih baik dan memudahkan jantung untuk memompa darah.

    • Menangkal Virus dan Bakteri

    Manfaat minuman bandrek selanjutnya adalah dapat menangkal virus dan bakteri untuk masuk ke dalam tubuh. Dalam keadaan tubuh yang lemah, banyak virus atau bakteri yang bisa menyerang dengan berbagai macam hal. Minum bandrek yang kaya akan antioksidan ini dapat melindungi tubuh dari virus dan bakteri.

    Minuman bandrek tersedia dalam berbagai pilihan jenis dan rasa. Berikut adalah jenis-jenis minuman bandrek yang sudah beredaran di pasaran:

    Jenis Rasa Minuman Bandrek

    • Bandrek Original

    Bandrek original tidak ada tambahan rasa lain. Rasa bandrek original disajikan sesuai dengan resep bandrek aslinya. Minuman bandrek original ini dapat ditemui dimanapun khususnya di Jawa Barat.

    • Bandrek Susu

    Bandrek susu merupakan campuran jahe serai dan merica yang kemudian dicampur dengan susu. Di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur bandrek susu ini biasa dikenal dengan sebutan wedang.

    • Bandrek Telur Susu

    Bahan yang ditambahkan ke bandrek telur susu ini adalah telur ayam jawa atau telur bebek. Tambahan telur akan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh tidak mudah lelah dan sakit. Tambahan telur susu pada bandrek telur susu ini bisa membuat tubuh menjadi bugar dan hangat. 

    • Kopi Bandrek

    Kopi bandrek memiliki bahan yang sama dengan bandrek original namun ditambah dengan kopi. Kopi yang ditambahkan dengan kopi ini disesuaikan dengan selera. Rasa kopi dari bandrek ini menjadi rasa yang berbeda dan istimewa karena merupakan perpaduan antara bandrek dengan kopi.

    Minuman bandrek mudah dijual dan dapat ditemukan di angkringan atau di kafe. Namun para penjual bandrek di Indonesia berinovasi untuk menjual bandrek dalam bentuk instan siap saji atau secara sachet. Namun jika Anda ingin mencoba bandrek buatan rumahan, Anda juga bisa mencoba memuat minuman bandrek sendiri di rumah dengan bahan dan cara yang mudah.

    Cara Membuat Minuman Bandrek di Rumah

    • Bahan-bahan yang dibutuhkan:

    - 150 gram jahe

    - 100 gram gula merah

    - 2 sendok makan gula pasir

    - 1 daun pandan

    - 4 cm kayu manis

    - 3 butir cengkeh

    - Satu sendok teh garam

    - 1 liter air

    - 250ml susu UHT

    • Cara membuat:

    - Cuci jahe lalu panggang di atas arang hingga kering dan kulitnya sedikit gosong. Kupas dan hancurkan jahe.

    - Masukkan jahe ke dalam panci, tambahkan gula merah, gula pasir, pandan, serai, kayu manis, cengkeh dan garam.

    - Rebus dengan api kecil hingga mendidih perlahan dan air sedikit menyusut.

    - Tuang susu dan aduk hingga mendidih kembali.

    - Angkat dan kencangkan, sajikan selagi panas.

    Minuman tradisional bandrek ini saat direkomendasikan untuk Anda coba, karena selain memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk tubuh, minuman tradisional khas Sunda ini terasa nikmat. Di musim hujan seperti ini, lebih nikmat untuk meminum suatu yang dapat menghangatkan tubuh. Paling tepat dan semakin nikmat apabila bandrek diminum saat musim dingin atau musim hujan.

    Di masa pandemi Covid-19 yang belum usai ini, minuman bandrek dapat membantu menjaga daya tahan tubuh kita dari virus Corona, karena bahan dasar rempah-rempah yang digunakan ialah jahe. Salah satu khasiat dan manfaat dari jahe ialah menangkal virus salah satunya Corona masuk ke dalam tubuh.

    Tips untuk Anda ketika ingin mencoba minuman bandrek ini adalah lebih enak dinikmati saat minuman bandrek masih hangat dan sebaiknya dibuat untuk sekali disajikan agar tidak perlu dipanaskan kembali.

    Ikuti tulisan menarik Alifah Nurfaizah lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.
















    Oleh: Akhmad Sekhu

    Rabu, 10 Agustus 2022 16:41 WIB

    Sajak Seribu Tahun

    Dibaca : 602 kali