Tren E-Learning Sebagai Media Belajar di Unisa - Analisis - www.indonesiana.id
x

Muhammad Bagus

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 25 Januari 2022

Rabu, 26 Januari 2022 06:19 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Tren E-Learning Sebagai Media Belajar di Unisa

    Pembelajaran elektronik atau pembelajaran online yang disebut E-Learning adalah pembelajaran formal maupun non formal yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi, sehingga pelajar dan pengajar melakukan proses belajar mengajar menggunakan media elektronik. E-Learning dilakukan dalam jaringan, siswa  dan guru atupun Mahasiswa dan dosen bisa mengaksesnya di mana saja dan kapan saja.

    Dibaca : 326 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Beberapa tahun terakhir pembelajaran dengan metode online learning atau e-learning mulai banyak digunakan oleh berbagai kalangan. Cara tersebut diklaim bisa menjadi alternatif untuk proses belajar yang lebih fleksibel dan praktis serta disukai oleh generasi pelajar saat ini. Ada banyak sekali manfaat online learning, terutama dari segi penyampaian yang cenderung lebih atraktif sehingga meningkatkan minat belajar.

    Pembelajaran elektronik atau pembelajaran online yang disebut e-learning adalah pembelajaran formal maupun non formal yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi, sehingga pelajar dan pengajar melakukan proses belajar mengajar menggunakan media elektronik. E-Learning dilakukan dalam jaringan, siswa  dan guru atupun Mahasiswa dan dosen bisa mengaksesnya di mana saja dan kapan saja.

    E-Learning yang sering ada biasanya ber bentuk kursus online, seminar online, dan lain sebagainya. Umumnya E-Learning dilakukan melalui perantara internet berbasis web, semua materi, kuis dan bahan ajar bisa diakses pada web tersebut. Materi yang ada bisa berupa teks yang diformat menjadi bentuk file pdf, berbentuk suara, ada juga yang berbentuk streaming YouTube. Untu E-Learning sendiri memiliki 2 jenis yaitu berupa situs dan aplikasi, ada bebarapa contoh seperti Brainly,qanda,google clasroom,zoom,ruang guru,dan lain-lain.

    Perkembangan ini bisa membantu Anda untuk lebih memahami materi yang diajarkan secara lebih detail. Seperti halnya Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta juga tidak ketinggalan dalam penggunan E-Learning ini,yang di mana unisa membuat situs belajar sendiri yang biasa di sebut dengan Lensa Unisa. LENSA merupakan singkatan dari E-Learning Unisa yang memiliki filosofi mengumpulkan dan memusatkan perhatian pada jangkauan cahaya,menghasilkan gambar yang jelas serta pembelajaran yang sesuai dengan tujuan.

     Lensa unisa juga bersifat asinkron yang  tepat untuk model pembelajaran yang ramah sinyal,selain itu juga Lensa Unisa dapat di gunakan untuk menyimpan semua proses pembelajaran dan sebagai agregator berani untuk PTMA maupun SPADA. lensa unisa juga di gunakan untuk mengumpulkan tugas ,ataupu mengakses materi yang di bagikan oleh dosen baik berupa file vidio maupun teks. Selain itu juga lensa unisa di gunakan untuk mengambil absen dan mengambil nilai dengan cara menggunakan salah satu fitur nya berupa Quiz yang dapat di atur jumlah soal dan batas waktu mengerjakan nya yang dimana membuat Lensa Unisa lebih cepat ,hemat,simpel ,dan modern.

    Selain Lensa, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta juga menggunakan E-Learning lain nya juga yang berbasis Aplikasi seperti :

    • Zoom dan google meet

    Biasanya digunakan untuk melakukan pembelajaran online atau jarak jauh. Zoom dan google meet sangat membantu dalam proses belajar di  mana dalam aplikasi ini dapat membantu belajar lebih terasa menyenangkan karena memungkinkan mahasiswa dan dosen saling bertatap muka meski jarak nya berjauhan.

    • Youtube

    Merupakan aplikasi berupa vidio yang sangat membantu dalam pembelajaran karena mahasiswa dapat melihat vidio tentang materi yang di jelaskan oleh dosen secara berulang ulang ,dan juga dapat membantu dosen dalam memberikan pembelajaran tanpa harus melakukan pembelajaran secara terjadwal.

     

    Di masa pandemi ini kita di arah kan untuk menjaga jarak atau physical distancing untuk memutus mata rantai COVID-19, e-learning merupakan salah satu alternatif yang bisa digunakan untuk terus melanjutkan proses belajar mengajar. Dan juga Saat ini, e-learning telah diterapkan oleh institusi pendidikan hampir di seluruh negara. E-learning adalah pembelajaran yang dilakukan secara daring melalui perangkat elektronik. Banyak manfaat yang didapatkan dari belajar menggunakan e-learning. Pembelajaran daring ini diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar dan menciptakan generasi milenial dengan kemampuan autonomous learning yang baik.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.