x

tanggung jawab

Iklan

IRVAN H

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 28 Januari 2022

Jumat, 28 Januari 2022 18:05 WIB

Tanggung Jawab sebagai Mahasiswa di Era Keterbukaan Informasi

universitas trilogi, teknososiopreneur, insan unggul inovasi, pgsd, mata kuliah citra diri dan pribadi profesional Artikel ini disusun oleh: Irvan hielmi (21117115) Gracea Monica (21117130) Artha mahira syahwa (21117047) Indri Widiastuti (21117056) Ranti Marliany (21117050)

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Saat ini dan di masa depan, dunia sedang mengalami perkembangan yang sangat cepat. Salah satu perkembangan yang paling terlihat adalah perkembangan di bidang teknologi, khususnya digitalisasi. Saat kita memasuki era digitalisasi, tentu saja hal ini memudahkan kita untuk melakukan berbagai hal hanya dalam beberapa kali klik di gadget kita saja. Kemudahan yang dimaksud seperti belanja online, perbankan online, transportasi online, serta kemudahan dalam mengakses berbagai informasi. 

Kita bisa dengan mudah membaca, menulis, mengirim, serta menyebarkan informasi dengan mudah dan sangat cepat. Tetapi di sisi lain, kita dihadapkan dengan fenomena yang terjadi sekarang. Dimana kemudahan akses informasi ini justru menimbulkan permasalahan, yaitu kurang adanya filter, baik itu untuk penerima informasi, maupun untuk pengirim atau penyebar suatu informasi. Hal ini karena kita terkadang tidak bisa memilah antara berita yang benar dan valid dengan berita tidak valid, karangan belaka, atau bahkan berita bohong atau istilah populernya adalah berita hoax yang digunakan untuk menghasut masyarakat. Oleh karena itu, penting sebagai mahasiswa, khususnya mahasiswa Universitas Trilogi untuk mengetahui cara agar terhindar dari menulis maupun menyebar berita hoax. Salah satu caranya adalah dengan menanamkan sifat tanggung jawab pada pribadi kita masing-masing.

Tanggung jawab adalah sikap atau perilaku untuk melakukan sesuatu dengan sungguh-sungguh dan siap menanggung segala risiko dan perbuatan.bahwa aspek tanggung jawab merupakan kesadaran akan etik, nilai, moral, kemampuan dalam perencanaan, memiliki sikap produktif untuk mengembangkan diri dalam kemampuan yang di milikinya serta memiliki hubungan interpersonal yang baik (empati, bersahabat) dan kemampuan

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Keamanan informasi menjadi tanggung jawab kita bersama tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah semata ataupun jika dalam lingkup organisasi merupakan tanggungjawab. Untuk itu penting sekali meningkatkan kesadaran pada masing masing individu terkait keamanan informasi.

Hal ini menjadikan tingkat ketergantungan terhadap teknologi informasi menjadi sangat tinggi. Aspek keamanan informasi menjadi hal yang sangat penting yang tidak boleh diabaikan. Penerapan keamanan informasi dimulai dari diri sendiri dan dilakukan terhadap peralatan yang sering kita gunakan seperti komputer dan gadget. Pengamanan komputer dilakukan dengan penggunaan password untuk akses komputer, memasang antivirus, selalu menggunakan software berlisensi, tidak menggunakan removable media (hard disk eksternal, flashdisk) dari orang yang tidak dikenal, dan jangan lupa untuk selalu melakukan backup data secara berkala.

Dengan penerapan keamanan informasi secara baik dan berkelanjutan maka kesadaran akan keamanan informasi menjadi semakin meningkat dan pada gilirannya tumbuh menjadi budaya dalam kehidupan sehari-hari yang tidak hanya akan melindungi diri kita sendiri tetapi meluas hingga lingkup yang lebih besar.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa sebagai seorang mahasiswa universitas trilogi harus bisa bertanggung jawab atas kesadaran akan perkembangan teknologi yang begitu meluas dan dalam penggunaan berbagai akses yang memungkinkan kita percaya tidaknya suatu berita atau informasi. Maka dari itu, kita harus waspada dan tetap berhati-hati akan maraknya kebohongan/hasutan dari beredarnya kasus hoax. Peran Tanggung jawab sangatlah penting bagi kita khususnya sebagai mahasiswa universitas trilogi untuk siap menanggung segala risiko akan hal-hal yang berdampak buruk bagi kita apabila kita melakukan sesuatu hal yang dapat merugikan diri sendiri. Dapat dikatakan bertanggung jawab apabila kita sadar akan etika, nilai, moral, dll dan bersungguh-sungguh dalam melaksanakan hak dan kewajibannya. Dan salah satu cara agar kita dapat terhindar dari segala kebohongan dan beredarnya informasi yang tidak valid adalah kita harus memilah terlebih dahulu informasi terkait dan setelah itu kita harus lebih teliti disetiap penulisannya atau isi berita tersebut apakah sesuai dengan kejadian atau tidaknya. Dan begitu juga peranan penting dalam kemudahan suatu informasi juga menjadi salah satu tanggung jawab kita dikarenakan penggunaan peralatan serta informasi terkait yang sering digunakan harus kita jaga dan rahasiakan agar melindungi diri kita dari berbagai macam hal yang membuat/merusak fasilitas atau retasnya suatu informasi pribadi kita.

 

Ikuti tulisan menarik IRVAN H lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB