x

Iklan

Jasmin Nisphia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 Januari 2022

Jumat, 28 Januari 2022 07:21 WIB

Mahasiswa yang Bertanggung Jawab

Tanggung jawab merupakan sikap yang harus dimiliki oleh setiap individu.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

SIKAP TANGGUNG JAWAB SEBAGAI MAHASISWA UNIVERSITAS TRILOGI

Mahasiswa merupakan penerus yang dapat membawa perubahan dan juga kemajuan bangsa kita. Maka dari itu, diperlukan karakter yang baik bagi mahasiswa agar bisa membawa bangsa ini ke masa depan yang lebih baik lagi. Sebagai mahasiswa, kita tentunya harus memiliki sikap tanggung jawab. Karena dari sikap tanggung jawab tersebut, ada banyak dampak-dampak yang akan kita rasakan sebagai mahasiswa Universitas Trilogi. 

Apasih tanggung jawab itu? pertama - tama kita harus tau pengertian tanggung jawab itu sendiri, Tanggung jawab menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) merupakan keadaan untuk wajib menanggung segala sesuatunya. Dalam hal ini, jika dijabarkan tanggung jawab adalah kesadaran seseorang akan kewajiban untuk menanggung segala akibat dari sesuatu yang telah diperbuatnya

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menurut Widagdho (1999) mengatakan bahwa Tanggung jawab adalah kesadaran manusia atas tingkahlaku atau perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Tanggung jawab juga berarti perbuatan sebagai wujud dari kesadaranakan kewajibannya. Tanggung jawab erat kaitannya dengan kewajiban.Kewajiban adalah sesuatu yang dibebankan terhadap seseorang. Kewajibanmerupakan bandingan terhadap hak, dan dapat juga tidak mengacu terhadap hak.Maka tanggung jawab dalam hal ini adalah tanggung jawab terhadapkewajbannya. Dan Isma`il Raji al-Faruqi dalam Muhmidayeli (2008) memandang bahwa tanggung jawab ini sebagai makna kosmis manusia yang merupakan anugerah ilahi yang dibawa sejak lahir dan bersifat universal sebagai persiapan dirinya untuk melaksanakan misi kemanusiaanya. 

Setelah mengetahui pengertian/definisi dari Tanggung Jawab, selanjutnya ada Jenis-jenis dari tanggung jawab. Setiap jenis dari tanggung jawab ini wajib dilakukan oleh semua manusia khususnya sebagai mahasiswa Universitas Trilogi. Jenis-jenis dari tanggung jawab tersebut terbagi menjadi 5, yaitu sebagai berikut : 

1. Tanggung jawab terhadap diri sendiri, tanggung jawab terhadap diri sendiri merupakan tanggung jawab yang dilakukan hanya kepada dan untuk diri sendiri. Hanya diri sendiri lah yang memahami dan mengetahui makna serta pencapaian yang perlu dilakukan untuk memenuhi tanggung jawab terhadap diri sendiri.

2. Tanggung jawab terhadap keluarga, tanggung jawab terhadap keluarga merupakan tanggung jawab bagi seluruh anggota keluarga. Tanggung jawab terhadap keluarga ini sangat memiliki pengaruh untuk kesejahteraan dan keharmonisan sebuah keluarga. Jika seluruh anggota keluarga menjalankan tanggung jawabnya dengan baik, maka keluarga tersebut akan sejahtera dan harmonis, begitu pula sebaliknya.

3. Tanggung jawab terhadap masyarakat, tanggung jawab terhadap masyarakat ini merupakan kewajiban bagi seluruh anggota masyarakat. Sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain, manusia wajib menjalankan tanggung jawabnya sebagai anggota masyarakat, agar lingkungan pun menjadi damai dan rukun. 

4. Tanggung jawab terhadap Tuhan, tanggung jawab terhadap Tuhan ini merupakan tanggung jawab yang wajib dilakukan oleh seluruh manusia di muka bumi ini. Sebagai manusia yang diciptakan oleh Tuhan, maka manusia memiliki tanggung jawab kepada Tuhannya. 

5. Tanggung jawab terhadap bangsa & negara, tanggung jawab terhadap bangsa dan negara ini merupakan kewajiban yg harus dilakukan oleh seluruh warga negara, tanpa terkecuali. Sebagai warga negara yang baik, maka kita harus melakukan tanggung jawab kita kepada negara yang baik pula, agar terciptanya negara yang aman, damai, tentram, serta memiliki peluang untuk terus memajukan negara. 

Mengenai jenis-jenis tanggung jawab, terdapat pula contoh-contoh dari jenis-jenis tanggung jawab tersebut, yaitu; 

1. Tanggung jawab terhadap diri sendiri, Tanggung jawab terhadap diri sendiri merupakan hal paling penting, karna jika seseorang sudah bisa bertanggung jawab pada diri nya sendiri orang itu juga dapat bertanggung jawab untuk hal lainnya, contoh dalam tanggung jawad pada diri sendiri yaitu ; Sebagai mahasiswa di Universitas Trilogi sudah seharusnya kita belajar dengan giat, mematuhi praturan yang ada di kampus, dan juga mengerjakan tugas-tugas yang diberi dosen agar tidak ada kendala disemester selanjutnya

2. Tanggung jawab kepada keluarga, Tanggung jawab ini bukan hanya tanggung jawab yang harus dilakukan oleh seorang kepala keluarga namun tanggung jawab ini hatus dilakukan oleh setiap anggota keluarga salah satunya anak, adapun contoh dalam tanggung jawab pada keluarga yaitu; Sebagai anak kita harus mematuhi segala peratutan yang sudah di tentukan oleh orang tua, dan harus selalu menghormati orang tua

3. Tanggung jawab kepada masyarakat, Sebagai makhluk sosial manusia membutuhkan bantuan orang lain untuk hidup dan tentunya setiap manusia dimuka bumi ini memiliki tanggung jawab kepada masyarakat yaitu ; Misal sebagai seorang mahasiswa kita sudah sepatutnya menjadi contoh yang baik di masyarakat yaitu dengan menjaga kebersihan lingkungan, mengikuti kegiatan kebersihan lingkungan yang diadakan trilogi dan sebagainya 

4. Tanggung jawab kepada tuhan,Manusia adalah makhluk yang diciptakan oleh tuhan dan memiliki tanggung jawab kepada tuhan. Salah satu contoh tanggung jawab kepada tuhan yaiyu; Mematuhi kewajiban yang telah diatur dalam agama, beribadah dan menjauhi semua larangan yang tidak disukai tuhan.

5. Tanggung jawab kepada bangsa dan negara,Sebagai manusia yang berbangsa dan juga bernegara maka kita mempunyai tanggung jawab kepada bangsa dan negara sebagai seorang warga negara yang baik. Salah satu contohnya adalah ; menjaga kesatuan dan juga persatuan negara, sebagai masyarakat indonesia kita harus mencintai tanah air indonesia dan menjunjung tinggi persatuan dan juga kesatuan bangsa indonesia, yaitu sebagai mahasiswa tanggung jawab tersebut dapat terwujud dengan cara memberikan sebuah prestasi melalui UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) di Universitas Trilogi contohnya seperti trilogi choir yang sudah membanggakan nama indonesia sampai ke luar negri.

Dengan demikian tanggung jawab dapat dilihat sebagai kumpulan kewajiban yang terkait dengan pekerjaan atau fungsi. Didefinisikan secara sempit, peran mengacu pada deskripsi pekerjaan, yang, pada gilirannya,meliputi, tetapi tidak terbatas pada, fungsi. Misalnya, seorang praktisi peran mungkin bahwa hubungan media. Fungsi akan mengacu pada spesifikasinya pekerjaan, termasuk penulisan dan penyebaran siaran pers, serta menjaga hubungan media yang baik. Dalam pengertian ini, tanggung jawab mengacu pada lebih dari sekedar fungsi utama sebuah peran; itu mengacu pada banyak aspek fungsi itu — baik proses maupun hasil (dan konsekuensi dari tindakan yang dilakukan sebagai bagian dari kumpulan kewajiban itu). Mahasiswa yang bertanggung jawab dapat dilihat sebagai seseorang yang pekerjaannya melibatkan serangkaian kewajiban yang telah ditentukan sebelumnya yang harus dipenuhi agar pekerjaan dapat diselesaikan. Misalnya,Kewajiban fungsional utama seseorang yang terlibat dalam hubungan media adalah sama seperti yang dikutip dalam kalimat di atas: untuk mempertahankan kerja yang baik hubungan dengan media untuk menanggapi pertanyaan dan berhasil bekerjalah dengan mereka untuk “menyampaikan pesan”. Dalam banyak kasus, hanya melaksanakan kewajiban utama ini (fungsi yang terkait dengan peran) mungkin cukup untuk dirinya sendiri; Namun, tanggung jawab juga dapat mencakup kewajiban moral yang merupakan tambahan dan biasanya terkait dengan kewajiban fungsional dari peran. 

Didalam tanggung jawab tentunya ada yang namanya Kesadaran, Kewajiban, dan Komitmen Nah disini saya akan dijelaskan apa itu maksud atau pengertian dari kesadaran, kewajiban, dan komiten

1. Apa itu Kesadaran  

“kesadaran adalah sikap seseorang yang secara sukarela menaati semua peraturan dan sadar akan tugas dan tanggung jawabnya”. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, “kesadaran adalah keinsafan, keadaan mengerti, hal yang dirasakan atau dialami oleh seseorang”. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan kesadaran adalah kondisi dimana seseorang mengerti akan hak dan kewajiban yang harus dijalankannya.

2. Apa itu Kewajiban 

“kewajiban adalah beban untuk memberikan sesuatu yang semestinya dibiarkan atau diberikan oleh pihak tertentu dan tidak dapat digantikan oleh pihak lain, yang pada prinsipnya dapat dituntut secara paksa oleh yang berkepentingan”. Jadi, dapat disimpulkan pengertian kewajiban adalah segala sesuatu yang dianggap sebagai suatu keharusan untuk dilakukan oleh individu sesuai dengan perannya masing-masing guna mendapatkan hak yang pantas didapatnya.

3. Apa itu Komitmen 

“Komitmen adalah sikap yang ditunjukkan dengan adanya bentuk keterikatan dengan suatu hal, misalnya hubungan, kegiatan, dan semacamnya. Menurut Sri Kuntjoro, komitmen menunjukkan rasa keterlibatan, loyalitas, dan identifikasi yang dinyatakan oleh seseorang terhadap organisasi. Menurut Steers dan Porter juga mengemukakan pendapatnya mengenai komitmen. Menurutnya komitmen merupakan keadaan saat seseorang terikat oleh tindakannya. Hal ini lantas berdampak pada munculnya keyakinan untuk menunjang aktivitas dengan keterlibatannya”.

Selain jenis, manfaat, dan isi dari sikap tanggung jawab tersebut, ada juga manfaat dari sikap tanggung jawab. Sikap tanggung jawab merupakan salah satu sifat yang harus dimiliki oleh mahasiswa Trilogi, karena sebagai mahasiswa yang baik kita harus menanamkan sikap tersebut agar dapat menjadi penerus bangsa yang dapat bertanggung jawab nantinya. 

Manfaat- manfaat dari sikap tanggung jawab adalah yang pertama, lebih dihargai orang lain. Ketika kita dapat bertanggung jawab atas apa yang kita lakukan, maka dari sanalah orang-orang akan lebih menghargai kita. Contohnya ketika sedang mengerjakan tugas kelompok. Ketika kita bertanggung jawab atas tugas yang telah diberikan, maka kita akan ikut andil dalam pembuatan tugas tersebut dari awal sampai akhir. Ketika kita melakukan tanggung jawab itu dengan sebaik-baiknya maka orang-orang akan lebih menghargai kita.

Yang kedua, mempunyai ketilitian yang tinggi. Karena sifat tanggung jawab tentunya akan membuat kita lebih teliti atas apa yang kita lakukan. Karena ketika kita merasa bertanggung jawab terhadap sesuatu maka keinginan kita untuk melakukan hal tersebut dengan baik akan mendorong kita melaksanakan sesuatu dengan rasa tanggung jawab yang tinggi. Misalnya ketika kita sedang mengerjakan tugas yang diberikan dosen kepada kita. Ketika rasa tanggung jawab itu muncul, keinginan kita untuk lebih teliti terhadap tugas tersebut juga akan ikut muncul sehingga tugas yang kita kerjakan mendapat nilai yang bagus.

 Yang ketiga, akan lebih dipercaya orang lain. Dari sikap tanggung jawab atas keinginan kita untuk terus dapat berlaku dengan sebaik-baiknya tentu akan membuat kita lebih percaya kepada orang lain. Karena ketika kita bertanggung jawab dengan apa yang kita lakukan dan yang kita katakan, maka setiap hal yang kita lakukan berdasarkan rasa tanggung jawab. 

 Yang terakhir, mendorong kesuksesan. Ketika kita memiliki sikap bertanggung jawab terlebih dahulu dengan apa yang kita lakukan akhirnya mendorong kita untuk berusaha yang terbaik sehingga dapat mencapai kesuksesan. Sebagai mahasiswa, tentunya sikap ini akan sangat membantu kita yang memiliki cita-cita yang tinggi. Ketika kita sudah bisa bertanggung jawab atas amanah dan kepercayaan yang telah diberikan, maka kesuksesan itu akan datang bersamaan dengan rasa bangga atas yang telah kita tuju.

Ikuti tulisan menarik Jasmin Nisphia lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu