x

ilustr: scoop.it

Iklan

Puti Saura

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 Januari 2022

Rabu, 26 Januari 2022 17:26 WIB

Komunikasi Dalam Organisasi Kampus

Komunikasi, Organisasi dan Informasi adalah tiga hal yang tidak bisa lepas dari kehidupan kita sehari-hari. Komunikasi merupakan awal dari terbentuknya suatu masyarakat atau komunitas yang terintegrasi oleh informasi, dimana masing-masing individu dalam masyarakat itu sendiri saling berbagi informasi untuk mencapai tujuan yang sama. Oleh karena itu, komunikasi dianggap faktor yang sangat penting bagi keberhasilan suatu organisasi, termasuk organisasi kemahasiswaan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Artikel ini merupakan bagian dari tugas UAS dan pembelajaran mata kuliah Citra Diri dan Pribadi Profesional Universitas Trilogi.

Disusun oleh: Kelompok 4; Puti Saura, Annisa Saphira Ramadhani dan Muhammad Fathi Farhat.

Komunikasi berasal dari bahasa Latin "communis" atau dalam Bahasa Inggris "common" yang berarti sama. Komunikasi adalah suatu hal yang sangat mendasar dalam kehidupan manusia dan merupakan bagian penting yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia sebagai makhluk sosial. Berkomunikasi berarti kita berusaha untuk mencapai kesamaan makna. Melalui komunikasi kita dapat berbagi informasi, gagasan atau sikap kita dengan pihak lainnya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pada dasarnya organisasi merupakan suatu kesatuan sosial dari sekelompok manusia yang saling berinteraksi menurut suatu pola tertentu sehingga setiap anggota organisasi memiliki fungsi dan tugasnya masing-masing, yang sebagai suatu kesatuan mempunyai tujuan tertentu dan memiliki batas-batas yang jelas, sehingga bisa dipisahkan secara tegas dari lingkungannya.

Menurut William F. Glueck, Komunikasi Dalam Organisasi (Organization Communications) adalah proses dimana pembicara memberikan informasi secara sistematis dan memindahkan pengertian kepada anggota di dalam organisasi dan juga kepada orang-orang dan lembaga-lembaga di luar organisasi namun masih terkait dengan organisasi tersebut.

Dalam suatu organisasi, tindak komunikasi memiliki fungsi salah satunya ialah fungsi informatif. Organisasi dapat dipandang sebagai suatu sistem pemrosesan informasi, yang berarti seluruh anggota dalam suatu organisasi berharap dapat memperoleh informasi yang lebih banyak, lebih baik, dan tepat waktu. Informasi pada dasarnya dibutuhkan oleh semua orang yang mempunyai perbedaan kedudukan di dalam sebuah organisasi. Informasi yang didapat dari komunikasi yang efektif memungkinkan setiap anggota organisasi dapat melaksanakan tugasnya secara lebih pasti dan lebih baik. 

Dennis (1975) mengemukakan lima faktor yang dianggap paling penting oleh anggota organisasi dalam berkomunikasi. Kelima faktor tersebut adalah;

  1. Komunikasi atasan dengan bawahan, komunikasi dari atasan ini akan menjadi lebih efektif bila antaraatasan dengan bawahan dapat menjalin hubungan saling mempercayai dan mendukung.
  2. Komunikasi ke bawah, yaitu penyampaian pesan dari atasan kepada bawahan. Bisa berupa memo, tatap muka dsb.
  3. Komunikasi ke atas, yaitu penyampaian pesan dari bawahan kepada atasan. Biasanya berupa laporan kerja.
  4. Komunikasi horizontal, komunikasi yang terjadi antar anggota dalam tingkatan struktur yang setara, biasanya berbentuk gossip dan sejenisnya.
  5. Komunikasi nonformal, bisa diartikan sebagai komunikasi yang dilakukan di luar bentuk formal semacam rapat.

 

Dalam organisasi kampus tentu komunikasi dan informasi telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dimana seperti yang telah di jelaskan sebelumnya bahwa komunikasi sangat penting dalam organisasi demi mewujudkan tujuan dari organisasi tersebut. Komunikasi dalam organisasi pun telah dijelaskan bahwa memiliki fungsi informasi sebagai kebutuhan setiap anggota dalam melakukan tugasnya. Selain itu fungsi informasi juga sebagai bagian dari fungsi komunikasi organisasi sebagai pemberitahuan informasi kepada masyarakat sekitar.

 

#UniversitasTrilogi #Teknososiopreneur #InsanUnggulInovasi #DKV #CDPP 

Ikuti tulisan menarik Puti Saura lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler