Optimis Hadapi Covid-19, Universitas Aisyiyah Yogyakarta Memanfaatkan Media Sosial dalam Pembelajaran Selama Pandemi - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Apriliani Noor Aisyah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 Januari 2022

Kamis, 20 Januari 2022 16:51 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Optimis Hadapi Covid-19, Universitas Aisyiyah Yogyakarta Memanfaatkan Media Sosial dalam Pembelajaran Selama Pandemi

    Pandemi Covid-19 tidak melunturkan semangat mahasiswa/mahasiswi Unisa Yogyakarta dalam menuntut ilmu. Dengan media sosial perkuliahan dapat berlangsung secara optimal.

    Dibaca : 266 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Pandemi Covid-19 tidak melunturkan semangat mahasiswa/mahasiswi Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta dalam menuntut ilmu. Tentunya masa pandemi ini mengharuskan masyarakat untuk lebih ketat menerapkan protokol kesehatan dan diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sehingga kuliah harus dilakukan secara daring. Kuliah daring merupakan sebuah proses perkuliahan dengan menggunakan akses internet dan media sosial sebagai sarana untuk melaksanakan pembelajaran. Metode pembelajaran daring tidak hanya berlaku di indonesia namun  juga banyak diterapkan di negara lain guna mencegah penyebaran virus corona.

     

    Awalnya pembelajaran secara daring menuai banyak pro dan kontra. Dampak positif dan negatif pun bermunculan. Sistem belajar online benar benar harus diperhatikan karena berjam jam didepan layar laptop/handphone akan membuat mahasiswa merasa lelah dan bosan. Sehingga perlu inovasi dalam memberikan pembelajaran untuk menghindari hal tersebut.

    Perkuliahan daring dengan memanfaatkan media sosial yang sangat berperan dalam pembelajaran dan alat komunikasi antara mahasiswa dengan dosen. Mahasiswa Unisa tentunya harus segera melakukan adaptasi terhadap metode perkuliahan baru ini. Namun, bukan menjadi suatu hal yang sulit karena hampir semua orang sudah menggunakan media sosial dari masa sebelum pandemi.

    Bagaimana Cara Penggunaan Media Sosial di Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta ?

    Pembelajaran dengan menggunakan media sosial dimanfaatkan dengan sebaik dan semenarik mungkin untuk menghindari rasa bosan dalam belajar di rumah. Dalam pembelajaran menerapkan berbagai metode agar belajar menjadi lebih menyenangkan.

    1. Synchronous

    Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan waktu yang sudah terjadwal (real time) yang dimana pembelajaran dilakukan antara dosen dengan mahasiswa saat sama-sama online dan dapat melakukan komunikasi dua arah sehingga dapat secara langsung memberikan feedback. contoh media yang digunakan adalah zoom, gmeet, videocall whatsapp.

    1. Asynchronous

    Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan memberikan bahan ajar atau pengerjaan tugas secara tidak langsung. Bahan ajar yang biasa diberikan seperti materi dalam bentuk word, pdf atau bahkan video. Pembelajaran dilakukan dengan melakukan diskusi antar mahasiswa dan dosen. Contoh media yang digunakan adalah e-learning dan grup whatsapp.

    1. Kuis

    Kegiatan pembelajaran yang dilakukan untuk sejauh mana pengetahuan mahasiswa terhadap materi yang akan atau telah disampaikan. Contoh media yang digunakan adalah Kahoot.

    Itulah beberapa metode pembelajaran yang dilakukan Unisa  semasa pandemi covid-19 ini. Kelebihan dari kuliah daring dengan metode tersebut adalah mahasiswa jadi lebih aktif dalam pembelajaran, waktu yang lebih fleksibel untuk belajar, serta dapat melakukan webinar atau kuliah dengan dosen luar dengan mudah. Dengan metode yang ada diharapkan dapat berjalan efektif dan mahasiswa dapat memahami materi yang disampaikan oleh dosen.

    Media sosial memiliki peranan yang besar terhadap pendidikan. Dapat dilihat dari beberapa metode diatas yang bisa diakses dengan mudah untuk mendapatkan ilmu serta dapat memicu kualitas belajar mahasiswa.

     

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.