Tren Media Sosial, Bentuk Komunikasi di Era Digital

Senin, 31 Januari 2022 09:16 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Di era modern seperti ini, kegiatan komunikasi lebih di permudah dengan adanya sosial media, oleh sebab itu ada beberapa hal yang menjadi perhatian dalam bentuk berkomunikasi disosial media.

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, media komunikasi yang digunakan oleh masyarakat tentu akan turut beradaptasi mengikuti perkembangan. Pada era digital di tahun 2022 ini pengguna media sosial terus bertambah. Hal ini memicu timbulnya start up - start up digital dibidang media komunikasi yang semakin menjamur. Salah satu negara didunia yang memiliki jumlah pengguna media sosial yang tinggi ialah negara Indonesia. Tercatat bahwa di bulan Juli tahun 2021, Indonesia menduduki peringkat ke empat dunia dari total pengguna instagram yakni sebesar 93 juta[1] dan peringkat ke enam dari total pengguna twitter sebesar 15,7 juta pengguna[2]. Seperti pada tempat saya menempuh pendidikan saat ini yakni di Universitas Trilogi yang juga aktif dalam memberikan informasi perihal akademik mereka melalui sosial media Instagram yang mereka miliki.

TREND MEDIA SOSIAL SEBAGAI BENTUK KOMUNIKASI DI ERA DIGITAL

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

     Dari laporan We Are Social dan platform manajemen sosial media hotsuite menyatakan bahwa 170 juta penduduk Indonesia diantaranya aktif menggunakan sosial media atau 61,8 persen dari total populasi penduduk Indonesia. Adanya data tersebut memperlihatkan bahwa trend media sosial di Indonesia sangat tinggi hal ini tentu didorong dengan penggunaan telephone genggam yang mencapai 345,3 juta dan 202,6 juta diantaranya aktif menggunakan internet.

     Trend penggunaan sosial media tentu memiliki nilai negatif dan positif terhadap penggunanya. Salah satu nilai positif dari penggunaan media sosial yakni dapat mempermudah kita dalam berkomunikasi dengan keluarga, saudara dan teman yang berlokasi jauh dengan kita tak hanya melalui suara namun juga dapat melalui visual yang dapat kita bagikan ke mereka. Sedangkan nilai negatif yang tercipta adanya sosial media yakni dapat membuat penggunanya merasakan kecanduan berkomunikasi melalui sosial media sehingga menurunnya bentuk interaksi sosial yang dilakukan secara fisikal. Hal ini sesuai dengan fungsi komunikasi instrumental bahwa sosial media dapat mengubah sikap dan perilaku dari seorang individu. 

Kesimpulan yang dapat kita ambil yakni, kita sebagai pengguna sosial media dapat menggunakan sosial media yang kita gunakan dengan bijak, baik dari dari faktor durasi penggunaan hingga penggunaan dalam berinteraksi. Sehingga nantinya kita dalam berkomunikasi dengan sosial media yang kita gunakan dapat sesuai dengan fungsi komunikasi sosial yakni untuk memperoleh kebahagiaan dan memupuk hubungan baik dengan orang lain.

 

#UniversitasTrilogi
#Komunikasi

#InsanUnggulInovasi

#CDDP

#TrendMediaSosial

#MediaMasaKini

#Tekhnologi 

#UniversitasTrilogi #Essay

[1] https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/08/03/inilah-negara-pengguna-instagram-terbanyak-indonesia-urutan-berapa

 

[2] https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/04/inilah-10-negara-dengan-pengguna-twitter-terbanyak-ada-indonesia

Bagikan Artikel Ini
img-content
upit sarimanah

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
img-content
Lihat semua