x

Iklan

Safa Nabila Aulia Putri

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 Januari 2022

Kamis, 27 Januari 2022 16:18 WIB

Peran Mahasiswa Universitas Trilogi Sebagai Insan Unggul yang Bertanggung Jawab

Artikel ini dibuat untuk memenuhi tugas UAS mata kuliah CDPP yang diajar oleh dosen pengampu ibu Fathia Anggriani Pradina, S.S., M.Hum. Universitas Trilogi.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sebagai mahasiswa Universitas Trilogi yang unggul juga sebagai pribadi yang optimis serta bertanggung jawab. Mahasiswa juga wajib mempunyai semangat belajar yang tinggi, dan tidak menyerah untuk hal yang diimpikan. Menjadi mahasiswa unggul mungkin amat sulit dan tidak mudah, sebagai mahasiswa kita harus disiplin, mempunyai kemauan yang tinggi, bertanggung jawab, dan mempunyai mental yang kuat agar menjadi pribadi yang lebih baik. Mahasiswa yang unggul mempunyai kepribadian pintar dan sangat cerdas karena pribadi yang ingin selalu jadi lebih baik dalam segala hal dalam perkuliahan.

Jika kita sebagai mahasiswa yang wajib bertanggung jawab dalam hal perkuliahan, kita harus mampu menjalani hal akademis yang telah dibuat oleh kampus. Mahasiswa juga bisa berpartisipasi pada kegiatan kampus. Jika tanggung jawab kita diakui, maka akan mendorong juga memotivasi agar mahasiswa belajar lebih banyak. Mahasiswa Universitas Trilogi supaya dapat mewujudkan tanggung jawabnya, harus di bimbing tentang tanggung jawab agar terlaksanakan. Dalam hal ini Universitas Trilogi juga sangat mendukung tanggung jawab mahasiswa dalam hal akademis.

Sebagai mahasiswa Universitas Trilogi, kita memiliki peran yang sangat besar untuk lingkungan dan masyarakat. Apa saja sih peran kita menjadi mahasiswa sebagai insan unggul yang bertanggung jawab? Yuk kita bahas dalam artikel ini.

  1. Mahasiswa berperan sebagai Agent of Change (agen perubahan), yang juga memiliki tugas serta tanggung jawab sebagai generasi muda di Indonesia agar kehidupan sosial dan berbangsa mengalami kemajuan. Dengan hal ini, kita sebagai mahasiswa bisa memulai sebagai mahasiswa yang disiplin, jika terbiasa datang telat ke kampus maka kita bisa berkomitmen untuk datang sebelum perkuliahan di mulai agar tidak telat. Sebagai mahasiswa kita harus sadar, menjalani kewajiban dengan baik, dan menepati komitmen yang telah kita buat.
  2. Mahasiswa berperan sebagai gerakan moral, maka dari hal itu mahasiswa mempunyai tanggung jawab yang besar. Mahasiswa harus mempunyai moral yang baik, karena mahasiswa juga sebagai contoh positif masyarakat yang berpendidikan. Gerakan moral ini juga sangat penting agar lingkungan masyarakat stabil.
  3. Mahasiswa berperan sebagai penyambung aspirasi masyarakat ke pemerintah, kita sebagai mahasiswa dianggap lewat kekuatan setidaknya mampu merubah keputusan petinggi pemerintahan. Namun dalam hal ini, sebagai mahasiswa yang bertanggung jawab jika kita berdemo ke pemerintah harus dengan baik agar tidak anarkis dan tidak merusak fasilitas yang ada. Karena tidak bisa dipungkiri, mahasiswa merupakan jembatan untuk menyampaikan pendapat masyarakat ke pemerintahan.
Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Jadi itulah beberapa peran mahasiswa, peran mahasiswa dengan insan unggul yang sesungguhnya adalah belajar dengan sungguh-sungguh. Karena di masa depan mahasiswa juga bekerja dengan ilmu yang telah didapat dari perkuliahan tersebut. Sedangkan tanggung jawab, kita sebagai mahasiswa yang merupakan harapan bangsa ini tentu harus berperan aktif dalam bersuara untuk kepentingan kehidupan berbangsa, yang terutama bagi kehidupan sosial di masyarakat.

Ikuti tulisan menarik Safa Nabila Aulia Putri lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler