Dampingi Pemulihan Trauma Pascaerupsi Semeru, Mahasiswa KKN Unej Asuh Outbound Kids di Tirtosari View - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Andy Prastiawan Firdianto

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 Januari 2022

Senin, 24 Januari 2022 10:29 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Dampingi Pemulihan Trauma Pascaerupsi Semeru, Mahasiswa KKN Unej Asuh Outbound Kids di Tirtosari View


    Dibaca : 482 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Dampingi Pemulihan Trauma Pascaerupsi Semeru, Mahasiswa KKN Unej Asuh Outbound Kids di Tirtosari View

    Candipuro, Lumajang – Erupsi gunung semeru yang terjadi kurang lebih satu bulan setengah yang lalu masih menjadi sorotan publik, pasalnya kejadian tersebut berdampak bagi masyarakat yang berada pada sekitar gunung semeru tersebut, hal itu ditandani dengan banyaknya pengungsi di daerah sekitar, kegiatan belajar mengajar yang dipindahkan ke pengungsian, melalang lintangnya kendaraan setiap hari tanpa henti baik ambulan, bahkan truk pemuat logistik untuk korban bencana erupsi.

    Kondisi tersebut pasti berdampak pada psikologis sesorang, baik korban bencana maupun masyarakat sekitar kejadian, sehingga perlu adanya penanganan trauma healing, trauma healing sangat penting dilakukan untuk mengembalikan kondisi psikologis korban bencana terutama anak–anak, hal ini dikarenakan pengalaman buruk pada anak–anak akan meningkatkan emosi anak yang dapat menimbulkan gangguan psikis yang efeknya bahkan bisa jangka panjang. Dengan pendampingan yang baik dari trauma healing akan mencegah trauma mendalam pada anak anak.

    Melihat hal tersebut mahasiswa KKN Kolaboratif Peduli Semeru Universitas Jember kelompok 11 dibawah bimbingan bapak dr. Yudha Nurdian M. Kes. menggelar outbound kids bersama anak–anak Kelompok Belajar “Mawar” Desa. Penanggal di Tirtosari View. Tirtosari View merupakan pemandian alam yang terletak di Dusun. Sumbersari Desa Penanggal, Tirtosari View menyediakan berbagai wahana antara lain kolam renang, kolam ikan koi, hutan bambu, serta cafe warna warni yang sempat viral.

    Kegiatan tersebut diawali dengan senam sehat bersama, selanjutnya anak–anak dikenalkan tentang ikan koi, hal ini menjadi salah satu tujuan dari kegiatan tersebut yaitu anak- anak dapat mengenal potensi peraian yang ada di Desa Penanggal yaitu budidaya ikan koi, setelah itu anak – anak diberikan kesempatan untuk memberikan makan ikan – ikan koi yang ada di kolam secara langsung dengan pengawasan guru, orang tua dan mahasiswa KKN kelompok 11 Universitas Jember. Setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan mewarnai gambar koi yang sudah disiapkan oleh mahasiswa KKN 11, setelah itu dilanjutkan dengan renang bersama di kolam renang yang ada di Tirtosari View 

    Dengan digelarnya kegiatan tersebut mahasiswa KKN 11 Universitas Jember menekankan pada pendampingan trauma healing pada anak melalui ikan koi, disamping itu ikan koi juga menjadi salah satu ikon yang ada di  Desa Penanggal yang dapat menjadi solusi trauma healing untuk korban bencana khususnya didaerah tersebut dan sekitarnya.

    Kegiatan tersebut disambut baik oleh guru–guru Kelompok Belajar “Mawar” serta wali murid siswa, harapannya kegiatan tersebut memberikan efek positif psikologi anak–anak dan memberikan semangat untuk menjalani aktivitas sehari–hari.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.