x

Iklan

Lah Ajah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 27 Januari 2022

Jumat, 28 Januari 2022 17:49 WIB

Budaya Organisasi ala Universitas Trilogi

Anggota kelompok : 1. Nadia Retna Sari 21118023 2. AlFito Budiyasa 21109008 3. Pasha Gibran Ali 21110019 4. Ade Nisa Oktaviyani 21110033 5. Rijal Subagya 21121002

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Organisasi merupakan sebuah wadah untuk sekumpulan orang yang bekerja sama secara rasional serta sistematis yang terpimpin atau terkendali demi mencapai tujuan tertentu dengan memanfaatkan sumber daya yang ada di dalamnya. Salah satu peran penting organisasi didalam sebuah universitas adalah menjadi salah satu wadah untuk mahasiswanya berkumpul, bertukar pikiran, dan bekerja sama, itu sangat dibutuhkan sekali dalam menunjang segala aktivitas perkuliahan tersebut berdasarkan visi dan misinya. 

Sama halnya dengan budaya organisasi di universitas trilogi yang dimana Universitas Trilogi merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang berada di Jakarta. Universitas Trilogi merupakan pengembangan dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Keuangan dan Perbankan Indonesia, yang didirikan pada tahun 1988. Tak hanya itu, Universitas Trilogi memiliki komitmen pada pengembangan kewirausahaan berbasis penguasaan teknologi (teknopreneur), kemampuan bekerjasama dan mengelola teamwork yang solid serta jejaring yang luas (kolaborasi) dan memiliki kreatifitas serta adaptif, sehingga mampu membangun potensi diri (kemandirian) yang sangat signifikan. Nah inilah yang biasa disebut dengan 3 pilar universitas trilogi meskipun hanya terdiri dari 3 kata namun memiliki sejuta makna yang mampu dicerna dengan baik bagi yang memahaminya. Kemudian Maksud dari 3 pilar itu sendiri diantaranya:

pertama “TEKNOPRENEUR” artinya kewirausahaan berbasis Teknologi, Universitas Trilogi dikenal mampu menggali potensi diri mahasiswanya yang Inovatif dan Adaptif, dengan mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya lokal yang mengacu pada prinsip Zero Waste dan menggerakkan partisipasi seluruh masyarakat untuk bekerjasama dalam tujuan tertentu. Hal itu terlihat dalam program ASIAN Productivity Organization (APO) yang kembali menggelar forum untuk negara-negara anggotanya. Pada acara yang semula akan digelar di India ini akhirnya dilaksanakan secara virtual pada 4 - 6 November 2020. Dalam forum pertemuan internasional ini, Universitas Trilogi kembali terpilih sebagai perwakilan dari Indonesia. Pertemuan itu khusus bagi women entrepreneur terpilih dan membahas tentang tantangan yang ada pada setiap bisnis yang dijalaninya selain itu Juga membahas tentang proposisi nilai dan strategi distribusi yang sejalan dengan tantangan itu. Selain berbagi tentang ilmu dan informasi baru tekait pengalaman wirausaha di bidang masing-masing, Kegiatan ini juga dapat meningkatkan power untuk kepercayaan diri, khususnya bagi kaum wanita agar terus terlibat dalam kegiatan kewirausahaan. Selain itu harus berani berkolaborasi dalam membangun jejaring yang produktif dan inovatif. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pilar selanjutnya yaitu “KOLABORASI” Kolaborasi adalah proses bekerja sama untuk menyalurkan gagasan atau ide dan menyelesaikan masalah secara bersama-sama menuju visi bersama, kolaborasi menjadi kunci pemikiran kreatif. Kolaborasi itu penting untuk mencapai hasil terbaik saat menyelesaikan masalah yang rumit. Agar kolaborasi dapat berhasil, diharuskan untuk mengidentifikasi kapan dan bagaimana berkolaborasi diterapkan. Hal ini bisa dicapai dengan kemampuan bekerjasama yang baik antar individu dan atau lintas bidang ilmu, sehingga tercipta sinergi, membagi risiko dan menambah manfaat secara berkeadilan dalam tim yang kuat dan dinamis (Super Team Bukan Superman), serta membangun jejaring baik horisontal dan vertikal dengan berlatih. Begitu pula pemahaman tentang organisasi. Dibutuhkan pemahaman dan penghargaan pada keahlian, kompetensi serta karakter setiap anggota. 

Dan pilar yang terakhir yaitu “KEMANDIRIAN” artinya Kemampuan untuk mengurangi ketergantungan dengan memperbesar saling ketergantungan dalam membangun organisasi yang selaras. Kemandirian sendiri adalah sikap yang memungkinkan seseorang untuk bertindak bebas, melakukan sesuatu untuk kebutuhannya sendiri, mengejar prestasi, penuh ketekunan, dan keinginan untuk melakukan sesuatu tanpa bantuan orang lain, mampu berpikir dan bertindak orisinal, kreatif dan penuh percaya diri.

mengambil inisiatif, mampu mempengaruhi lingkungan, memiliki keyakinan pada kemampuan mereka sendiri, menghormati situasi mereka sendiri, dan memperoleh kepuasan dari usaha mereka

Kemandirian juga merupakan salah satu aspek kepribadian yang sangat penting bagi individu. Kemandirian diperoleh secara bertahap selama perkembangan, dimana individu akan terus belajar mandiri dalam menghadapi berbagai situasi di lingkungannya, sehingga pada akhirnya individu akan mampu berpikir dan bertindak sendiri.

Aspek-aspek Kemandirian

• Tanggung Jawab, yaitu kemampuan memikul tanggungjawab, seperti kemampuan untuk menyelesaikan tugas organisasi, mampu mempertanggungjawabkan hasil kerjanya, kemampuan menjelaskan peranan baru, memiliki prinsip mengenai apa yang benar dan salah dalam berfikir dan bertindak.

• Otonomi, ditunjukkan dengan mengerjakan tugas individual dalam organisasi, yaitu suatu kondisi yang ditunjukkan dengan tindakan yang dilakukan atas kehendak sendiri dan bukan orang lain dan tidak tergantung pada orang lain dan memiliki rasa percaya diri dan kemampuan mengurus diri sendiri.

• Inisiatif, ditunjukkan dengan kemampuan berfikir dan bertindak secara kreatif.

• Kontrol Diri, kontrol diri yang kuat ditunjukkan dengan pengendalian tindakan dan emosi mampu mengatasi masalah dan kemampuan melihat sudut pandang orang lain.

Jadi inti dari budaya organisasi universitas trilogi itu terdapat pada 3 pilarnya “Teknopreneur, kolaborasi, dan kemandirian” Nah, dari Perpaduan tiga pilar tersebut diharapkan dapat menciptakan generasi bangsa yang mandiri, unggul dan memiliki daya saing yang kuat. Agar mampu mempertanggungjawabkan segala hal yang sudah disepakati bersama oleh anggota dalam organisasi tersebut untuk mencapai suatu tujuan.

#universitastrilogi #teknososiopreneur #insanunggulinovasi #Desainkomunikasivisual #cdpp #Kemandirian #Kolaborasi #budaya #budayaorganisasi #Organisasi #tanggungjawab #teknopreneur #pilar #pgpaud #desainproduk 

Ikuti tulisan menarik Lah Ajah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler