x

Iklan

DIANDRA DAMAR MAZAYA SASTRA ATMADJA

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 25 Januari 2022

Rabu, 26 Januari 2022 06:43 WIB

Bisnis Digital untuk Usaha Kecil dan Menengah

Bisnis digital sangat penting karena usaha bisa tumbuh cepat. Tek heran, sekarang makin banyak bisnis UMKM memanfaatkan pemasaran secara digital. Survei BPS 2020 menunjukkan 46,75 persen pelaku usaha sudah memanfaatkan teknologi informatika dan internet. Mereka yang masuk jalur iin memperoleh pendapatan 1,14 kali lebih banyak dibanding sebelumnya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bisnis digital adalah sebuah jenis bisnis yang menggunakan teknologi dan jaringan internet. Semua bisnis yang dilakukan secara online maupun menggunakan aplikasi atau website adalah termasuk dari bisnis digital tersebut. Tujuan utama dari digital bisnis adalah menarik dan menjangkau target konsumen dengan lebih cepat, efektif, efisien melalui penggunaan intenet.

Bisnis digital juga sangat penting karena bisa menumbuh usaha dengan cepat.  Di ranah ini interaksi konsumen dengan produsen terjadi secara langsung tanpa harus berada di tempat yang sama. Sekarang, makin banyak bisnis UMKM yang cara pemasaran nya dari pemasaran konvensional menjadi pemasaran digital.

Terdapat faktor internal dan eksternal mengapa banyak bisnis UMKM mengadaptasi bisnis digital. Pertama, penjualan online lebih praktis dibandingkan penjualan secara tatap muka. Ini dikarenakan penjual tidak perlu membayar biaya sewa tempat atau mengiklankan produknya. Penghematan waktu juga menjadi alasan kuat membuat UMKM berpindah kepada bisnis digital. Kedua, pengusaha bisa menjangkau pasar dengan lebih akurat dengan berbagai variabel demografi, seperti umur, pekerjaan, jenis kelamin, tempat tinggal, ataupun hobi.

Untuk faktor eksternal, Covid-19 menjadi alasan utama mengapa UMKM ramai-ramai berpindah ke digital bisnis. Covid-19 ini menyebabkan pembatasan aktivitas masyarakat untuk melakukan pemasaran secara konvensional. Faktor eksternal lainnya adalah penggunaan internet pada zaman sekarang. Bisnis UMKM sangat memerlukan internet untuk bersaing dengan usaha yang lain.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pada tahun 2020, Survei Badan Pusat Statistik menyampaikan bahwa sekitar 46,75 persen pelaku usaha sudah memanfaatkan teknologi informatika dan internet. Mereka juga menyatakan bahwa bisnis yang sudah melakukan pemasaran secara online sebelum masa Covid-19 mempunyai pendapatan 1,14 kali lebih banyak disbanding usaha yang baru mulai memasarkan produk nya saat masa-masa PPKM.

Alvin Rachmansyah adalah seorang pengusaha (32 tahun) mengakui semenjak memasarkan produk makanannya secara online, penjualannya meningkat 180 paket pempek per hari. Sebelum berbisnis online, beliau hanya menjual sekitar 40 paket pempek per hari.

Penelitian dari Paper.id dan SMESCO memperlihatkan 43,09 persen UMKM di bidang kuliner mengalami penurunan drastis dikarenakan tidak melakukan pemasaran secara online.

Meskipun digital bisnis mempunyai banyak hal positif, tetap menyimpan tantangan tersendiri. Tantangan pertama adalah ketergantungan terhadap jaringan internet dan teknologi. Jika teknologi atau jaringan internet belum masuk di sebuah daerah, maka pemahaman internet juga belum dikuasai semua orang. Hanya generasi tertentu, terutama milennial, yang terbiasa mengakses dan memahami cara menggunakan internet dengan efektif dan tepat. 

Kita benar-benar dapat melihat bahwa bisnis digital adalah hal yang sangat penting bagi UMKM, mungkin ada banyak sisi positif dari bisnis digital tetapi tidak semuanya sempurna karena mereka juga memiliki sisi negatifnya. Teknologi di dunia selalu berkembang, sehingga penting bagi setiap orang termasuk pelaku UMKM untuk beradaptasi dengan bisnis digital ini.

Ikuti tulisan menarik DIANDRA DAMAR MAZAYA SASTRA ATMADJA lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB