Unisa Yogyakarta Optimistis Hadapi Covid-19 - Pendidikan - www.indonesiana.id
x

Nafisyah Alyana putri

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Januari 2022

Minggu, 16 Januari 2022 06:06 WIB

  • Pendidikan
  • Topik Utama
  • Unisa Yogyakarta Optimistis Hadapi Covid-19


    Dibaca : 587 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Saat ini dunia sedang digemparkan oleh penyebaran Corona Virus Disease atau dikenal dengan Covid-19 dan sudah berhasil menggemparkan Indonesia sejak 2019. Bahkan, informasi terbaru tentang Covid-19 ini lebih mengerikan karena telah masuk ke Indonesia Varian Covid-19 terbaru yaitu varian Omicron. Tidak kita sadari bahwa Varian tersebut sudah masuk ke Indonesia dan telah menyerang 5000 orang di Indonesia ini.

    Sangat disayangkan sekali bagi kami selaku mahasiswa Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta (https://www.unisayogya.ac.id/) karena kami tidak bisa kuliah tatap muka yang sudah ditentukan sebelumnya. Hal ini dikarenakan banyak masyarakat yang egois ingin bepergian ke luar negeri dengan tujuan tertentu padahal Covid-19 masih ada. Kenapa orang-orang tidak memikirkan dampak yang dibawa setelah bepergian padahal itu akan merugikan banyak orang.

    Selama pandemi, kita melaksanakan proses belajar dari rumah. Sebenarnya efektif tidak sih pembelajaran dari rumah itu? Jawabannya tidak efektif, karena materi yang dipelajari akan susah dipahami walaupun sama saja belajar langsung dengan dosen maupun guru. Walaupun seperti itu, kita harus bisa mengatasi bagaimanapun caranya agar belajar dari rumah itu tidak membosankan.

    Proses pembelajaran dari rumah biasanya melalui via Zoom atau Google Meet tetapi menurut saya pembelajaran dari rumah dengan mendengarkan penjelasan secara terus menerus akan membuat bosan dan otomatis ilmu nya akan susah didapat. Oleh karena itu, Pemanfaatan Media Sosial sebagai pembelajaran itu sangat penting loh. Karena kita tidak akan merasa bosan jika diberi tugas yang berbeda yaitu dengan melalui Media Sosial yang kita punya. Bukan lagi untuk update status, sekarang Media Sosial bisa digunakan untuk belajar. Adapun Sosial Media yang dimanfaatkan sebagai sarana pembelajaran selama pandemi diantaranya Instagram, TikTok, Youtube, Whatsapp, Facebook, dll. 

    Kami sebagai Mahasiswa/i Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta (https://www.unisayogya.ac.id/) pun tidak kalah saing dengan Universitas lain. Kami juga memanfaatkan Media Sosial yang kita punya. Bahkan kami bisa mengerjakan tugas secara kelompok dengan teman yang berbeda daerah menggunakan sarana Media Sosial. Kami bisa membantu para pedagang memasarkan jualannya dengan cara memposting di Sosial Media yang kita punya sebagai tugas dari mata kuliah. Walaupun pandemi kami tetap bisa belajar dimanapun, kapanpun dan dengan sarana apapun. 



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.