Nilai Positif Bermedsos saat Pandemi - Analisis - www.indonesiana.id
x

Ilustrasi Media Sosial. Buffik dari Pixabay.com

Farras nrl

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 Januari 2022

Selasa, 11 Januari 2022 20:06 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Nilai Positif Bermedsos saat Pandemi

    Medsos atau media sosial tidak selalu memiliki dampak negatif bagi penggunanya, banyak juga manfaat positif yang bisa kita dapatkan saat sedang bermedia sosial asalkan kita menggunakanya dengan bijak.

    Dibaca : 210 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Dunia saat ini sedang menghadapi masa krisis yang disebabkan oleh virus Covid-19, saat ini virus menyebar hampir diseluruh penjuru dunia dengan cepat, sehingga WHO menetapkan pada tanggal 11 Maret 2020 wabah ini menjadi pandemi global. Ratusan ribu manusia terpapar virus ini di seluruh dunia, bahkan puluhan ribu jiwa meninggal karena ganasnya virus ini, Tercacat negara-negara yang memiliki tingkat kasus tinggi terpapar virus Covid-19 ini adalah Italia, Tiongkok, Spanyol, Amerika Serikat dan masih banyak lagi negara yang terpapar virus ini termasuk di Indonesia.

    Indonesia juga mengalami dampak yang cukup serius karena penyebaran virus ini, Penularan lewat kontak antar manusia yang sulit diprediksi karena aktivitas sosial yang tidak dapat dihindari adalah penyebab terbesar menyebarnya virus Covid-19 ini. Dalam merespon pandemi global Covid-19, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI mengeluarkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Isinya adalah kebijakan untuk melaksanakan proses Belajar dari Rumah (BDR).

    Pada masa sekarang ini kemajuan Teknologi sangat berkembang pesat, dapat dirasakan hampir disemua lapisan kehidupan masyarakat, Media sosial memainkan peran kunci dalam kehidupan setiap orang. Mahasiswa juga menggunakan Media sosial secara ekstensif, Dalam proses pembelajaran daring seperti ini, menjadi sangat penting bagi mahasiswa untuk tetap berhubungan dengan teman sebaya dan membangun jaringan yang kuat untuk membangun koneksi yang mempermudah dalam mendapatkan informasi apapun.

    Pemanfaatan media sosial juga digunakan dalam proses pembelajaran dari rumah (BDR) bagi Mahasiswa Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta yang digunakan oleh Dosen dalam memberikan informasi terkait dengan pemberian materi perkuliahan, untuk pelaporan tugas Mahasiswa dan untuk mempermudah dalam pemberitahuan informasi lainnya. Media sosial tidak hanya memiliki peran positif dalam pembelajaran saja tetapi untuk hal lain juga, contohnya untuk Ekspresi Kreatifitas bagi Mahasiswa Unisa, karena media sosial merupakan platform yang tepat bagi Mahasiswa untuk mengekspresikan dirinya. Karena banyak juga Mahasiwa yang masih kurang percaya diri dalam mengekspresikan dirinya, dengan adanya Media sosial ini akan mempermudah Mahasiswa dalam membagikan pemikiran mereka tanpa adanya rasa malu.

    Media sosial dapat menunjang Mahasiswa untuk berekspresi dengan berbagai cara seperti dengan memposting foto, blog vidio, artikel, dan lainnya, Hal ini dapat mempermudah untuk mengeksplorasi bakat mereka.

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.