x

Covid 19

Iklan

Arman Haditiansyah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Januari 2022

Minggu, 30 Januari 2022 18:19 WIB

Inovasi dan Teknologi dalam Menghadapi Covid-19


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

     Inovasi teknologi biasanya mengikuti proses evolusi yang lambat dari waktu ke waktu. Misalnya, perkembangan teknologi dari hammer (Basalla, 1989) ke mesin jet (Carignani et al., 2019) telah diamati sebagai modifikasi dan penyempurnaan untuk beradaptasi dengan fungsi tertentu. Setiap modifikasi menciptakan lintasan teknologi baru karena inovasi tambahan membantu meningkatkan kinerja dan sesuai dengan fungsi yang dimaksudkan. Atau, fungsi baru dan tidak diinginkan dapat ditemukan untuk teknologi yang sudah ada sebelumnya (Arthur, 2009). Ini diberi label sebagai exaptation (Gould dan Vrba, 1982), kemampuan untuk 'berputar' (Dooley dan Som, 2018) dari satu fungsi ke fungsi lainnya, tanpa memerlukan proses pengembangan yang lama dan mahal. Ini dapat terjadi melalui penggunaan kembali modul tertentu, misalnya magnetron, komponen radar, yang dibuat untuk membentuk dasar oven microwave (Andriani dan Carignani, 2014).

      Proses pengangkatan ini mungkin menuntut kolaborasi di antara perusahaan-perusahaan khusus yang bekerja sama untuk keuntungan kolektif, bahkan di mana biasanya ada persaingan di antara mereka. Hasilnya adalah ekosistem (Iansti dan Levien, 2004), yang menawarkan struktur proposisi nilai (Adner, 2017) dan serangkaian ceruk yang diisi oleh perusahaan yang menyediakan modul atau layanan (Moore, 1993).

      Perubahan dalam perusahaan atau teknologi yang mengisi ceruk ini menyebabkan ekosistem berkembang (Beltagui et al., 2020). Dalam konteks repurposing terkait COVID-19, pembentukan dan evolusi ekosistem dapat dilihat dalam kolaborasi antar perusahaan untuk merancang dan menghasilkan inovasi seperti ventilator. Tidak hanya perusahaan-perusahaan ini menggunakan kembali produksi mereka dan mengembangkan atau menerapkan teknologi baru (Rapaccini et al., 2020), tetapi juga mereka telah melakukannya dengan bekerja sama dengan perusahaan yang sebelumnya tidak pernah mereka tangani (Chesbrough, 2020; Kuckertz et al., 2020).

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

       Karena repurposing tidak memerlukan perubahan apa pun pada arsitektur atau modul produk. Misalnya, perusahaan yang memproduksi produk yang dapat digunakan tanpa modifikasi, fokus pada peningkatan produksi mereka. Namun, dalam beberapa kasus, produk didesain ulang. Hal ini terutama berlaku dalam pengembangan ventilator.

     Menggunakan contoh Spirax Sarco, diperlukan kemampuan desain untuk membuat modul yang memproses oksigen, dengan menggunakan kembali produk yang memproses uap. Mengingat sifat khusus dari tugas, perusahaan membutuhkan dasar kemampuan desain, dari mana untuk membuat komponen.

      Tantangan merancang ventilator dapat dilihat dari kenyataan bahwa beberapa konsorsium mencoba tetapi gagal menghasilkan desain yang berfungsi, atau untuk mendapatkan sertifikasi. Secara khusus, spesifikasi berubah dengan cepat seiring pemahaman tentang penyakit dan cara mengobatinya menjadi lebih jelas.

      Sebagai akibat dari keputusan desain yang terburu-buru dan produksi segera, beberapa produk menjadi tidak sesuai setelah spesifikasi diperbarui. Waktu tunggu pengujian yang tepat juga berarti bahwa produksi produk baru dapat ditunda, tidak peduli seberapa cepat pengembangan produk baru. Sebaliknya,  produk yang kurang kompleks memiliki tingkat ketidakpastian yang lebih rendah dan  tingkat keahlian yang lebih rendah.. Hal ini terlihat dari berbagai organisasi yang memproduksi dan merakit pelindung wajah, pertama sebagai daftar perusahaan dan industri.

     Sementara, inovasi ini jika dibicarakan dalam konteks klasifikasi Electrical Engineering (EE) adalah menilik mengenai mekanismenya. . Secara singkat, komponen berikut biasanya terlihat pada ventilator mekanik modern seperti pasokan gas, sumber daya listrik, dan pembangkit tekanan yang merupakan sumber kekuatan. Selain itu, ada juga control pengirim gas diantaranya ; pencampur gas, akumulator gas, pengatur aliran inspirasi, peralatan pelembab, sirkuit pasien dan regulator tekanan ekspirasi.

Pada dasarnya, teknologi tersebut sudah direalisasikan sejak lama. Manusia menciptakan teknologi yang mendorong atau mendukung aktivitas yang dilakukannya agar lebih efektif dan efisien. Teknologi berkembang pesat. Dengan kemajuan teknologi, dunia kini hidup di era yang terbuka. Negara-negara juga bersaing untuk inovasi teknologi baru. Perkembangan teknologi ini  erat kaitannya dengan perkembangan kebutuhan manusia. Teknologi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia, memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktivitas manusia. Saat ini masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang merupakan dampak dari inovasi-inovasi teknologi yang telah dihasilkan.

Ikuti tulisan menarik Arman Haditiansyah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler