Gelar KKN Reguler, Aksi Nyata Mahasiswa UNEJ Gali Potensi di Dusun Rekesan Timur Desa Penanggal - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Siva Putri Setyaningtias

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 17 Januari 2022

Selasa, 18 Januari 2022 06:58 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Gelar KKN Reguler, Aksi Nyata Mahasiswa UNEJ Gali Potensi di Dusun Rekesan Timur Desa Penanggal

    Mahasiswa KKN UNEJ Siap dan Semangat Mengabdi untuk Negeri

    Dibaca : 1.091 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Candipuro Lumajang- Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Jember diawali dengan pemberangkatan mahasiswa KKN, dimana dari kelompok 11 berkumpul di Auditorium Universitas Jember kemudian berkumpul di kampus Unej Lumajang untuk pelepasan sebelum ke lokasi. Ssetelah pelepasan berangkat bareng menggunakan sepeda motor menuju Dusun Rekesan Timur, Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang dan mahasiswa kelompok 11 Unej menuju posko tempat tinggal dan bersiap diri untuk hari selanjutnya.

    Pada hari kedua dilakukan survei dan pemetaan wilayah di Dusun Rekesan Timur. Dusun ini terdiri dari 1 Rukun Warga (RW) dan 6 Rukun Tangga (RT). Kegiatan survei dan pemetaan dilakukan bersama Kepala Dusun Rekesan Timur, Bapak Kholil. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui potensi yang ada dalam Dusun Rekesan Timur. Dari hasil survei diketahui beberapa potensi yang ada , yakni kampung koi, usaha keripik pisang dan talas, potensi usaha telur asin, serta beberapa informasi mengenai literasi, Kesehatan, dan sanitasi.

    Dusun Rekesan Timur memiliki banyak daerah sawah sehingga mayoritasi pekerjaan warga di dusun Rekesan Timur adalah petani. Selain petani, warga di Dusun Rekesan Timur juga memiliki beberapa peternak bebek, yakni sekitar 10 peternak bebek di Dusun Rekesan Timur. Untuk yang dijual dari peternak bebek sendiri adalah telur bebek mentah, sedangkan untuk warga yang menjual telur bebek olahan yakni telur asin hanya ada satu orang.

    Pelaksanaan KKN hari ke 3, kelompok 11 melakukan survey ke beberapa rumah warga dan perangkat desa di Dusun Rekesan Timur, Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang. Untuk survey pertama, kelompok 11 melakukan survey dan pertemuan awal ke rumah Pak Rw. 5 Dusun Rekesan Timur, yaitu Bapak Poniman terkait potensi atau peluang – peluang yang bisa dikembangkan kelompok 11  yang ada di Dusun Rekesan Timur ini.Setelah itu kelompok 11 melanjutkan survey menuju ke puskesmas dan pertemuan awal dengan Bidan Desa Penanggal, Ibu Fita Irmasari terkait dengan permasalahan stunting / kesehatan dan sanitasi di Dusun Rekesan Timur. Setelah mendapatkan informasi tentang permasalahan Stunting dan Sanitasi dari Ibu Bidan, kelompok 11 melanjutkan survey menuju ke UMKM yang ada di Dusun Rekesan Timur. Untuk lokasi UMKM ada Keripik Talas dan Keripik Pisang terkait dengan profil, produksi dan pemasaran produk. Selain itu kelompok 11 juga menanyakan informasi lebih lanjut mengenai kendala dan permasalahan apa saja yang dihadapi oleh pelaku usaha UMKM Keripik Talas dan Keripik Pisang ini.

    Kegiatan berlanjut pada hari keempat yaitu diawali dengan kunjungan ke PAUD KB Mawar mengenai Literasi di Dusun Rekesan Timur. Sesampainya di lokasi kami bertemu dengan Bu Uli selaku Kepala PAUD KB Mawar, dalam kunjungan tersebut Bu Uli menjelaskan tentang kondisi PAUD meliputi jumlah siswa, usia siswa, dan program yang telah berjalan di PAUD tersebut. Selanjutnya Bu Uli berpesan “Sekolah kami masih memerlukan banyak bantuan seperti perbaikan kelas, pemasangan plang nama sekolah, penataan ualng tanaman toga di halaman sekolah dan kami berharap program yang akan diadakan dapat berlanjut secara terus menerus meskipun KKN sudah berakhir”. Berdasarkan hasil kunjungan yang kami lakukan dan saran dari beliau, menjadikan bahan pertimbangan untuk kami membuat program ke depannya.

    Setelah melakukan kunjungan, kami kembali ke basecamp dan melakukan Petemuan Satu Minggu Sekali (PERSULI) dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yaitu dr. Yudha Nurdian, M.Kes. Dalam pertemuan tersebut kami melaporkan hasil survey yang telah kami lakukan dan program yang telah kami rencanakan untuk kedepannya. Program tersebut diantaranya revitalisasi kampung koi, mengadakan kegiatan vaksinasi, sosialisasi mengenai stunting,  Pemberian Makanan Tambahan (PMT), pengembangan produk keripik talas dan pisang, inovasi telur bebek menjadi telor asin. Berdasarkan laporan yang kami sampaikan, Pak Yudha memberikan beberapa masukan mengenai program yang akan kami lakukan ke depannya.

    Hari terakhir pada minggu petama, diisi dengan rapat koordinasi dengan seluruh kelompok KKN di Desa Penanggal, dalam rapat tersebut kami mendiskusikan mengenai kegiatan kolaborasi literasi Pendidikan dengan ITS dan UPN yang akan kami lakukan. Kegiatan kolaborasi tersebut meliputi program yang akan dibentuk untuk membantu administrasi seperti pendataan obat-obatan yang keluar masuk di Puskesmas serta pemetaan posko mandiri oleh masing-masing dusun. Program yang kedua adalah mengajar di Sekolah darurat yang ada pada posko bencana di Balai Desa Penanggal.

    Kemudian dilanjutkan dengan rapat koordinasi bersama beberapa mahasiswa dari ITS dan UPN. Dalam rapat tersebut kami membahas mengenai materi yang akan disampaikan pada setiap minggunya, selanjutnya kami juga membahas mengenai pembagian jadwal mengajar, dan yang terakhir tentang keberlanjutan dari program tersebut. Hasil dari kedua rapat koordinasi yang telah kami lakukan, selanjutnya kami diskusikan lebih lanjut bersama kelompok kami.  



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.