Metode Hybrid Learning di Masa Pandemi - Pendidikan - www.indonesiana.id
x

Kampus Universitas \x27Aisyiyah Yogyakarta

Hermala Yon Putri

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 25 Januari 2022

Rabu, 26 Januari 2022 06:20 WIB

  • Pendidikan
  • Topik Utama
  • Metode Hybrid Learning di Masa Pandemi

    Turunnya level PPKM di sejumlah provinsi serta kabupaten atau kota membuat beberapa Perguruan Tinggi (PT) menerapkan metode hybird learning dalam pembelajarannya. Dalam mempersiapkan pembelajaran metode hybird learning ini, Universitas Aisyiyah Yogyakarta menjadikan gedung tempat pembelajaran yang aman dan nyaman untuk kegiatan mahasiswa, baik kegiatan kuliah maupun kemahasiswaan.

    Dibaca : 477 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Hybird learning adalah penggabungan metode pembelajaran tatap muka dan daring. Metode ini memanfaatkan inovasi dan kemajuan teknologi sehingga menghasilkan hubungan dan partisipasi yang lebih maksimal dibandingkan dengan pembelajaran daring saja. Turunnya level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di sejumlah provinsi serta kabupaten atau kota membuat sejumlah Perguruan Tinggi (PT) menerapkan metode hybird learning dalam pembelajarannya. Dalam mempersiapkan pembelajaran metode hybird learning ini, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta menjadikan gedung tempat pembelajaran yang aman dan nyaman untuk kegiatan mahasiswa, baik kegiatan kuliah maupun kemahasiswaan.

    Lingkungan Universitas Aisyiyah Yogyakarta (Unisa) yang asri dan nyaman menjadi pendukung untuk kegiatan metode pembelajaran ini. Mahasiswa tetap mematuhi protokol kesehatan, mencuci tangan sebelum masuk kelas pembelajaran di wastafel yang sudah disediakan oleh pihak Universitas Aisyiyah Yogyakarta, dan selalu memakai masker. Sebelum mahasiswa atau dosen memasuki kawasan universitas juga di cek suhu tubuh terlebih dahulu oleh satpam yang berjaga. Serta sebelum dilaksankan kuliah tatap muka mahasiswa harus melaksankan swab Polymerase Chain Reaction (PCR) terlebih dahulu sebelum jadwal kuliah berlangsung. Seperti yang dilakukan mahasiswa S1 Keperawatan semester 1 pada tanggal 27 Desember 2021, mereka melaksanakan test swab PCR bersama secara bergantian sesuai jadwal yang telah ditentukan pihak universitas. Universitas Asyiyah Yogyakarta juga mengedukasi pencegahan penularan Covid-19 berupa poster dan majalah dinding yang tertempel di lingkungan kampus.

    Mahasiswa  Universitas Aisyiyah Yogayakarta yang mendapatkan jadwal pembelajaran tatap muka masih dibatasi, mengingat masih dalam kondisi pandemi, kerumunan harus dihindari dan mengurangi kontak fisik antar mahasiswa atau dosen. Kuliah tatap muka ini masih di lanjutkan dengan pembelajaran secara daring yang dilaksanakan sesuai jadwal. Setiap pembelajaran tatap muka maksimal dua jam untuk setiap pertemuan mata kuliah, dengan pembagian ruangan yang berbeda untuk  tiap mahasiswa sesuai kelompok yang telah dibagikan dengan kapasitas yang dibatasi.

    Satu persatu program studi di Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta diharapkan bisa membuka mata kuliah, sehingga pembelajaran dapat dilaksanakan dengan metode hybird. Dan menjadikan semakin banyak mahasiswa yang kembali belajar ke kampus untuk mengikuti aktivitas yang lebih maksimal. Pembelajaran dengan metode hybird learning  bisa membantu mahasiswa dalam kegitan belajar dan sangat efektif. Momen ini memberikan kesenangan tersendiri bagi mahasiswa dalam prose pembelajaran karena diskusi secara langsung antar mahasiswa dan juga dosen Universitas Aisyiyah Yogyakarta. 



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.