Gamelan Bukan Sekedar Alat Musik Tradisional - Humaniora - www.indonesiana.id
x

gamelan

Asih Fitriana

Mahasiswa INISNU Temanggung
Bergabung Sejak: 8 Januari 2022

Minggu, 9 Januari 2022 08:29 WIB

  • Humaniora
  • Topik Utama
  • Gamelan Bukan Sekedar Alat Musik Tradisional

    Rahasia gamelan

    Dibaca : 461 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Dari banyaknya negara-negara di dunia, Indonesia menjadi salah satu negara yang terkenal dengan keanekaragaman budayanya. Salah satu budaya Indonesia yang terkenal hingga sampai luar negeri adalah alat musik tradisional gamelan. Gamelan merupakan salah satu alat musik warisan budaya Indonesia yang harus dilestarikan agar tetap terjaga eksistensinya di masa depan.

    Gamelan adalah seperangkat alat musik yang dibunyikan atau dimainkan secara bersama. Suling, gong, kendang, gending, saron adalah beberapa alat musik yang tergabung dalam gamelan. Gamelan sendiri berasal dari kata gamel yang dalam bahasa Jawa mempunyai arti menabuh atau memukul. Sedangkan akhiran an merujuk pada kata benda.

    Gamelan digunakan untuk pengiring upacara adat, perayaan masyarakat, penghibur keluarga kerajaan, untuk pengiring tarian, dll. Namun di masa sekarang gamelan sendiri dinilai efektif menjadi salah satu cara untuk menanamkan nilai nilai pancasila bagi generasi muda. Salah satu contohnya dengan menggandeng generasi muda untuk untuk membuat animasi-animasi yang merujuk pada pancasila.

    nilai-nilai yang terkandung dalam gamelan

     Nilai Spiritual

    Seperti bunyi sila kesatu dalam Pancasila yaitu "Ketuhanan Yang Maha Esa", yang berarti kita harus percaya dan mengakui adanya Tuhan yang menciptakan alam semesta, sehingga kita harus memiliki kepercayaan terhadap Tuhan dan masing-masing agama yang kita anut. Nilai spiritual sendiri merupakan nilai tertinggi dan bersifat mutlak karena berasal dari Tuhan Yang Maha Esa. Seperti dipergunakannya gamelan dalam pengiringan suatu upacara karena esensinya adalah untuk membimbing pikiran umat ketika sedang melakukan prosesi agar terkonsentrasi pada kesucian. Sehingga keberadaan gamelan sebagai pengiring suatu upacara dapat menambah religiusitas.

    Nilai Demokrasi

    Nilai demokrasi ini berhubungan erat dengan sila keempat yaitu "Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan", dari ini permainan gamelan akan mencerminkan sikap demokratis. Dalam permainan gamelan terdapat alat-alat musik terciptanya demokratisasi. Seperti gendang sebagai pemimpin atau pengendali dan gong sebagai pemberhenti atau pengawas jalanya permainan.

    Nilai Sosial

    Permainan gamelan memberikan nuansa sosial yang mempererat para pemain gamelan. Kerjasama dan toleransi juga mengisi kebersamaan di dalam permainan gamelan sehingga menciptakan permainan gamelan yang bagus dan harmonis.

    Itulah beberapa nilai dalam gamelan yang berhubungan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila. Di masa sekarang sudah sepatutnya kita bisa menggunakan gamelan untuk hal-hal yang bersifat positif, sehingga gamelan tidak sekedar menjadi alat musik tradisional. Hal lain yang juga harus diperhatikan adalah, bagaimana cara agar lebih banyak lagi generasi muda yang mau belajar gamelan. Karena kita adalah pemilik asli gamelan, maka sudah sepatutnya kita bangga dan bisa melestarikan warisan budaya yang menakjubkan ini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.