x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Minggu, 16 Januari 2022 15:26 WIB

Kabupaten Bogor Mengajar Aksi Sosial di Taman Bacaan Lentera Pustaka, Tanamkan Jiwa Nasionalisme

Peringati Hari Dharma Samudera, Komunitas Kabupaten Bogor Mengajar (KBM) aksi sosial ke Taman Bacaan Lentera Pustaka. Belajar sambil bermain

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Komunitas Kabupaten Bogor Mengajar (KBM) melalui program “Aku Kamu dan Belajar” menggelar bakti sosial bersama 50-an anak pembaca aktif Taman Bacaan Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor (15/1/2022). Bertajuk “Nasionalisme”, aksi kepedulian sosial kaum milenial ini dilakukan sebagai peringatan Hari Dharma Samudera. Untuk mengenang pahlawan yang gugur dalam pertempuran Laut Aru untuk merebut Pulau Papua dari Belanda. Sekaligus untuk menanamkan jiwa nasionalisme kepada anak-anak pembaca aktif.

 

Dikomandoi oleh Alvian Tanaya (Ketua KBM), Putri Damayanti (Sekretaris), Dinda Ayunisa Azizah (Bendahara) dan 27 anggotanya, KBM menyajikan aksi sosial “fun learning”, bermain sambil belajar seperti permainan tradisonal, mewarnai, membaca puisi dan dongeng, serta tebak lagu nasional secara interaktif. Tiap anak yang ikut menjawab dan berani tampil pun diberi hadiah sebagai motivasi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan


“Aksi sosial komunitas KBM ini, kami gelar secara rutin. Sebagai bukti kepedulian KBM terhadap pentingnya aktivitas membaca buku dan literasi di Indonesia, khususnya Kabupaten Bogor. Kegiatan ini jadi bukti komunitas KBM bukan hanya komunitas tempat berkumpulnya anak muda semata, melainkan untuk berbagi kepedulian kepada sesame di samping menjadi wadah anak muda untuk aksi nyata berbakti sosial dan menjalin silaturahmi” ujar Alvin Tanaya saat berlangsung acara di TBM Lentera Pustaka.

 

Anak-anak TBM Lentera Pustaka yang didampingi Ai, Susi, Dilla (Wali Baca) dan Reza, Fadil, Rama (relawan) dilatih untuk akif interaksi dan menjawab berbagai kuis. Dengan durasi 3 jam aktivitas, setiap anak pun diberi kesempatan untuk melatih bicara. Aksi sosial KBM ini sekaligus menjadi wujud bakti dan dukungan kaum milenial terhadap aktivitas taman bacaan, di samping mengingatkan pentingnya kolaborasi dalam meningkatkan kegemaran membaca anak dan budaya literasi masyarakat. Apalagi di tengah gempuran era digital seperti sekarag.


Syarifudin Yunus, Pendiri TBM Lentera Pustaka menegaskan aksi sosial KBM harus terus digalakkan untuk menumbuhkan rasa tangung jawab sosial di kalangan milenial.Bahwa anak-anak muda pun tetap peduli terhadap kegiatan membaca anak-anak usia sekolah di taman bacaan. Seperti yang dilakukan di TBM Lentera Pustaka ini, karena tingkat partisipasi pendidikan masyarakat-nya masih perlu ditingkatkan.

 

“Saya sangat mendukung aksi sosial KBM yang isinya anak-anak muda.Semoga KBM ini terus mempelopori aksi kepedulian sosial di taman bacaa, Inilah yang disebut ubah niat baik jadi aksi nyata. Karena baik itu perbuatan bukan omongan semata” ujar Syarifudin Yunus di TBM Lentera Pustaka. Salam literasi #TamanBacaan #PegiatLiterasi #TBMLenteraPustaka #KabupatenBogorMengajar

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu