x

Iklan

Tyas Rika

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 Januari 2022

Jumat, 28 Januari 2022 07:19 WIB

Mahasiswa KKN Unej Peduli Semeru Kolaborasi dengan Kader Posyandu Tapis Kondisi Balita

Kegiatan Posyandu Dusun Rekesan Timur, Desa Penanggal, Kec. Candipuro

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 

Candipuro - Mahasiswa KKN Kolaboratif Peduli Semeru Universitas Jember 2022 kelompok 11 membantu kegiatan Posyandu. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Penanggal Dusun Rekesan Timur yang diikuti oleh 3 orang mahasiswa Universitas Jember dengan dr. Yudha Nurdian sebagai Dosen Pembimbing Lapang (DPL).

Kegiatan dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 20 Januari 2022 pukul 08.00 WIB yang bertempat di rumah Bu Sulaiman selaku salah satu kader Posyandu yang berada di Dusun Rekesan Timur. Untuk para orang tua dan anak diwajibkan untuk tetap mematuhi Protokol Kesehatan selama kegiatan berlangsung.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pos Pelayanan Keluarga Berencana-Kesehatan Terpadu atau yang sering dikenal dengan istilah Posyandu. Posyandu sendiri merupakan kegiatan kesehatann dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas Kesehatan. Dalam kegiatan posyandu ini ada beberapa kegiatan mulai dari penimbangan berat badan, imunisasi dan mengukur tinggi badan balita. Untuk cara menimbang berat badan bisa dilakukan dua alat. Pada usia anak 1-3 tahun bisa menggunakan timbangan berdiri, sedangkan untuk anak yang massih berusia 1-11 bulan menggunkaan timbangan khusus.

Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Universitas Jember Kelompok 11 adalah pendampingan posyandu oleh tim Kesehatan. Adapun tujuan posyandu yaitu menurunkan Angka Kematian Bayi (AKB), menambah asupan gizi dan vitamin yang diperlukan oleh balita, memberikan penyuluhan tentang assupan gizi serta cara mmeberi ASI ynag baik serta mengembangkan kegiatan kesehatan dan KB.

Kegiatan posyandu dilaksanakan 1 bulan sekali hampir setiap dusun memiliki jadwal yang berbeda-beda. Kegiatan ini dilakukan oleh masyarakat sesuai dengan tujuan posyandu yaitu dari masyarakat untuk masyarakat.

Untuk kegiatan tersebut di Dusun Rekesan Timur dilaksanakan di dua tempat yaitu, ditempat rumah kader perwakilan di Posyandu Tanjung dan untuk posyandu Mawar bertempat di PAUD KB Mawar. Dari setiap posyandu memiliki 6 kader dan satu bidan untuk pendampingan di setiap posyandu. Untuk di wilayah Posyandu Mawar yang melaksanakan tugasnya adalah Bu Fita Irmasari dan Bu Maya. Sedangkan di wilayah Posyandu Tanjung yang melaksanakan tugasnya Bu Maya.

“Kegaiatan posyandu itu dilakukan kerena sesuai dari kebutuhan masyarakat di daerah tersebut, contoh tentang kebutuhan tentang imunisasi dan pemantauan gizi untuk bayi, balita, dan batita” tutur Bu Fita Irmasari selaku bidan yang bertugas di lapangan.

Kegiatan posyandu yang dilakukan 1 bulan sekali ini akhirnya dimanfaatkan oleh mahasiswa KKN Kelompok 11 untuk mengisi waktu luang dan mencari pengalaman di masyarakat.

Penulis: Tim Kesehatan KKN Kolabotarif Peduli Semeru UNEJ/ Kelompok 11

Ikuti tulisan menarik Tyas Rika lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler