x

Pembagian masker oleh mahasiswa KKN UM door to door untuk warga Desa Bulu

Iklan

Emilia Rifda

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 28 Januari 2022

Jumat, 28 Januari 2022 07:03 WIB

Mendorong Empati Masyarakat

Mendorong empati pada diri masyarakat

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dalam hidup bermasyarakat manusia membutuhkan rasa simpati dan empati, tetapi lebih penting nya menumbuhkan rasa empati. Dalam beberapa daerah terdapat masyarakat dengan rendahnya rasa empati terhadap sesama, mereka kadang acuh tak acuh terhadap orang lain dan hanya mementingkan hidupnya sendiri.

Empati merupakan respon terhadap perasaan orang lain. Dalam dunia pendidikan, tentu saja kita menghadapi konsep dari empati dan mendefinisikan kembali menjadi keterampilan yang harus dikuasi. Dengan adanya mata kuliah citra diri dan pribadi professional tentu saja itu membantu mengembangkan rasa empati pada orang lain. Sebagai mahasiswa kita juga membantu masyarakat agar bisa menumbuhkan rasa empati kepada sesama. Memberi contoh kepada masyarakat agar selalu berempati dan memberi pengertian kepada masyarakat agar menumbuhkan rasa empati nya.

Sikap empati merupakan kunci agar seseorang menjadi bertanggung jawab dan peduli. Masyarakat harus memiliki rasa empati tetapi mereka belum dapat mengembangkan sikap empati nya sendiri.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pada kondisi pandemi seperti ini membuat masyarakat lebih fokus pada keselamatan dirinya sendiri, tetapi sebagai makhluk sosial tentu saja kita membutuhkan orang lain, kita tidak bisa hidup tanpa orang lain. Perlu nya kesadaran diri pada masyarakat untuk membangun rasa empati. Dengan empati dapat medaoat beragam manfaat yaitu dapat membangun hubungan sosial, mengatur emosi diri sendiri, dan melatih perilaku tolong-menolong.

Masyarakat harus lebih banyak bergaul dengan sesama tanpa memandang latar belakang mereka, mungkin sudah banyak yang menyadari pentingnya empati dalam penguasaan hidup bermasyarakat. Dengan bantuan sekolah/instansi memberikan konsep-konsep yang berkaitan dengan empati semakin terintegrasi, sehingga membantu berlatih untuk mendorong sikap empati masyarakat kepada sesama.

Pentingnya empati dalam lingkungan sosial sehingga menjadi kan hidup lebih sejahtera, berempati kepada sesama tanpa memandang latar belakang dapat mendapatkan manfaat yang baik untuk kehidupan.

Ikuti tulisan menarik Emilia Rifda lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler