Aplikasi dan Website Pintar Dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 Universitas Aisyiyah Yogyakarta - Pendidikan - www.indonesiana.id
x

Lathifah Qystiar

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 Januari 2022

Kamis, 20 Januari 2022 16:56 WIB

  • Pendidikan
  • Topik Utama
  • Aplikasi dan Website Pintar Dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 Universitas Aisyiyah Yogyakarta


    Dibaca : 630 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Indonesia punya tantangan besar dalam penanganan Covid-19. Aspek yang menjadi tantangan saat ini, konsentrasi pada pendidikan dan teknologi. Pandemi Covid-19 memaksa kebijakan social distancing, atau di Indonesia lebih dikenalkan sebagai physical distancing (menjaga jarak fisik) untuk meminimalisir persebaran Covid-19. Jadi, kebijakan ini diupayakan untuk memperlambat laju persebaran virus Corona di tengah masyarakat. 

    Tantangan Pembelajaran Persebaran virus Corona yang ada di berbagai negara, memaksa untuk melihat kenyataan bahwa dunia sedang berubah. Dapat melihat bagaimana perubahan-perubahan di bidang teknologi dan pendidikan di tengah krisis akibat Covid-19. Perubahan itu mengharuskan untuk bersiap diri, merespon dengan sikap dan tindakan sekaligus selalu belajar hal-hal baru. Indonesia tidak sendiri dalam mencari solusi bagi siswa dan mahasiswa agar tetap belajar serta terpenuhi hak pendidikannya.  Sampai  1 April 2020, UNESCO mencatat setidaknya  1,5 milyar anak usia sekolah yang terdampak Covid-19 di 188 negara termasuk 60 jutaan diantaranya ada di negara kita. Tingkat pendidikan yang di tuju seperti TK, SD, SMP, SMK, Perkuliahan, dll.

    Untuk mempermudah pembelajaran universitas 'Aisyiyah Yogyakarta menggunakan beberapa aplikasi dan website yaitu :

    1. Aplikasi E-LEARNING UNISA atau sering disebut lensa unisa digunakan untuk interaksi tugas antara dosen dengan mahasiswa, dan mengetahui info jadwal pembelajaran seputar mahasiswa universitas Aisyiyah Yogyakarta. aplikasi ini tidak sembarang orang bisa mengakses tetapi yang bisa akses masuk seperti dosen, mahasiswa, serta warga universitas 'Aisyiyah Yogyakarta saja.

    2. Website SIMPTT UNISA di gunakan untuk mengetahui seputar keuangan, jadwal perkuliahan, profil mahasiswa, dll

    3. Aplikasi UNISA_SWAmahasiswa yang di gunakan untuk mengetahui kehadiran mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran.

    3. Zoom dan G-meet digunakan untuk interaksi dosen dengan mahasiswa universitas 'Aisyiyah Yogyakarta.

    Aplikasi yang digunakan cukup menjadi solusi pembelajaran di masa Pandemi Covid-19 bagi

     https://www.unisayogya.ac.id/id/



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.