x

Iklan

Mitakhul Anfika W

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 5 Januari 2022

Jumat, 7 Januari 2022 17:03 WIB

Bagaimana Gaya Kuliah Kampusmu?

Sistem perkuliahan hybrid adalah perkuliahan dengan sistem kombinasi antara metode daring atau online dengan metode tatap muka.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sistem perkuliahan hybrid adalah perkuliahan dengan sistem kombinasi antara metode daring atau online dengan metode tatap muka. Unisa Yogyakarta merupakan salah satu kampus yang menerapkan sistem perkuliahan hybrid sejak angka covid-19 menurun. Akan tetapi, sebelum dilakukan perkuliahan tatap muka dalam dua minggu mahasiswa sudah berada di Yogyakarta serta melakukan isolasi mandiri. Nah, swab antigen pun juga sudah disiapkan pihak kampus sehari sebelum dilakukan perkuliahan tatap muka. Mahasiswa pun juga mendapatkan peralatan seperti sabun cuci tangan, masker, dan sarung tangan. Unisa Yogyakarta sendiri juga mengadakan vaksin untuk mahasiswa dan masyarakat umum, karena syarat dapat mengikuti perkuliahan yaitu memiliki kartu vaksin. Di kampus kami juga ketika memasuki area kampus akan di cek suhu tubuh, mencuci tangan, dan menjaga jarak.
 
Menurut saya kebijakan adanya perkuliahan hybrid cukup membantu, hal ini karena sebagai salah satu mahasiswa bidang kesehatan skill lab menjadi hal yang paling utama ketika memasuki dunia pekerjaan. Perkuliahan hybrid ala kampus kami yaitu mata kuliah yang hanya membahas mengenai teori akan dilakukan secara daring atau online melalui aplikasi seperti zoom, discord, whatsapp, dan google meet. Mata kuliah yang membutuhkan praktikum akan dilakukan secara tatap muka. Contohnya pemasangan elektrokardiogram, pemeriksaan fisik, teknik kamar bedah, dll.
 
Kampus kami mennyediakan fasilitas yang didalam satu ruang kelas hanya ter isi 12 mahasiswa dan satu dosen, dan wajib menggunakan masker dan face sheild. Disetiap ruangan dilengkapi hand santitizer dan diwajibkan membuka jendela.
 
Dengan fasilitas yang memadahi dan persyaratan mengikuti perkulihan seperti vaksin dan swab antigen cukup membuat kami merasa aman melakukan perkuliahan secara hybrid. Akan tetapi, ada yang membuat kami was-was yakni perkuliahan teori dilakukan secara daring atau online sedangkan ujian praktikumnya melalui metode tatap muka. Karena alat yang kami gunakan untuk praktik dirumah berbeda dengan alat medis yang telah tersedia. Jadi, bagaimana perkuliahan hybrid ala kampusmu ?

Ikuti tulisan menarik Mitakhul Anfika W lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler