Pemanfaatan E-Learning dalam Masa Pandemi di Unisa Yogyakarta - Pendidikan - www.indonesiana.id
x

Pasha Fikri223

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 Januari 2022

Senin, 24 Januari 2022 16:33 WIB

  • Pendidikan
  • Topik Utama
  • Pemanfaatan E-Learning dalam Masa Pandemi di Unisa Yogyakarta


    Dibaca : 596 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

         Saat ini dunia sedang menghadapi pandemi global yang disebabkan penyebaran Corona Virus Disease  atau yang lebih dikenal dengan Covid-19. Indonesia sudah mengalami dampak yang cukup serius dari penyebaran penyakit ini. Sampai saat ini sudah cukup banyak yang terkena kasus Virus Covid- 19  di Indonesia yaitu 4.280.248, meninggal 144.201, sembuh 4.121.928. Menteri Pendidikan  dan Kebudayaan RI telah merespon untuk mengeluarkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Covid-19. Salah satu isinya adalah kebijakan untuk melaksanakan proses Belajar secara online.

         Saat ini sudah banyak media sosial yang dimanfaatkan untuk proses pembelajaran online. Diantaranya Youtube, Whatsapp, Zoom, Google meet dan E-Learning. Dengan berbagai Aplikasi tersebut guru dan dosen memudahkan untuk menyampaikan materi kepada peserta didik dan mahasiswa secara daring. Di masa pembelajaran online ini sekolah dan universitas sudah  menggunakan aplikasi pembelajaran online yaitu  E-Learning.

        Aplikasi E-learning juga sudah diterapkan di Universitas Aisyiyah Yogyakarta. Namun, sejumlah kesulitan ditemui para mahasiswa dan dosen dalam penggunaan E-learning di Universitas Aisyiyah Yogyakarta. E-learning merupakan pengajaran dan pembelajaran yang menggunakan rangkaian elektronik (LAN, WAN, internet) untuk menyampaikan isi pembelajaran, interaksi, atau bimbingan. Ada juga yang mengartikan E-learning sebagai bentuk pendidikan jarak jauh yang dilakukan melalui media internet. E-learning juga disebut sebagai kegiatan belajar asynchronose melalui perangkat elektronik komputer yang memperoleh bahan belajar yang sesuai dengan kebutuhan.

         E-Learning merujuk pada gangguan teknologi internet untuk mengirimkan serangkaian solusi yang bisa meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Istilah "E" singkatan dari Elektronik digunakan untuk segala teknologi yang mendukung usaha pengajaran melalui teknologi elekronik internet. Penggunaan media sosial E-Learning ini dapat mengelola pembelajaran online pada masa pandemi COVID-19 Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta

         Adapun beberapa kegiatan pembelajaran yang bisa dilakukan di UNISA Yogyakarta dengan menggunakan E-learning dengan membuat forum diskusi, melakukan konsultasi pembelajaran, dan pengerjaana tugas yang dilakukan secara online. Media E-learning menjadikan kegiatan perkuliahan yang lebih bermakna, karena antara mahasiswa serta dengan dosen bisa melanjutkan perkuliahan tatap muka melalui obrolan ringan secara online dengan menggunakan E-learning. Perlunya pelatihan bagi dosen dan mahasiswa agar dapat memanfaatkan E-learning secara optimal demi proses pembelajaran. Sehingga dalam masa pandemi ini proses pembelajaran diharapkan dapat berjalan sebagaimana mestinya.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.