x

Iklan

dinda nisrina

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 27 Januari 2022

Jumat, 28 Januari 2022 07:13 WIB

Perkuliahan Hybrid Saat Pandemi di Universitas Aisyiyah Yogyakarta

Perkuliahan dengan sistem hybrid pada masa pandemi dirasa menguntungkan bagi mahasiswa Universitas Aisyiyah Yogyakarta

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Apa itu Corona virus? Corona virus yaitu penyakit yang disebabkan oleh virus corona dan menimbulkan gejala utamanya yaitu berupa gangguan pernapasan. Corona Virus pertama kali muncul di akhir tahun 2019 di Wuhan, China. Dan itulah yang membuat corona virus juga dikenal dengan sebutan Wuhan virus.  Selain di China, corona virus juga menyebar secara cepat ke berbagai negara lain, termasuk Jepang, Thailand, Jepang, Korea Selatan, bahkan hingga ke Amerika Serikat. Dan sekarang menyebar mendunia.

Corona virus masuk ke Indonesia pada pertengahan Maret 2020. Seperti yang kita ketahui bahwa sudah 2 tahun lebih Indonesia mengalami pandemic covid-19, Dengan adanya pandemic ini, semua aktivitas diluar rumah menjadi berkurang. Pemerintah memutar otak untuk mengatasi pandemic ini, segala macam upaya telah dilakukan untuk mengurangi angka penyebaran virus. Pandemi ini memberi dampak yang besar bagi seluruh bidang, salah satu nya bidang Pendidikan. Semenjak adanya pandemic covid-19 ini, pemerintah mengumumkan bahwa kegiatan pembelajaran di seluruh Lembaga Pendidikan di masa pandemic covid-19 ini dilakukan dengan pembelajaran memalui online ( daring ), proses pembelaran dilakukan dirumah masing masing tidak boleh bertatap muka langsung.  

Saat ini kasus covid-19 di Indonesia sudah mulai turun, beberapa Lembaga Pendidikan memutuskan untuk pembelajaran dilakukan secara hybrid, Seperti hal nya kampus kami Universitas Aisyiyah Yogyakarta. Sistem perkuliahan hybrid merupakan pembelajaran dengan menggunakan duankonsep belajar yaitu kuliah tatap muka dan kuliah daring. Sistem hybrid ini kemanfaatkan kemajuan teknologi sehingga bisa menghasilkan interaksi yang maksimal dibandingkan jika hanya dengan daring saja. Dengan dilakukan nya perkuliahan hybrid ini, Universitas Aisyiyah Yogyakarta meminta seluruh mahasiswa untuk melakukan swab terlebih dahulu sebelum perkuliahan tatap muka berlangsung dan mahasiswa harus dipastikan sudah melakukan vaksinasi agar protocol Kesehatan tetap terlaksana.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Untuk pembelajaran daring, Universitas Aisyiyah Yogyakarta mempunyai web e-learning yang Bernama lensa unisa, beberapa dosen meminta mahasiswa untuk mengakses lensa biasanya untuk mengerjakan quis, mengumpulkan tugas, memberikan materi dan untuk UTS juga UAS pun biasanya menggunakan lensa unisa. Selain menggunakan lensa unisa, untuk perkuliahan daring biasanya memanfaatkan teknologi yang ada, seperti menggunakan zoom meeting, google meet, whatsapp grup dan google classroom. Untuk platform yang biasa digunakan mahasiswa adalah dengan zoom meeting karena menggunakan zoom lebih efektif, tetap ada interaksi antara dosen dan mahasiswa, mahasiswa bisa berdiskusi online, dosen juga bisa melihat mahasiswa nya walaupun jarak jauh.

Universitas Aisyiyah Yogyakarta sudah beberapa bulan ini menggunakan perkuliahan offline, perkuliahan offline atau bertatap muka langsung ini dilaksanakan secara bergantian untuk meminimalisir banyaknya orang yang berkerumun. Perkuliahan offline ini lebih efektif dibandingkan dengan perkuliahan daring, mahasiswa datang ke kampus lalu melakukan pembelajaran langsung dengan dosen. Untuk perkuliahan offline ini lebih mengkhususkan untuk perkuliahan praktikum dimana mahasiswa akan melakukan praktek sesuai dengan mata kuliahnya. Walaupun perkuliahan offline, jika dosen tidak dapat hadir maka tetap menggunakan aplikasi digital seperti youtube, mahasiswa diminta untuk membuat video lalu diunggah youtube masing-masing. Perkuliahan tatap muka tidak dilakukan setiap hari, ada yang dilakukan selama seminggu sekali, ada juga yang dilakukan selama seminggu 3 kali tergantung dari prodi masing-masing.

Dengan dilakukan nya system perkuliahan hybrid ini dapat meningkatkan kreativitas, meningkatkan kesadaran bersosialisasi dengan dosen maupun sesama mahasiswa. Dengan system hybrid ini pembelajaran yang dilakukan lebih fleksibel dan efektif.

Ikuti tulisan menarik dinda nisrina lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Establishment

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Rabu, 10 April 2024 09:18 WIB

Terkini

Terpopuler

Establishment

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Rabu, 10 April 2024 09:18 WIB