Gerakan Unisa dan Pemerintah dalam Menghadapi Pandemi Covid 19 - Pendidikan - www.indonesiana.id
x

Kampus Terpadu Unisa Yogyakarta

Fadhira Talitha Shani

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 25 Januari 2022

Selasa, 25 Januari 2022 19:51 WIB

  • Pendidikan
  • Topik Utama
  • Gerakan Unisa dan Pemerintah dalam Menghadapi Pandemi Covid 19

    Unisa merupakan kampus swasta yang berlokasi di Daerah Istimewa Yogyakarta dan merupakan suatu kampus dibawah organisasi Muhammadiyah-Aisyiyah.Basis dari kampus UNISA ini adalah Bidang Kesehatan. Hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa UNISA sangat serius dalam memberikan kontribusinya untuk menangani pandemi Covid-19 dengan pemerintah. Salah satu bentuk gerakan yang diberikan oleh Unisa untuk menangani pandemi Covid-19 adalah penyediaan shelter bagi pasien yang terindikasi Covid-19.Shelter ini diciptakan dari pengaihfungsian dari Asrama Mahasiswa.

    Dibaca : 333 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-COV-2) yang lebih dikenal dengan nama virus corona adalah jenis baru dari corona virus yang menyebabkan penyakit menular ke manusia.

    Hal tersebut membuat dampak yang sangat merugikan terutama di sektor pendidikan. Di Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta merupakan suatu lembaga pendidikan yang sangat mendukung tinggi dan merangkul pemerintah untuk menghadapi pandemi Covid-19 di indonesia.

    Unisa merupakan kampus swasta yang berlokasi di Daerah Istimewa Yogyakarta dan merupakan suatu kampus dibawah organisasi Muhammadiyah-'Aisyiyah.Basis dari kampus Unisa ini adalah Bidang Kesehatan. Hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa Unisa sangat serius dalam memberikan kontribusinya untuk menangani pandemi Covid-19 dengan pemerintah. Salah satu bentuk gerakan yang diberikan oleh Unisa untuk menangani pandemi Covid-19 adalah penyediaan shelter bagi pasien yang terindikasi Covid-19.Shelter ini diciptakan dari pengaihfungsian dari asrama mahasiswa.

    Sebagai lembaga ilmiah, perguruan tinggi mempunyai tiga kewajiban utama yang harus dipenuhi. Tiga kewajiban tersebut tergabung dalam Tridharma perguruan tinggi yang meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat. Atas dasar itulah peran dan fungsi perguruan tinggi sangat diperlukan . Terlebih di masa pandemi seperti saat ini, peran perguruan tinggi terutama dalam bidang penelitian dan kesehatan perlu dimaksimalkan agar dapat memberikan solusi. Dalam hal ini diperlukan adanya dukungan atau kolaborasi dengan pihak lain terutama pemerintah. Salah satu perguruan tinggi yang mendukung penuh dan bekerja sama dengan pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 adalah Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (Unisa).

    Pembentukan Shelter ini sangatlah sulit, maka dari itu Unisa dan pemerintah saling support demi pembentukan Shelter ini dengan cara melengkap segala segala fasilitas ataupun sarana untuk pendukung Shelter. Dapat dilihat dari tersedianya tenaga medis dan nonmedis yang siaga 24 jam beserta ambulance nya dan berbagai infrastruktur lainnya yang ada di shelter Unisa.

    Selain pendirian dari shelter ini, Unisa juga menyelenggarakan atau mengadakan Vaksinasi Covid-19, yang diperbolehkan untuk semua kalangan. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka guna memutus rantai penularan Covid-19 serta mempercepat program vaksinasi dari pemerintah. Bahkan,seperti Polri,TNI dan Tenaga Medis lainnya juga terlibat dalam gerakan ini. Hal tersebut dilakukan agar mengurangi kerugian yang berimbas bagi kehidupan masyarakat.

    Dapat diketahui bahwa perguruan tinggi Unisa memang mempunyai peran yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat dalam Pandemi Covid-19. Akan tetapi, dalam pelaksanaanya tetap diperlukan support dan effort dari berbagai pihak salah satunya pemerintah.  Pemerintah harus mendukung penuh atau berkolaborasi dengan perguruan tinggi agar tercipta gagasan-gagasan baru. Dengan begitu perguruan tinggi dapat semakin memaksimalkan peran dan fungsinya sebagai lembaga yang dapat memberikan kontribusi baik bagi masyarakat.

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.